Bunuh Diri Malah Jadi Candaan: Kejamnya Jejak Jempol Netizen Pada Aksi Wanita yang Hendak Bunuh Diri Tapi Berhasil Diselamatkan Oleh Tim Damkar Setempat

Bunuh diri dianggap bercanda? Situ sehat?
1
Bukan Eben!!! @berabjad_

Kemanusiaan yang adil dan berabjad.

Hehe @ehehebye

Berapa hari lalu seorang teman mengirim sebuah unggahan tentang seorang wanita yang hendak bunuh diri, tapi berhasil diselamatkan oleh Tim Damkar setempat. Namun yang disayangkan adalah respons dari warganet yang menanggapi komentar dengan candaan. pic.twitter.com/F5VcGLFlNi

28/06/2020 01:55:06 WIB
Expand pic
Expand pic
Hehe @ehehebye

Gue muak. Marah. Sedih dan akhirnya memutuskan untuk membalas top comment di sana. Yang lebih miris lagi adalah akun yang berkomentar itu membaca dan nge-like komentar gue tanpa menunjukkan itikad baik dari kejadian ini.

28/06/2020 01:58:14 WIB
Hehe @ehehebye

Bahkan ada yang membalas, "Tuh kan bro. Jokes Twitter atau FB nggak bisa dibawa ke Instagram." Memangnya kenapasih? Menurut gue, di manapun tempatnya, bercandaan seperti ini bener-bener nggak lucu. Hal ini bener-bener mengganggu dan gue sampai istirahat IG hari itu.

28/06/2020 02:00:21 WIB
Hehe @ehehebye

Nggak lama dari kejadian itu, gue memutuskan nge-DM salah satu kenalan gue di IG yang dikenal sebagai seorang suicidologist. Kurang lebih gue DM begini. Gue risih dan penasaran, kita bisa ngapain sih dalam hal ini? pic.twitter.com/BhKHVa28eR

28/06/2020 02:01:39 WIB
Expand pic
Hehe @ehehebye

Suicidologist ini adalah Kak @bennysiauw89 dan apa yang Kak Benny balas di DM itu bener-bener bikin gue melek + semangat. "Kita mungkin gak akan pernah menang, tapi tugas utama kita adalah terus menerus menantang." - Kak Benny. Terima kasih ya, Kak. Jawabannya sangat membantu! pic.twitter.com/JgiBywLi9G

28/06/2020 02:05:04 WIB
Expand pic
Hehe @ehehebye

Jadi, untuk siapapun yang membaca utas ini. Tolong ya. Bunuh diri jangan dibercandain. Tolong banget. Gue pernah ada di sana dan rasanya gak enak banget. Gelap. Sendiri. Gak ada jalan lain.

28/06/2020 02:06:31 WIB
Hehe @ehehebye

Akhirnya unggahan tersebut dihapus. Tapi bagaimana hampir seluruh warganet yang berkomentar menanggapinya dengan candaan itu sangat menyakitkan. Bisa bayangin kalau wanita tersebut membaca kolom komentarnya? Masa iya sih dunia serusak itu? Kita bisa lebih baik daripada ini :).

28/06/2020 02:12:33 WIB
Hehe @ehehebye

Teman-teman, karena gue nge-tweet subuh, jadi kurang teliti. Di foto pertama udah disensor tapi ternyata di tangkapan layar percakapan dengan Kak Benny, ada yang belum kesensor. Maaf ya.

28/06/2020 09:38:46 WIB
Hehe @ehehebye

Oh iya. Gue bagiin ini bukan untuk merisak (bully) yang berkomentar ya. Kita bisa menjadi lebih beradab dengan tidak membalas risakan tersebut. Utas ini sekadar untuk membantu kita melihat keadaan media sosial saat ini.

28/06/2020 10:20:58 WIB
Penikmat Kata @eskopituku

@berabjad_ @jiemiardian Itulah baiknya jgn baca komen. Bisa menyerang pikiran kalau gak kuat.

28/06/2020 09:55:34 WIB
Hehe @ehehebye

@eskopituku @jiemiardian Gapapa, Kak. Setidaknya membuka mata kalau perjuangan kita masih panjang. Oh iya, terima kasih untuk pengingatnya!

