(Eh Maksudnya Gimana, Kok Bisa Ada Orang Bergolongan Darah Emas?) Pemilik Golongan Darah Emas Hanya Ada 40 Orang di Seluruh Dunia

Golongan darah unik, sudah tahu?
2
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

UNDERSTANDING BLOOD TYPE SYSTEM: SI LANGKA PEMILIK DARAH EMAS -- UTAS Selama ini kita mungkin cm kenal 4 golongan darah saja. Padahal, ada satu jenis gol darah lain yg sangat langka. Orang yg punya gol darah ini cuma 40-an di seluruh dunia! Ada cerita apa sih dibalik gol darah? pic.twitter.com/j09ZLEDVuh

19/06/2020 19:26:26 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Esok @manusia_jawa_1

@afrkml Apa ini golongan darah O bombay? Eh bukan ya?

19/06/2020 19:28:11 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Darah manusia sangatlah unik. Saking uniknya, sampai-sampai kalian ga nyadar kalau kita sebenarnya punya 33 sistem golongan darah loh! Iya, ga cuma sistem ABO dan rhesus doang wkwk

19/06/2020 19:29:02 WIB
Si Cangtip🌺 @PecintaMiayammm

@afrkml Goldar ada resus positif negatif itu maksudnya gimana ya kak?

19/06/2020 19:29:18 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Tapi tenang, kita ga akan bahas semua sistem tersebut. bisa mabok nanti Mari fokus pada inti thread, yaitu golongan darah emas. Buset, emas? Emang ada orang yang darahnya berwarna emas? eh maksudnya begimana? pic.twitter.com/lW2O07mS7j

19/06/2020 19:30:36 WIB
Expand pic
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus paham dulu tentang sistem golongan darah. Kek gimana sih ners? Jadi ceritanya, di permukaan sel darah merah kita tuh ada yang namanya antigen. Fungsinya utk merangsang respons imun

19/06/2020 19:34:25 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Antigen yang manusia punya ada A dan B Kalau kita punya antigen A doang, goldar kita A Kalau kita punya antigen B doang, goldar kita B Kalau kita punya antigen A dan B, goldar kita AB Kalau kita gak punya kedua antigen tersebut, goldar kita O paham yak sampe sini?

19/06/2020 19:36:07 WIB
Yogi Ramadhan @yrmdhnn

@afrkml sampe sini aja aku udah puyeng bacanya mas

19/06/2020 19:37:12 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Nah ceritanya, sel imun kita tuh sangat responsif kalau berurusan sama benda2 asing yg masuk. Tujuannya biar kita ga sakit tentunya. Jika seseorang menerima transfusi darah yg antigennya berbeda dg antigen yg dia miliki, respons imun akan aktif. Gimana maksudnya?

19/06/2020 19:37:38 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Misalnya nih, ada orang dg goldar A, secara tidak sengaja menerima darah dari goldar B. Sel imun bakal ngomong gini ke sel darah marah "Cuy, lu kenal gak sama gerombolan sel darah merah yang baru masuk itu?" kata komandan sel imun. Sel darah merah ngeskrining nih. Tiba-tiba...

19/06/2020 19:41:30 WIB
. @desihapidi

@afrkml yang goldarnya O rhesus negatif baris yuk!

19/06/2020 19:42:09 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

"Lah, siapa mereka? Antigen yang kita punya tuh A, sedangkan gua gak kenal antigen yang mereka bawa." kata sel darah merah goldar A panik. Akhirnya sel imun menganggap gerombolan sel darah merah baru tsb sebagai benda asing dan harus dimusnahkan!

19/06/2020 19:43:58 WIB
.carol denverse @deSEPTYcon

@afrkml Bang agak belok dikit mau nanya: di jaman pandemi.kek gini, donor darah diperbolehkan. jadi gimana sih sistemnya kok fine fine aja donor. aku nanya ke petugas PMInya gak puas denger jawabanya.

19/06/2020 19:44:00 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Terjadilah penggumpalan! So, kesimpulannya, darah harus menerima darah yang memiliki antigen sama Lalu, kenapa goldar O bisa mendonorkan darah ke semua macam goldar? itu karena mereka tdk punya antigen A dan B shgg darah penerima tdk menganggap mereka sbg darah asing

19/06/2020 19:46:38 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

A harus dapet A dan O B harus dapet B dan O AB bisa nerima darah dari A, B, AB, dan O O harus dapet dari O saja. Kalau O kemasukan darah yg punya antigen, bakal dianggap asing. Lah mereka gapunya antigen, tbtb kemasukan darah yg punya antigen. Berabe

19/06/2020 19:48:20 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Lalu, bagaimana dengan golongan darah emas? Belum! belum sampai ke sana. Sekarang kita kenalan dengan goldar Rhesus. Goldar Rhesus hanya ada dua, yaitu positif dan negatif. Sama seperti ABO, sel darah murah juga punya antigen lain bernama Rhesus.

19/06/2020 19:49:45 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Uniknya, antigen Rhesus ada banyak macam antigen. Antigen2 Rhesus yg penting tuh antara lain C, c, D, E, dan e. Kita biasanya hanya melihat pada jenis D saja karena jenis lain (seperti Cc Ee) tuh kodominan yg artinya 'setidaknya km punya salah satunya'

19/06/2020 19:53:43 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Kesimpulannya Jika seseorang memiliki antigen Rhesus D pada sel darah merahnya, ia termasuk goldar Rhesus positif Kebalikannya, jika seseorang tdk memiliki antigen Rhesus D pada sel darah merahnya, ia termasuk goldar Rhesus positif

19/06/2020 19:54:16 WIB
Load Remaining (317)

Comment