Created on App

(Bagi yang Mengaku Sedang Mendalami Spiritual, Wajib Baca Uraian Berikut) Selingkung Kitab-kitab Agama Yahudi

Daud dan solomo adalah raja-raja besar di israel
1
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

Kitab Suci Yahudi = Taurat? "Benarkah kitab Suci orang Yahudi hanyalah Taurat?" Atau ada kitab2 lain yang diakui sebagai Kitab Suci Yahudi?" . -UTAS- pic.twitter.com/pOr8DyFNe0

21/06/2020 22:35:51 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

1).Sebagian besar orang menganggap Kitab Suci Yahudi adalah Taurat. Ya nggak ada salahnya sih. Emang Taurat adalah jantung kehidupan religius bangsa Yahudi. Tapi, rupanya ada kitab-kitab lain yang diakui sebagai kitab suci oleh orang-orang Yahudi. Lho? Ada kitab2 lain tho? pic.twitter.com/eEqzxhG0SW

21/06/2020 22:35:54 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

2). Kitab Suci agama Yahudi bisa di sebut TANAKH atau תנ"ך. Tanakh ini adalah sebuah singkatan dari: 1. Torah/Taurat atau תּוֹרָה 2. Nəḇî'îm/Nevi'im atau נְבִיאִים 3. K'thubhim/ketuvim atau כְּתוּבִים pic.twitter.com/7pVwqQAwwO

21/06/2020 22:35:57 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

3).Apa penjelasan singkatnya? Taurat sering disebut 5 kitab Musa yg dipahami sebagai hukum yang diberikan Allah pada Musa dan jadi pedoman hidup bangsa Israel. Nebiim adalah kitab-kitab para Nabi. Ketubim adalah tulisan2 suci lain yg tak termasuk dlm keduanya. Penjelasan lengkap? pic.twitter.com/O45sYw4YBG

21/06/2020 22:36:01 WIB
Expand pic
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

4). Kita urai satu-satu ya biar makin banyak ilmunya ya. Supaya nggak mudah menyebut sesuatu tapi tak paham sebenernya. 😁😁😁 pic.twitter.com/F63TW6IiyC

21/06/2020 22:36:04 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

5). TAURAT Berasal dri kata Ibrani Torah yg berakar pada kata kerja "yarah" artinya melempar. Torah sendiri berarti petunjuk atau arah. Jadi, torah sbnrnya bukan hanya soal hukum & aturan, ttp jg arahan, petunjuk bdk pengalamn panjang leluhur Israel dgn bangun relasi dgn Allah. pic.twitter.com/3wwsgWtfsB

21/06/2020 23:14:48 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

6). Maka pengertian Taurat sebagai hukum dianggap sbg pengkerdilan makna dr Taurat itu sendiri. Hukum bukanlah satu-satunya isi Taurat. Taurat memuat pengajaran yg mengatur hidup moral, sosial dan religius bangsa Israel. Jadi paham ya, Taurat bukan hanya hukum atau aturan2 aja. pic.twitter.com/KpNAOYQLfA

21/06/2020 23:14:50 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

7). Ada bbrp hal penting yang ada dalam Taurat yaitu: 1. 10 Perintah Allah (Decalogue) 2. Hukum Perjanjian (Code of Covenant) 3. Hukum Kekudusan (code of Holiness) 4. Hukum Perjanjian (the Deuteronomic code) pic.twitter.com/5KYbhh3pl9

21/06/2020 23:14:52 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

8). Taurat mempunyai nama lain yang sering juga dipakai yaitu Pentateukh. Kata ini pertama kali digunakan oleh orang Yahudi berbahasa Yunani di kota Alexandria yaitu "pentateuchos" yang berarti lima (penta) wadah atau gulungan (teuchos).

