Tips Membangun Percakapan yang Baik untuk Para Admin Online Shop

tips buat para admin online shop @tumbenlucu
3
Kapitulis ID @kapitulis

Sebagai admin online shop, pernahkah kamu mendapatkan kalimat berikut dari customer? Apa kesulitan terberatmu dalam menghadapi calon pembeli? Mari duduk dan berkumpul untuk berdiskusi: sedikit tips untuk #adminolshop dalam hal membangun percakapan dengan customer! - A THREAD - pic.twitter.com/nxunvpkWnT

27/05/2020 21:00:49 WIB
Expand pic
Expand pic
Kapitulis ID @kapitulis

1. Tanya nama dan sisipkan sebagai sapaan Langkah mengakrabkan diri paling mudah adalah dgn menyebut nama. Dengan begini, customer akan merasa disambut dan dihargai. ("A person’s name is to him or her the sweetest and most important sound in any language." - Dale Carnegie)

27/05/2020 21:05:05 WIB
Kapitulis ID @kapitulis

2. Didiemin? Jangan baper. Coba tanya lagi. Jika calon pembeli tidak membalas chat, jangan berpikir negatif dulu. Bisa jadi, dia sedang mempertimbangkan untuk beli atau tidak. Bisa juga, dia sedang sibuk atau lapar dan ingin makan. Maka, inilah tugasmu untuk bertanya~ pic.twitter.com/eoHOJjj80K

27/05/2020 21:29:42 WIB
Expand pic
Kapitulis ID @kapitulis

Cari tahu bagaimana pendapatnya atas penawaran yang kamu berikan. Temukan keraguan yang mengganjal di hatinya supaya bisa kamu jelaskan~ Berikut adalah contoh yang bisa kamu pelajari kalau ternyata cikal-bakal keraguan calon customer-mu adalah harga yang mahal: pic.twitter.com/mQiWqLlHvB

27/05/2020 21:29:45 WIB
Expand pic
Kapitulis ID @kapitulis

"Kok mahal, sih?" Dalam menghadapi pertanyaan ini, bersikaplah tenang. Seandainya masih dicecar, berikan alasan kenapa produkmu "mahal", misalnya: "Wah, kami sudah memberikan harga terbaik, Kak. Bahan jaket kami terbuat dari bahan terbaik [dst; tulis keunggulan produkmu]."

27/05/2020 21:29:46 WIB
Kapitulis ID @kapitulis

3. Bersikap simpatik Memang benar, calon pembelimu bukan hanya satu. Namun, tak ada salahnya bersikap simpatik dan nggak cuek-cuek amat. Salah satu cara mudahnya adalah dengan memakai emoji. Oh, ya! Nicole pernah bikin utas soal emoji ambigu loh~ twitter.com/kapitulis/stat…

27/05/2020 21:35:29 WIB
Kapitulis ID @kapitulis

4. Respons customer tanpa mengirim pesan yang kepanjangan Daripada membuat calon pembeli kelamaan menunggu balasanmu yang panjang, sedangkan statusmu "Typing..." terus menerus, lebih baik berikan informasi penting sepotong demi sepotong agar lebih mudah dibaca mata.

27/05/2020 21:41:17 WIB
Kapitulis ID @kapitulis

5. Adaptasi bahasa calon pembeli Tidak semua customer mengerti bahasa iklan yang kamu gunakan. Seseorang bisa saja tidak tahu apa itu PO, misalnya. Alih-alih Pre Order, jangan-jangan PO nanti dikira "Paaaach oraaang"! pic.twitter.com/nJzotB99A3

27/05/2020 21:52:36 WIB
Expand pic
Kapitulis ID @kapitulis

Maka, pastikan dulu customer tahu barang yg diincar adalah PO, alias harus menunggu produksi selesai. Berikan estimasi produk dikirim dan tepati saat waktunya tiba. Contoh kalimat lain yang harus dipastikan customer mengerti: "10% off", "buy 1 get 1 free", dan lain sebagainya.

27/05/2020 21:52:38 WIB
Kapitulis ID @kapitulis

6. Sesekali beri kejutan juga boleh! Dalam bernegosiasi, jangan kehabisan akal mempersiapkan cara menarik. Agar customer semangat transfer/kirim bukti pembayaran, nggak ada salahnya kamu adakan promo khusus, misalnya diskon 10% untuk pembeli yang transfer sebelum jam 3 sore.

27/05/2020 22:01:23 WIB
Kapitulis ID @kapitulis

7. Dibuka ramah, ditutup ramah Setelah customer transfer (atau bahkan nggak), tugas admin tak lantas selesai. Kawal mereka dan pastikan kebutuhannya sudah terpenuhi dengan bertanya, "Ada lagi yg bisa saya bantu?" Tentu saja, jangan lupa magic word yang satu ini: "Terima kasih."

27/05/2020 22:05:45 WIB
Kapitulis ID @kapitulis

Jadi, apa pengalamanmu yang paling seru dan berharga selama jadi admin online shop? pic.twitter.com/cxWZjckkbj

27/05/2020 22:07:39 WIB
jangan jangan @kaumenolak

@kapitulis @zarryhendrik Cs @adorableproject dah khatam bgt dengan gini gini 🥺🥺🥺 sampe csnya nanyain kabar dan doain kesehatan huhuhu the best bgt no debat 😭😭😭

27/05/2020 22:02:14 WIB
Mila Hermareta @milahermareta

@kaumenolak @kapitulis @zarryhendrik @adorableproject Betul banget, adorable CS nya itu baik banget, update resi tanpa diminta, bikin baper juga ramahnya hahhaha

27/05/2020 23:26:16 WIB
Hiba @YFHibatullah

@kapitulis Kalo udh nego, udh deal, tp customer gajadi beli gara2 gabisa CoD gimana min? wkwkwkwk

28/05/2020 06:22:22 WIB
Somebody Loves Me @zianufus

@YFHibatullah @kapitulis Sering terjadi, sudah deal, deal tempat COD juga. seperti meyakinkan, eh lari. Bingung mau kesel apa ketawa 🤣 pic.twitter.com/mAiYUN9m9u

28/05/2020 13:00:12 WIB
Expand pic
Kapitulis ID @kapitulis

@zianufus @YFHibatullah Waduh, melatih sabar sekali. Disenyumin aja, Kak, atau bisa juga kalau mau lanjut diprospek 2.0. Hehe~

28/05/2020 13:52:14 WIB
Hi_Ristian @haeristian

@kapitulis Lalu menghilaaang bagai di telan bumi.. padhal uda sengaja pending ama orang yg bneran mau after dy nanya. 😒 pic.twitter.com/lavOE25Q7R

28/05/2020 18:51:54 WIB
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!