Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Makan Mie Instan Berbahaya, Yakin? Penjelasan Singkat Kandungan Tersembunyi Pada Mie Instan yang Membuatnya Bahaya Jika Dikonsumsi Brelebihan

Thread by: @_foodiejournal
0
Fifin @sharfinafeen

@komtols @aloezvers Fyi mo nambahin. Sebenernya yg bikin mie instan nggak baik buat dikonsumsi berlebihan itu kandungan natriumnya. Bisa baca di sini lebih lengkapnya twitter.com/_foodiejournal…

22/06/2020 17:02:06 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

#RevealingTheScienceBehindFood | Cek tab likes untuk baca konten kami | Posting tiap Senin&Jumat | Mau request materi? DM aja! | Email: bincangpangan@gmail.com

Foodie Journal @_foodiejournal

Siapa sih yang gatau mi instan, pasti semua orang tau mi instan. Dan di Indonesia sendiri hampir semua orang menyukai mi instan. Mi instan yang ditemui di pasaran memiliki berbagai varian rasa, mulai dari rasa nusantara maupun mancanegara. pic.twitter.com/5QfUqDnsx1

13/06/2020 21:07:21 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Karena rasanya yang enak dan harganya murah banyak orang yang memakan mi instan sebagai makanan utama. Mi instan rasanya selalu menemani kita. Tapi harus diinget, kalo konsumsi mi instan juga ga boleh terlalu banyak. Jangan sampe kantong aman, tapi kesehatan dinomor-duakan.

13/06/2020 21:07:21 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

"Emang apa sih alasannya mi instan nggak boleh kebanyakan dikonsumsi? Efeknya terhadap kesehatan apa?" . Nah, kebetulan kemarin Kak @dindathya pernah nanya kayak gini nih ke kita. Pasti sobat foodie juga sama keponya kan kayak Kak Dinda?

13/06/2020 21:07:22 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Kalo gitu, yuk kita kenalan lebih dalam sama mi instan! Kali ini tim foodie journal dibantu oleh Kak @intansyalala12 untuk menyajikan info ini buat sobat foodie!

13/06/2020 21:07:22 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Menurut Perka BPOM No. 21 Tahun 2016 secara definisi mi instan adalah produk pangan dengan bahan baku utama tepung terigu yang dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lainnya yang diizinkan.

13/06/2020 21:07:23 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Yang mana produk ini dimasak atau diseduh menggunakan air panas dalam waktu singkat beserta bumbu atau tanpa pelengkap lainnya

13/06/2020 21:07:23 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Pembuatan mi instan menurut Koswara (2009) meliputi tahap pencampuran bahan (mixing), pembentukan lembaran (sheeting), pencetakan bentuk untaian dan gelombang mi, pengukusan, pemotongan dan pelipatan mi, penggorengan secara deep fat drying, pendinginan dan pengemasan.

13/06/2020 21:07:24 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Proses pengukusan dan penggorengan mi ini membuat mi instan udah setengah matang, sehingga pemasakan mi instan dapat dilakukan dengan waktu yang singkat. Mi instan ada gizinya ga sih? Bahan baku utama mi instan yaitu tepung terigu, salah satu sumber karbohidrat di produk ini.

13/06/2020 21:07:24 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Ga hanya itu, tepung terigu yang digunakan telah ditambahkan atau difortifikasi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral seprerti zat besi, zinc, vitamin B1 dan B2, serta asam folat. Selain itu juga, produsen memberikan vitamin dan mineral tambahan dalam pembuatan mi instan.

13/06/2020 21:07:24 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Mi instan juga tinggi akan lemak guys, karena terdapatnya proses penggorengan pada mi instan menyebabkan minyak akan terserap pada mi instan.

13/06/2020 21:07:25 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Berdasarkan informasi nilai gizi pada kemasan mi instan komersial di Indonesia, energi total yang didapatkan dari konsumsi satu sajian mi instan memiliki kisaran nilai 300-510 kkal (Fitriana 2019).

13/06/2020 21:07:25 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Mi instan juga mengandung pati resisten loh! Mi instan sebenarnya mengandung pati resisten yang mana pati resisten ini dapat mencegah risiko penyakit diabetes mellitus loh. Tapi sebenernya pati resisten itu apa sih?

13/06/2020 21:07:26 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Pati resisten (Resisten starch/RS) adalah pati yang tidak dapat diserap di usus halus, karena bersifat resisten terhadap pemecahan enzim pencernaan manusia. Pati resisten ini terdiri atas 5 tipe berdasarkan sumber dan proses pengolahannya.

13/06/2020 21:07:26 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Salah satu bahan yg digunakan dalam pembuatan mi instan adalah natrium tripolifosfat (STPP) yang berfungsi sebagai pengikat air dalam adonan agar tidak mudah menguap, sehingga permukaan adonan tidak cepat mengering dan mengeras.

13/06/2020 21:07:27 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Penambahan STPP ini memungkinkan terbentuknya pati resisten tipe 4 (RS4) karena adanya ikatan silang fosfat.RS3 merupakan pati yang terbentuk dari pati yang bagian bagiannya menyatu kembali dan sudah mengalami gelatinisasi,

13/06/2020 21:07:27 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Gelatinisasi merupakan fenomena pembentukan gel yang diawali dengan pembengkakan granula pati akibat penyerapan air. Bila pati mentah dimasukkan ke dalam air dingin, granula pati akan menyerap air dan mulai bengkak namun terbatas, sekitar 30% dari berat tepung

13/06/2020 21:07:27 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Pengukusan adonan mi menyebabkan terjadinya gelatinisasi pati sehingga terjadi perubahan karakteristik fisiko-kimia pada granula pati dan membentuk struktur amorf.

13/06/2020 21:07:28 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Ketika terjadi penurunan suhu, terjadi proses retrogradasi yang mana struktur pati tersebut berubah membentuk kristalin menyebabkan pati menjadi resisten (RS3).Selain itu pada proses penggorengan menggunakan minyak pada pembuatan mi instan.

13/06/2020 21:07:29 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Hal ini menyebabkan terjadinya interaksi antara pati pada mi dengan lemak sehingga membentuk pati resisten tipe 5 (RS5). Pati resisten ini sulit untuk cerna oleh enzim amilase yang ada didalam tubuh kita.

13/06/2020 21:07:29 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Pembentukan pati resisten ini terjadi setelah proses pemasakan, sehingga dianggap pati resisten dianggap stabil terhadap pemanasan (Birt et al. 2013). Kenapa sih mi instan sebagai makanan yang sering diberikan kepada korban bencana?

13/06/2020 21:07:30 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Tentunya selain kepraktisan proses pemasakan mi instan, mi instan termasuk pangan yang tidak mudah rusak/busuk serta mudah untuk didistribusikan. Selain itu mi instan memiliki rerata nilai IG yang rendah (Fitriana 2019).

13/06/2020 21:07:30 WIB
Foodie Journal @_foodiejournal

Pangan dengan nilai IG yang rendah ini dapat menunda rasa lapar, hal ini dikarenakan pangan mengalami proses pencernaan yang lambat, sehingga laju pengosongan lambung pun akan berlangsung lambat.

13/06/2020 21:07:31 WIB
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!