Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Kenali 8 Penyebab Munculnya Uban di Rambut dan Atasi dengan 5 Cara Ini

Uban Bisa Muncul pada Orang Berusia Muda
0

Munculnya uban di rambut adalah sesuatu yang wajar terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, uban yang muncul di waktu yang tidak tepat tentu cukup meresahkan. Ada berbagai hal yang menyebabkan munculnya uban lebih cepat. Anda pun bisa mencegahnya dengan menjalani serangkaian pola hidup sehat.

Uban adalah istilah yang digunakan untuk rambut yang berwarna putih. Umumnya, uban muncul pada seseorang yang sudah tua. Akan tetapi, beberapa waktu terakhir uban juga bisa muncul di rambut Anda yang masih berusia muda. Apa penyebabnya?

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya uban di rambut. Anda bisa mempelajari informasi tersebut pada pembahasan di bagian berikutnya. Namun sebelumnya, pelajari terlebih dahulu apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rambut cepat ubanan pada bagian di bawah ini.

Berbagai Upaya Mencegah Rambut agar Tidak Cepat Ubanan

Hindari Stres

Jika Anda adalah salah satu orang yang mengalami rambut cepat ubanan, maka hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah mengenali stres yang dialami. Uban lebih cepat tumbuh di rambut Anda ketika Anda berada dalam kondisi stres yang tidak terkendali. Jadi untuk mencegah dan mengatasinya dengan ampuh, segeralah kenali apa pemicu stres itu. Jika sudah mengenalinya, sebisa mungkin Anda harus menghindarkan diri dari stres tersebut, ya.

Jalani Pola Makanan yang Sehat dan Teratur

Jika Anda memiliki rambut yang cepat ubanan, bisa jadi masalahnya ada di kebiasaan konsumsi makanan Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa mencegah hal tersebut dengan mulai mengatur pola makan. Biasakan hanya mengonsumsi makanan yang sehat dan jaga konsumsi teratur. Cara ini bisa menjamin kebutuhan tubuh Anda akan mineral dan vitamin menjadi tercukupi dengan baik. Akhirnya, rambut Anda pun tidak cepat ubanan lagi.

Rajin Berolahraga agar Tubuh Terjaga Staminanya

Tubuh yang sehat juga sangat efektif untuk membantu mencegah berbagai kelainan yang terjadi pada tubuh. Termasuk juga untuk mencegah kelainan berupa uban cepat tumbuh di rambut Anda. Menjaga tubuh tetap sehat bisa Anda lakukan dengan selalu rajin berolahraga. