Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Solusi Ketiak Hitam Jadi Putih dengan Cara Aman

Chirpified
0

Meski tidak selalu kelihatan, ketiak hitam bisa mengganggu rasa percaya diri, terutama pada wanita. Selama ini, banyak yang menganggap bahwa ketiak hitam terjadi akibat kebiasaan mencukur ketiak. Padahal ketiak hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, cara mengatasinya pun berbeda-beda.

Warna kulit ketiak seharusnya sama seperti warna kulit di bagian tubuh lain. Namun pada beberapa orang, kulit di bagian ketiak bisa tampak menghitam.

Nah, kulit ketiak hitam ini bisa membuat sebagian orang, terutama wanita, menjadi tidak percaya diri. Hal ini karena ketiak hitam dianggap tidak enak dipandang dan mengganggu penampilan, apalagi saat mengenakan pakaian yang tidak menutupi lengan (tank top).

Beberapa Penyebab Ketiak Hitam

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan ketiak menjadi hitam, di antaranya sebagai berikut.

1. Iritasi kulit ketiak

Salah satu penyebab kulit ketiak hitam yang paling umum adalah sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak.
Hal tersebut dapat membuat kulit mudah teriritasi dan memicu produksi melanosit yang berlebihan. Melanosit merupakan sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin).

2. Infeksi bakteri

Kulit ketiak hitam bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini biasanya tumbuh subur jika Anda banyak berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembap, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita penyakit tertentu, sepereti diabetes dan obesitas.

3. Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit ketiak hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

1. Menggunakan antibiotik

Untuk menghilangkan ketiak hitam, pertama-tama harus diketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab munculnya ketiak hitam.
Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka penggunaan obat antibiotik dapat menjadi solusinya sebagai pengobatan dari dalam.

2. Menggunakan body scrub/peeling spray
URL shopee.co.id Peeling Spray Dsavio Penghilang Daki Membandel Di Badan Ampuh | Shopee Indonesia Manfaat Peeling spray D’SAVIOR : 1. Mencerahkan kulit. 2. Mengangkat sel kulit mati dan Meremajakan kulit 3. Meremajakan kulit dari dalam secara alami 4. Merangsang pembentukan kolagen sebagai nutrisi utama 5. Mengangkat kotoran secara intensif 6. Menangk

Beli Sekarang Bayar di Tempat (COD)

Untuk menghilangkan dari luar gunakan Dsavior peeling spray secara rutin 1–2 kali selama 1minggu. Disarankan menggunakan sebelum mandi. Dapat digunakan oleh ibu hamil & menyusui Dapat digunakan d kulit wajah.

Dapatkan pelayanan konsultasi hanya disini

3. Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Keringat berlebihan dapat menyebabkan kulit ketiak rentan mengalami iritasi. Suhu panas dan kelembapan di kulit ketiak ditambah kurangnya menjaga kebersihan tubuh juga dapat memudahkan kuman untuk tumbuh subur di ketiak. Akibatnya, kulit ketiak bisa menjadi hitam.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kenakanlah pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat, dan jangan lupa untuk mandi setiap kali tubuh berkeringat atau kotor.

Untuk kulit ketiak hitam yang disebabkan oleh penyakit acanthosis nigricans, penanganannya bisa dengan mengobati penyebab atau akar masalahnya, misalnya jika disebabkan oleh obesitas, maka pengobatannya adalah dengan menurunkan berat badan. Untuk ketiak hitam yang disebabkan oleh kelainan hormon, maka bisa digunakan obat-obatan untuk memperbaiki kadar hormon.

Comment

No comments yet. Write yours!