Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Mengupas Kultur "Bekal Makanan" Dari Lensa Sejarah, Utas Penyeimbang Untuk yang Tak Setuju Kenapa Bekal Itu Identik Dibuat Perempuan Untuk Suaminya

Thread by: @mazzini_gsp
1
Mazzini @mazzini_gsp

Kalau ada yang gak setuju kenapa bekal itu identik dengan perempuan yg buat untuk suami atau anaknya? Ya harus liat sejarah. Ini kan sejak masa Perang Dunia II awalnya. Sebelum itu di abad ke 12, bekal ya gak melulu perempuan, laki-laki ya buat bekal dan siapin bekal sendiri. twitter.com/rainydecember/… pic.twitter.com/AomnJz11T2

28/06/2020 11:39:00 WIB
Expand pic
Expand pic
Mazzini @mazzini_gsp

Sementara anak, urusan bekal gak selalu sama ibunya, bapaknya juga buatin bekal. Tapi dulu bekal anak gak dibawa rutin tiap hari, bikin bekal kalau mau pergi jauh dong. Kan abad ke 12 gitu anak-anak belajar gak pake jam sekolah kaya sekarang. Suami juga kerja gak pake jam kantor

28/06/2020 11:39:01 WIB
Mazzini @mazzini_gsp

Bawa bakal meluas dan masih banyak di jalanin orang karena pas Perang Dunia II urusan makan mulai sulit kan, jadi banyak negara nerapin penjatahan makanan di negaranya, kaya Amerika bahkan sampe ada kartu jatah makan segala, gunanya biar semua kebagian makanan.

28/06/2020 11:39:07 WIB
Mazzini @mazzini_gsp

Nah kalau di Indonesia lain lagi, Jepang sebagai negara yang ikut PD II sekaligus selaku penguasa pasca Belanda nyerah, nerapin kebijakan ke rakyat supaya wajib setor hasil pertanian dan perkebunan ke Jepang buat menunjang Jepang dalam perang. Rakyat jadi makan bubur singkong.

28/06/2020 11:39:08 WIB
Mazzini @mazzini_gsp

Kalau untuk urusan pekerja kebun, tani, terus yg masak buat perang, kebijakan negara-negara di kedua kubu Perang Dunia II ini gak jauh beda. Penanaman, pengolahan hasil pangan, pembuat makanan tetara yg perang diserahkan ke Perempuan. Karena laki-laki yg tua muda pada perang.

28/06/2020 11:39:10 WIB
Mazzini @mazzini_gsp

Di Indonesia, kita punya Erna Djajadiningrat, pahlawan dalam urusan perbekalan dan pembuat makanan jaman perang dan dapat penghargaan Bintang Gerilya. (FYI, ibu Erna sebelum jaman perang AKTIF MEMPERJUANGKAN HAK PEREMPUAN, TAPI DIA MAU KOK BUAT BEKAL DAN MASAK BUAT PERANG) 😊 pic.twitter.com/nQn9lkqRdb

28/06/2020 11:39:19 WIB
Expand pic
Mazzini @mazzini_gsp

Nah keadaan itu terus berlangsung walaupun pasca perang dunia, karena ekonomi gak sekejap balik normal. Orang-orang daripada kerja atau sekolah terus beli makanan di luar pas jam istirahat, lebih baik mereka bawa bekal. Indonesia juga malah punya hari bekal nasional tgl 12 April

28/06/2020 11:39:21 WIB
Mazzini @mazzini_gsp

Bisa baca di sini bagi yang mau baca jasa Erna Djajadiningrat, penjuang hak perempuan sekaligus pahlawan di dapur perang. era.id/read/zMUVqp-hi…

28/06/2020 11:39:24 WIB
Mazzini @mazzini_gsp

Mau baca selanjutnya gimana rakyat dan tentara makan saat PD II, bisa ke sini. historyextra.com/period/second-…

28/06/2020 11:39:26 WIB
Mazzini @mazzini_gsp

Soal kebijakan Jepang mewajibkan rakyat setor hasil pertanian dan kebun sebenarnya ada di pelajaran IPS pas SMA, cuma kalau udah lupa-lupa, biar inget lagi baca di sini. tirto.id/kelaparan-dan-…

28/06/2020 11:39:30 WIB
Sofhie Ahmad @ahmad_sofhie

@mazzini_gsp Mengupas soal bekal-bekalan nih dari segi sejarah bagus banget.. menurut saya bagus dong istri yg rajin siapin bekal buat suami gitu..selain lbih hemat jg bisa lbih pererat rasa d antara mereka..❤anak saya sampai kuliah msh suka bawa bekal kok..

28/06/2020 12:24:25 WIB
Ex Sekjen Manchester United @richardo_kasih

@mazzini_gsp Gk prlu lari ke sejarah, klau yg namanya rasa sayang itu gk prlu dijelaskan Ada wanita yg hobi masak dan sllu menyiapkan bekal untuk anak dan suaminya begitu jg ada cowok yg hobi masak nyiapin bekal untuk anak istri nya Lagian, kyk tau aja kehidupan suaminya gmna...herman gua

28/06/2020 15:28:10 WIB
Indra G Prasasty @prasastindra

@richardo_kasih @mazzini_gsp Justru bikinin bekal buat orang yg disayang itu bisa makin mempererat rasa sayangnya. Ikatannya makin kuat, makin sayang juga nantinya. Lagian bisa hemat juga kan, jadi ga beli makan d luar. 😁

28/06/2020 17:57:10 WIB
Kis Uriel @Kisuriel

@mazzini_gsp Nah ini utas penyeimbang yg otentik. Kultur "bekal makanan" dari lensa sejarah ✌🏻

28/06/2020 11:52:23 WIB
️️️️️️️️ ️️️️️️️️ ️️️️️️️️ci️️️️️️️️ ️️️️️️️️ @grumpy_humann

@mazzini_gsp tapi beneran deh, mereka yg ketrigger gajls tuh kenapa dah? Hidupnya di kelilingi orang orang sampah atau emang sok edgy aja?

28/06/2020 11:54:08 WIB
ms.dita @ditzme

@mazzini_gsp Sampe dibikin thread sejarahnya. Daking orang pada gaterima banget istri bikinin bekal buat suami.

28/06/2020 12:38:57 WIB
Indra G Prasasty @prasastindra

@mazzini_gsp So saaaad, kayanya dia ga pernah dibikinin bekal deh sama orang tua ato sama pasangannya, sampe thread kaya gitu aja dinyinyirin juga. Hidupnya dikelilingi sama orang2 yg negatif nih kayanya.

28/06/2020 17:54:34 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!