Tindakan Penipuan Diduga Dilakukan Pemilik akun Twitter Nadya Ridli menggunakan hoaks dan modus "Twitter please do your magic" Dibongkar, Netizen Paparkan Kejanggalan-kejanggalan Aktivitas Akun

sepertinya nadya ridli punya banyak akun dan identitas
1
ce @powerpufz

@NadyaRidli malang mana, btw ni dlu kok dom km semarang disini😶 twitter.com/NadyaRidli/sta…

10/06/2020 19:52:36 WIB
Keju @christkeju2

@powerpufz @NadyaRidli Anak malang kirim barangnya dr semarang?? Posthink maybe doi dropshipper😌 pic.twitter.com/4LtrWf5oeN

11/06/2020 01:04:30 WIB
Expand pic
Expand pic
vania nanette yanchinsu @hanna_chan96

@christkeju2 @powerpufz @NadyaRidli Windi ayu hapsari itu dom salatigaaa.. Prnh nipu ak sm temenku donng.. Kami jualan sistem PO dia pesen pas mo d anter ngilang ga bs d hubungi. Peetama pesen bs dianter. Pas kedua ketiga ga jelas

11/06/2020 02:38:58 WIB
shella @nutshellas

KEJANGGALAN DIBALIK POSTINGAN MBAK NADYA MENURUT NETIZEN

11/06/2020 17:37:02 WIB
shella @nutshellas

thread ini bukan utk tujuan pansos, menjelekkan nama mbak Nadya, menyudutkan mbak Nadya atau menyakiti perasaan siapapun. Thread ini dibuat untuk meminta kejelasan dari mbak Nadya mengenai bukti-bukti yang terlampir. Bilamana yang bersangkutan memang tidak mencari drama dan -c

11/06/2020 17:37:02 WIB
shella @nutshellas

tidak bermaksud pansos, diharapkan cukup memberikan klarifikasi kejelasannya saja

11/06/2020 17:37:03 WIB
shella @nutshellas

1.Beberapa waktu lalu sempat viral twit mbak @NadyaRidli yang mengaku diusir sama ibu tirinnya dan pergi dari malang yg akhirnya ngekos di salatiga pic.twitter.com/4KnvYqxPri

11/06/2020 17:37:03 WIB
Expand pic
shella @nutshellas

Dari thread nadya, netizen nemuin hal-hal yang mengganjal. Jadi thread ini dibuat bukan untuk memojokkan pihak manapun, tapi hanya membeberkan fakta dengan bukti yang ada. Fakta 1: Tas kuning Keterangan : Kiri (waktu packing) Kanan (Itu tas udah di kos Solo) -c pic.twitter.com/4NuOJYK855

11/06/2020 17:37:04 WIB
Expand pic
Expand pic
shella @nutshellas

Dari twitnya nadya bilang kosannya dicariin, brarti dia belum pergi ke kosan di solo itu. Kenapa tasnya udah ada duluan?

11/06/2020 17:37:05 WIB
shella @nutshellas

kita naikin brightnessnya dulu yaaa, mirip ngga? pic.twitter.com/9uQXGhbVJN

11/06/2020 17:48:49 WIB
Expand pic
shella @nutshellas

Fakta 2: ubin kosan di salatiga sama dengan ubin rumahnya di malang Apakah dari awal nadya emang di salatiga??? cerita usir mengusirnya gimana dong? twitter.com/nutshellas/sta…

11/06/2020 17:50:59 WIB
shella @nutshellas

ralat : ubin kosan di solo (kosan yg dicariin orang) sama kosan yg dia tempati sekarang (di salatiga) itu sama

11/06/2020 17:56:57 WIB
shella @nutshellas

ayo pakai ilmu cocokloginya foto yg di kiri itu foto orang berkunjung di kosan yg dia tempati sekarang (di salatiga) foto yg di kanan itu foto kosan yg gajadi dia tempati (di solo) mirip ngga? jawab sendiri wkwkwkwkwk pic.twitter.com/5r8BZ3dg5m