21/06/2020 23:14:52 WIB
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

9). Wadah ini berbentuk tabung panjang atau silinder yg digunakan utk menyimpan gulungan kitab. Taurat pada awalnya terdiri dari 5 gulungan yg terpisah dan dalam wadahnya masing2. pic.twitter.com/0jn6Ej8DHr

21/06/2020 23:14:54 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

10) Apa saja 5 kitab itu? 1. KEJADIAN - בראשית - BERESYIT ("pada mulanya",)  2. KELUARAN - שמות - SYEMOT ("nama-nama",)  3. IMAMAT - ויקרא - VAYIQRA ("dan Dia memanggil")  4. BILANGAN - במדבר - BEMIDBAR ("di padang gurun", Bilangan)  5. ULANGAN - דברים - DEVARIM("perkataan2") pic.twitter.com/gxORBhstZX

21/06/2020 23:14:56 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

11).Penamaan judul kitab mnggunakan tradisi Yahudi. Judul2 kitab diambil dr kata pertama masing2 kitab dlm bahasa Ibrani, kecuali kitab Bilangan diambil dr kata kelima. Teknik penamaan ini rupanya diikuti Tradisi Katolik yg mmberi nama judul dokumen Gereja Katolik brbahasa Latin. pic.twitter.com/CSqsqptbhI

21/06/2020 23:27:42 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

12). Secara keseluruhan, Pentateukh terdiri dari 185 Bab, 5.845 ayat. Kalau seluruh kitab Pentateukh ini mau dituliskan dlm satu gulungan kitab, maka kita akan mempunyai satu kesatuan gulungan kitab Taurat sepanjang kurang lebih 33 meter! Edan.. jadi berapa besar tuh gulungan?

21/06/2020 23:27:43 WIB
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

13). Karena terlalu panjang, maka merepotkan dan tidak praktis klo digunakan saat ibadat atau liturgi dalam sinagoga Yahudi. Maka, gulungan itu dibagi menjadi 5 gulungan kitab. pic.twitter.com/gw003xupFv

21/06/2020 23:27:46 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

Oohhmmm... udah malam.. Lanjutin besok ya.. Soalnya besok pagi kudu Ibadat Laudes dan Ekaristi... Drpd ketiduran ntar dijewer malaikat Tuhan kan berabe.. Hehe.. Selamat Malam

21/06/2020 23:30:08 WIB
adventini natalia @adventnat

@edyprasscj Asik bacanya, tks mo, jadi tambah pengetahuan...

22/06/2020 06:40:15 WIB
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

14). NEBIIM or NEVI'IM kitab utama Yahudi yang kedua ini dibagi menjadi 2 bagian besar: 1. Para Nabi Awal (Nevi'im Rishonim נביאים ראשונים), brbentuk kronik 2) Para Nabi Kemudian (Nevi'im Aharonim נביאים אחרונים), brbntuk nubuat2 yg kebanyakan ditulis dlm bentuk sastra puisi pic.twitter.com/UaRNYzKAT8

22/06/2020 08:48:57 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

15). Kitab Nabi awal ini terdiri dari: 1. Yosua atau Yehoshua [יהושע] 2.  Hakim-hakim atau Shoftim [שופטים] 3. Samuel atau Shmu'el [שמואל] 4. Raja-raja atau Melakhim [מלכים] Kitab2 ini jg sering disebut Kitab Sejarah krn menyediakan banyak informasi historis dlm bentuk narasi.

22/06/2020 08:48:57 WIB
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

16). Kitab Taurat berakhir dengan wafatnya Musa, & Nebiim diawali dgn penunjukan pengganti Musa yaitu Yosua. Meskipun kitab disebut kitab sejarah, kitab2 bukan hendak menyajikan sebuah catatan historis yg 100% tepat, ttp perlu dibaca sbg sebuah sejarah keselamatan, ya. Catet! pic.twitter.com/VGbIIba44r

22/06/2020 08:49:00 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

17). Kitab sejarah berisi tentang keberhasilan Israel di bawah kepemimpinan memasuki tanah terjanji yaitu Kanaan, mulai menetap, membangun sebuah Kerajaan, mencapai puncak kejayaan di bawah kepemimpinan Daud dan Salomo, pecahnya kerajaan Israel mjd K. Yehuda dan Israel. pic.twitter.com/ofv72Qfg62

22/06/2020 08:49:03 WIB
Expand pic
Selibater #dirumahaja (Edi Prasetyo) @edyprasscj

18). Kitab Sejarah ini berakhir dengan kehancuran Kerajaan Yehuda dan Israel yang berujung pada pembuangan bangsa Israel ke daerah Babilonia. Kisah ini diceritakan dalam Kitab Raja-Raja. pic.twitter.com/rUnJn0MWFQ

22/06/2020 08:49:06 WIB
Expand pic
Load Remaining (68)

Comment

No comments yet. Write yours!