"Apasih Aliran Wahabi dan Salafi Itu? Ajaran Sesatkah?" Sebuah Penjelasan Mendetail Tentang Aliran Lain Islam yang Sering Disalah Pahami

Thread by @lilaccountz
3
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

APA SIH WAHABI & SALAFI TUH? SESAT GA SIH? - A THREAD - (Sebuah penjelasan biar ga salah kaprah, apa bener wahabi dan salafi itu sejelek itu?) pic.twitter.com/XCx3YH8c1T

25/06/2020 21:05:02 WIB
Expand pic
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Okay, kita bahas dari istilah wahabi dulu yaa. Wahabi itu sebutan yg disandarkan kepada syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab. Siapa sih beliau itu? Oke gue bahas secara singkat aja ya sejarah ttg syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab secara garis besar biar ga bertele2 🤗

25/06/2020 21:11:59 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Beliau adalah orang yg pertama kali memulai dakwah yg sesuai dgn apa yg dibawa oleh Rosul & para sahabatnya. Berasal dari bani Tamim, salah satu kabilah paling terkenal di jazirah arab. Singkatnya, beliau berasal dr keluarga ulama. Lahir pada tahun 1115 hijriyah (1703 masehi)--

25/06/2020 21:12:00 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

di desa kecil bernama Uyaynah, di Riyadh. Kakeknya adalah seorg qadhi (hakim agama) di Nejd, sdgkan ayahnya seorg qadhi di Uyaynah. Nah, kenapa kok disandarkan ke beliau? Karena ketika beliau lahir, kesyirikan dan khurafat udah dimana2. Dakwah islam pun udah melenceng--

25/06/2020 21:12:00 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Jauh banget dari apa yg sesuai dgn AlQuran dan sunnah, aqidah kaum muslimin jg udah jauh bgt dari yg benar. Nah, beliau ini lah yg pertama kali "meluruskan" dakwah dan aqidah islam sesuai dgn apa yg Rasulullah bawakan. Jadi istilahnya, beliau ini org yg pertama kali "speak up"😂

25/06/2020 21:12:01 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Contohnya bahkan bisa kita temuin sampe skrg. Kayak fenomena org2 bertawassul lewat kyai2 yg udah meninggal, ziarah kubur ke makam wali2 sambil minta doa lewat mereka, menjadikan kuburan wali2 sebagai tempat mencari berkah, dll 😟 Nah itu semua tuh gapernah diajarin sama Rosul--

25/06/2020 21:15:15 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

dan syaikh inilah "pelopor" dakwah yg "sebenarnya". Org yg pertama kali berani "speak up" bahwa tradisi2 itu salah, termasuk kesyirikan & ga sesuai ajaran Rosul🤗 Sedangkan kita tau, bahwa apapun hal ibadah, harus ada dalil & sesuai ajaran Rosul. Ga sekedar asas "adat/tradisi"

25/06/2020 21:15:16 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Beliau juga belajar islam ga cuma ecek2. Dr umur 10 tahun udah belajar agama, sampe pergi ke banyak kota lain cuma buat nemuin guru2 ahli dalam bidang masing2. Beliau pernah ke Bashroh, Hijaz, Huraimila', Ahsa' dll. Sampe akhirnya setelah belajar berpuluh2 tahun, beliau merasa--

25/06/2020 21:22:30 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

kalo ajaran islam saat itu udh melenceng jauh dr yg sebenarnya. Nah, ya sama aja kaya sekarang, gimana sih, tradisi yg udah turun temurun beratus2 taun, udh diyakini sebagai ajaran yg benar, tau2 dibilang salah? Murka dong pun masyarakat tiba2 ada org yg bilang klo mereka salah.

25/06/2020 21:22:31 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Thats why syaikh Muhammad diserang dan dibenci dari berbagai sisi. Bahkan sering dijadikan target pembunuhan sama para hatersnya. Nah orang2 pembenci ini tau kalo syaikh Muhammad tuh udah berpengaruh banget buat masyarakat, akhirnya dibuat lah kesan seakan syaikh Muhammad sesat--

25/06/2020 21:22:32 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Haus darah lah, apa lah biar orang2 nethink sama syaikh, karena emg semenjak dakwah syaikh Muhammad berpusat di Dir'iyyah (daerah di Nejd), itu dukungan dakwah beliau kuat bgt kek aer keran masjid pinggiran. Apalagi didukung sama pemerintah, plus ulama2 negeri2 seberang jg👍

25/06/2020 21:22:33 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Dan masyarakat berbondong2 lah ikut dakwah beliau krn emg cara dakwah beliau yg terkesan "baru" dan enak utk diikuti. Para pembenci ini banyak bgt juga, krn dasarnya mereka org2 yg anti ama kebenaran. Akhirnya dibuatlah penyematan istilah "wahabi" buat org2 yg ngikut dakwah--