11/06/2020 18:02:09 WIB
Expand pic
Expand pic
shella @nutshellas

Fakta 3 : Nomor Resi paket. ( lokasi Semarang) Dari jejak digital nadya dia pernah nanyain status barangnya sampe mana, dan dicari status resi itu ternyata barang itu dikirim dari semarang atas nama WINDY AYU HAPSARI. Jadi nadya ridril adalah windy ayu hapsari??? pic.twitter.com/nQl0vg46vV

11/06/2020 18:02:10 WIB
Expand pic
Expand pic
shella @nutshellas

Buat yang belum tau siapa WINDY AYU HAPSARI, aku kasi threadnya aja ya twitter.com/hanbiwn/status…

11/06/2020 18:02:11 WIB
shella @nutshellas

Nah dah jelas kan kenapa thread ini dibuat, karna dari jejak digital windy ini penipu seperti yang ada di thread di atas Masih ada fakta lainnya nih kalo nadya itu windy Nadya punya akun shopee sebelumnya pas dibuka akun itu namanya “windyayu84” yg sekarang udah jadi karuna store pic.twitter.com/StCSnaAYTN

11/06/2020 18:10:52 WIB
Expand pic
Expand pic
shella @nutshellas

jangan malah nyalahin masnya ya kalian netizen budiman, masnya ini korban empati juga pic.twitter.com/bqi706H9ur

11/06/2020 18:26:51 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic

SuaraJogja.id - Tindakan penipuan diduga dilakukan oleh seorang pemilik akun Twitter menggunakan hoaks dan modus "Twitter please do your magic" (buktikan keajaibanmu -red), kalimat yang kerap digunakan untuk mereka yang membutuhkan bantuan, dengan meminta pengguna Twitter lain menyebarkan cuitannya.

Dalam cuitannya, akun @LaurentiaPutri2 itu mengaku, belakangan ini warung milik tantenya sepi pembeli, padahal tantenya masih harus membiayai pendidikannya.

Pengguna akun itu juga menyebutkan bahwa dirinya tinggal dengan tantenya di Jogja karena orang tuanya meninggal saat Lampung dilanda tsunami.

Selain itu, pada cuitan yang mengekor di bawahnya, ia menambahkan bahwa tantenya juga sakit-sakitan dan memiliki tiga anak yang masih kecil.

Curhatan yang diawali kalimat "Twitter please do your magic" ini disertai pula dengan dua foto: kondisi dalam warung dan bakmi di atas piring.

Dari spanduk yang tertangkap kamera, tempat makan itu adalah Warung Bakmi "Pak Wir", yang terletak di Jalan Seturan I Kledokan, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Ribuan orang telah me-retweet kicauan tersebut, tetapi mendadak tak bisa dilihat lagi lantaran si pemilik mendadak mengunci akunnya.

Usut punya usut, rupanya @LaurentiaPutri2 disebut-sebut melakukan penipuan, setelah pengguna akun @ekanuramsy menyebutkan bahwa warung di cuitan @LaurentiaPutri2 milik pakdenya.

"Lo ini warungnya pakdheku. Hallo mbaknya salam kenal," tulis @ekanuramsy, Kamis (14/11/2019), menambahkan bahwa tiga anak pakdenya sudah kerja.

Namun, @ekanuramsy mencoba menegur secara lebih halus, dengan menuliskan, "Mungkin mbaknya emang saudara dari Budhe. Tapi alangkah lebih baiknya cari uang enggak pakai cerita-cerita hoax sih Mbak. Oh ya boleh lo kalau mau klarifikasi/jelasin lewat DM sebelum aku WA Pakdhe/main ke sana, kebetulan rumah kita deket."

Di samping itu, rupanya warganet yang lain, yaitu @NadyaRidli, belum lama ini juga berhubungan dengan @LaurentiaPutri2, yang sebelumnya memakai akun @laurentiadania.

Kala itu, @NadyaRidli menemukan tawaran jasa dari @laurentiadania untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan halal lainnya, yang upahnya akan digunakan untuk biaya tambahan hidupnya.

