Perusahaan Asuransi Menipu?

Beragam komentar negatif nasabah terhadap perusahaan asuransi. Ada apakah?
0
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Perusahaan asuransi menipu? Simak ceritanya. Sebuah utas. Beberapa waktu belakangan ini, di kolom komentar akun media sosial salah satu perusahaan asuransi sering saya temui komentar yg bernada negatif dari netizen yg mengaku sebagai nasabahnya.

28/06/2020 05:15:35 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Mereka merasa ditipu oleh pihak perusahaan tsb. Dalam komentarnya, tak lupa nasabah ini memention beberapa pihak, mulai dari OJK, matanajwa, Bang Hotman, bahkan media dan presiden. Tentu saja ini jadi pertanyaan bagi semua yg baca ya.

28/06/2020 05:15:36 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Saya pun ikut bingung, masa iya, perusahaan asuransi sebesar itu mampu melakukan penipuan yg bisa merusak reputasinya. Gak masuk aja gitu di logika saya 😬

28/06/2020 05:15:36 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Selidik punya selidik (sekepo itu aku saking penasarannya 😆😅), ternyata nasabah ini pada beli asuransi unit link di perusahaan tsb. Baru deh, spt ada bohlam nyala di otakku 😁

28/06/2020 05:15:37 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Jadi inget dengan kasus temenku yg dulu juga sempat ngalamin masalah serupa. Dia merasa ditipu oleh perusahaan asuransi, krn nilai asuransinya yg menyusut.

28/06/2020 05:15:38 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Pas dia curhat ke saya, saya sempet bingung jg kenapa. Akhirnya ketauan kalo dia gak baca polis lagi setelah SPAJ di tandatanganinya, krn percaya begitu aja dengan FA nya, hadoh.

28/06/2020 05:15:38 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Yg parahnya lagi, dia gak tau kalo asuransi yg diambilnya adalah asuransi unit link. Katanya FA cuma bilang kalo dia akan mendptkan proteksi dari asuransi, plus dpt bonus jg. Sptnya temen saya ini blm paham bener dgn asuransi unit link 🤦🏻‍♀️

28/06/2020 05:15:39 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Fyi, asuransi unit link ini mrpkn asuransi yg memberikan 2 manfaat, yaitu proteksi dan investasi. Yg mana premi yg dibayarkan akan diposkan atau dibagi untuk asuransi dan investasi.

28/06/2020 05:15:39 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Biasanya pihak perusahaan asuransi akan berinvestasi pada reksadana, yg berarti ngikutin nilai fluktuasi di pasar saham. Jika fluktuasi bagus, investasi ikut naik. Di situlah keuntungan yg didapatkan nasabah dari investasi. Begitu jg sebaliknya.

28/06/2020 05:15:40 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Di tengah pandemi ini, dimana perekonomian lesu, sangat berdampak pada nilai investasi yg jg ikut merosot. Makanya kalau nasabah melihat dana asuransinya, bakal ikutan turun tajam. Sptnya di sini beberapa nasabah ada yg tdk paham.

28/06/2020 05:15:40 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Saran saya, selain mesti paham bener asuransi yg mau dibeli, jangan lupa untuk membaca polis dgn cermat setelah ttd SPAJ. Itu penting banget!

28/06/2020 05:15:41 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Kalau ada yg gak ngerti, tanyakan. Gak sesuai atau gak mau ambil risiko, batalkan. Sesimpel itu sebenernya, asalkan hati-hati dan cermat.

28/06/2020 05:15:41 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Oiya, btw orang dan media yg dimention gak ada reaksi kan ya. Logikanya, mereka paham dengan situasinya, mengerti bahwa yg terjadi tak spt nampaknya, dan pihak perusahaan asuransi tak bisa disalahkan sepenuhnya. Hitam di atas putih hukumnya lebih kuat.

28/06/2020 05:15:42 WIB
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty

Saya pikir kalau pandemi ini udah berakhir, dan perekonomian udah pulih, pasti fluktuasi investasi akan begejolak naik. Amiin 😇

28/06/2020 05:15:42 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!