28/06/2020 09:58:29 WIB
Penikmat Kata @eskopituku

@berabjad_ @jiemiardian Oh. Kalau mau membuka mata gak harus liat komen jelek netizen. Baca aja berita soal ketidak setaraan pendidikan di pelosok negara, ketidak adilan hukum bagi kelas ekonomi yg berbanding terbalik, penebangan hutab dan lain sebagainya. Cukup membuka mata buat saya.

28/06/2020 10:27:23 WIB
K @whatistroee

@berabjad_ @jiemiardian Satu lagi, jangan melebeli seseorang yg hendak bunuh diri sbg orang yang kurang iman / jarang ibadah. Kalian ngga tau seberapa berat perjuangannya melawan dorongan bunuh diri namun akal sehat harus tetap seimbang. Itu tuh berat, tertekan, dan menyakitkan. Tolong, respect.

28/06/2020 10:31:47 WIB
Hehe @ehehebye

@whatistroee @jiemiardian Keimanan dan kesehatan mental harus jalan selaras. Jadi, kalau kesehatan mental sedang tidak beres, nggak bisa semata-mata menyalahkan keimanan saja. Setuju banget, Kak!

28/06/2020 10:57:16 WIB
fitrifitfit @cikacuko

@berabjad_ @jiemiardian Kayaknya, yg nanggepin itu dengan becanda jg punya mental illness, yg mungkin lebih serius dari yg mau suicide.

28/06/2020 10:04:36 WIB
Hehe @ehehebye

@cikacuko @jiemiardian Tidak menutup kemungkinan. Kita doakan yang terbaik saja.

28/06/2020 10:07:10 WIB
Chitskie 🦄 @putuchitra

@berabjad_ @jiemiardian Sbg org yg pernah hampir ngalamin bunuh diri, sedih jg bacanya. Serius, bunuh diri itu jg ga gampang. Takut mati iya, tp lbh takut menghadapi kehidupan didepan mata. Rata² org yg memutuskan bundir itu krn buat ngilangin rasa depresinya. Kita ga pnh tau perjuangan org itu apa

28/06/2020 10:43:16 WIB
Chitskie 🦄 @putuchitra

@berabjad_ @jiemiardian sampe berniat bundir. Mungkin rasa malu yg ga tertahankan atau tekanan dr sana/i. Buat cerita ttg masalah jg ga gampang. Kdg uda pusing duluan mau ceritain drmn dan mikir apa org yg dengerin cerita kita bakal ngerti/ngga. Mungkin buat yg becandain soal bundir, masalah hidupnya

28/06/2020 10:44:51 WIB
bells✨🌈🦋 @chestnude

@berabjad_ @jiemiardian Aku perna dibecandain mau bunuh diri sama temen sendiri rasanya sedih bgt sekaligus marah pic.twitter.com/o0JwzxGskf

28/06/2020 11:44:18 WIB
Expand pic
× @rosiradika

@berabjad_ @bennysiauw89 Dear idiot yg anggep becanda bunuh diri, tunggu aja sampe lu ngalamin apa yg dialamin sm org yg ada niatan bunuh diri. Apalagi lu udh ada di posisi yg bikin bingung bgt; "Bunuh diri takut dosa, tetep idup takut sama kehidupan itu sendiri". Gw rasa itu lebih serem. Banget. ☺️

28/06/2020 08:53:59 WIB
Bukan siapa-siapa @nanad72845734

@akuluvikar @berabjad_ @bennysiauw89 Benar buruknya tidak ada yg mengerti. Berjuang buat bangkit sambil mencari alasan agar meneruskan hidup itu susah.

28/06/2020 10:46:12 WIB
Jeffrey 楊 (Yanagi) @jeprince97

@berabjad_ @bennysiauw89 Yg nganggap bundir bisa buat becandaan, itu mentalnya sudah rusak. Hasil didikan, di mana dia gak pernah belajar utk bersimpati maupun berempati. Hewan saja punya rasa empati, masak manusia gak?

28/06/2020 10:12:25 WIB
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!