25/06/2020 21:27:02 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Syaikh Muhammad, dan dibikin kesan kalo "wahabi" itu jelek, teroris, suka mengkafir2kan, sesat, krn mereka dasarnya ga rela kalo tradisi nenek moyang mereka terhapus/terlupakan. Gitu. Padahal mah ya emg dakwah syaikh Muhammad yg paling sesuai dengan Al Quran & Sunnah--d

25/06/2020 21:27:03 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Dan paling sejalan dgn apa ya Rosul bawakan. Nah, masalahnya adalah, org2 ini menyamakan wahabi yg mengikuti ajaran syaikh Muhammad dgn wahabi khawarij 😟 "WAHABI KHAWARIJ TUH APA?" Nah wahabi khawarij itu yg dinisbatkan ke Abdul Wahab bin Abdullah bin Rustum--

25/06/2020 21:27:03 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Dan khawarij itu salah satu KELOMPOK islam yg mengkafirkan pelaku maksiat, dosa besar, membangkan terhadap pemerintah, dan keluar dari jamaah muslimin. Nah khawarij ini KELOMPOK. Dan org2 yg benci sama dakwah berusaha mengesankan imej negatif dgn menyamakan 2 wahabi ini😣

25/06/2020 21:29:43 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Padahal wahabi khawarij dangan wahabinya syaikh Muhammad ya beda jauh. Kita gaakan mengkafirkan saudara muslim kita, karena emg itu dilarang dlm islam. Cek lengkap muslim.or.id/50837-bahaya-m… Dalilnya? pic.twitter.com/014yOBMiiO

25/06/2020 21:31:50 WIB
Expand pic
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Jadi jelas yaa? Kalo wahabi yg dikoar2kan sesat, suka mengkafir2kan dll itu bukan wahabi yg disandarkan ke syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab😟 jd jangan disamakan krn dr sisi aqidah aja udah jauh berbeda. pic.twitter.com/VS2Ijn2zbX

25/06/2020 21:36:24 WIB
Expand pic
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

"TERUS KALO SALAFI ITU APA MIW?" Nah salafi itu asal katanya dari "salaf" artinya "terdahulu". Dinisbatkan jd "salafi" karena dakwah syaikh Muhammad mengikuti cara beragamanya org2 "terdahulu", yaitu Rosul, sahabat2nya, tabiin dan tabiut tabiin. Sesuai dgn Al Quran dan sunnah.

25/06/2020 21:38:22 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Jadi salafi itu bukan aliran atau kelompok atau organisasi tertentu. Salaf itu manhaj, metode (cara beragama). Contoh, cara ngitung dlm mapel matematika, ada yg pake sempoa, metode kumon dll. Nah salaf itu kek kumon, salah satu metode. Ga lebih🤟

25/06/2020 21:38:23 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Tapi kenapa salafi kok kesannya jelek? Ya itu tadi, fitrahnya manusia gasuka dikritik, apalagi kalo ajaran yg dia yakini benar selama bertahun2, udh jd tradisi, tau2 dibilang salah. Tapi ya apa mau dikata? Toh dalilnya ada dan emg banyak kesalahan dlm beragama jaman skrg--

25/06/2020 21:41:12 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Org2 anti kebenaran ini yg berusaha sekuat tenaga biar "salafi" dan "wahabi" ini dipandang jelek jd org2 ga tertarik sama ajaran ini. Padahal mah emg tradisi2 itu gaada contohnya dari Rosul dan Rosul sendiri bilang kalo amalan ibadah yg gada contohnya, artinya TERTOLAK pic.twitter.com/zHIXCEx4gR

25/06/2020 21:41:18 WIB
Expand pic
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Cek link lengkap ttg amalan ibadah tanpa tuntunan Rosul itu emg gaboleh 🤗♥️ rumaysho.com/7929-akibat-be…

25/06/2020 21:42:07 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Nah jd paham yaa istilah wahabi dan salafi yg suka dicap jelek, intoleran dll dimana2 itu sebenernya ga kayak gitu. Kita cuma ngikutin Al Quran dan Sunnah aja. Ga kurang & ga lebih. Jd wajar kalo org2 salafi ini gamau disamain dgn istilah "wahabi"😄 aslibumiayu.net/3373-fatwa-wah…

25/06/2020 21:44:54 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Kalo mau baca detail ttg sejarah syaik Muhammad bin Abdil Wahhab bisa baca ini: almanhaj.or.id/3912-siapa-sya…

25/06/2020 21:46:20 WIB
miw. | #MuslimLivesMatter🇪🇭 @lilaccountz

Dan karena salafi itu bukan kelompok or aliran or organisasi tertentu, Salafi ini bisa ditemukan dimana saja. Mau di NU, Muhammadiyah, PKS, dimanapun. Selama dia ngikut alquran dan sunnah, sesuai dengan ajaran Rosul dan para salafush sholih ya namanya salafi Oke?

25/06/2020 22:52:56 WIB
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!