Di cuitan tersebut @laurentiadania juga mengaku tinggal di Seturan dengan tantenya karena orang tuanya sudah meninggal. Ia mengatakan pula, dirinya duduk di kelas 12 di sebuah SMA swasta.

Karena prihatin, @NadyaRidli menghubungi @laurentiadania melalui DM di Twitter dan meminta bantuannya untuk mengerjakan tugas.

"Sebenernya enggak ada tugas apa pun sih. Aku iseng aja suruh buat tugas sekolah kan walaupun adikku sebenernya juga enggak ada tugas. Wkwk inisiatif aja sih. Nah kemudian 10 menit dia kirim ke email-ku, bener-bener dikerjain dan aku transfer pulsa 50k buat dia," ungkap @NadyaRidli, Jumat (15/11/2019).

Selang beberapa waktu, @NadyaRidli menemui bahwa cuitan "Twitter please do your magic" dari @LaurentiaPutri2 viral. Karena merasa pemilik akun itu sama dengan @laurentiadania, ia pun menanyakannya di DM @LaurentiaPutri2.

Lalu @LaurentiaPutri2 mengiyakan dan mengaku sengaja membuat akun yang berbeda untuk promosi warung bakmi tantenya.

Lantaran curiga, @NadyaRidli mengirim DM ke @ekanuramsy. Dari percakapan keduanya, @ekanuramsy mengatakan bahwa @LaurentiaPutri2 berbohong karena Pak Wir, pakdenya, si pemilik warung bakmi, tak mengenal dia. Di samping itu, ketiga anak pakdenya sudah kerja, dan budenya pun dalam kondisi sehat.

Meski begitu, @NadyaRidli mencoba berpikir positif dengan menganggap pemilik akun @laurentiadania dan @LaurentiaPutri2 ini benar-benar sedang dalam kesusahan, tetapi kehabisan akal mencari uang, sehingga kemudian menebarkan hoaks.

"Positive thinking-nya aku mikir dia pengin jujur soal keadaan dia enggak berani karena mungkin enggak ada yang peduli, makanya dia pakai kedok buat larisin dagangan Pak Wir itu. Tapi ya berkah juga buat Pak Wir dagangannya laris amin. Tapi kenapa harus bikin berita hoax sih?

Dek, kalau emang butuh uang bilang aja, lagian kamu juga enggak minta aneh-aneh selain pulsa sama GoPay hehe aku tahu kamu beneran masih sekolah wkwk semoga kamu dapet pelajaran yang lebih deh. Twitter keras Dek," tulisnya.

Akun @NadyaRidli lalu menemukan fakta lain bahwa nama pengguna akun @laurentiadania dan @LaurentiaPutri2 tak sesuai dengan yang tertera dalam Get Contact, aplikasi untuk mencari tahu nama yang diberikan untuk suatu nomor ponsel dari penyimpan kontaknya. Bukan Laurentia Putri, nomor tersebut diberi nama berinisial DG.

"Semoga kamu segera diberikan hidayah ya. Udah banyak yang mau bantu kamu pasti," tutup @NadyaRidli.

shella @nutshellas

Di artikel itu dibilang laurentia (yang nipu) dengan cara bikin iba netizen dan jelas sekali nadya di sini menasehati laurentia dsb gitu. Wah baik nih ternyata nadya???

11/06/2020 18:37:00 WIB
shella @nutshellas

Kalian udah pada tau belom ada aplikasi yang namanya “get contact” wkwkwk aku cari nomor shopee nadya pake aplikasi itu dan taraaaa pic.twitter.com/IAEMtrn6TM

11/06/2020 18:37:00 WIB
Expand pic
Expand pic
shella @nutshellas

Iyaaaaa namanya laurentia, jadi nadya nasehatin laurentia artinya dia mnasehatin dirinya senidri gitu??? Wkwkwk jadi nadya=laurentia nadya=windy??? Wah Monngo mba nad dijawab biar ngga salah paham, kalo ternyata temuan netizen ini salah, aku bakal mewakili minta maafnya haahaha

11/06/2020 18:37:01 WIB
Load Remaining (212)

Comment

No comments yet. Write yours!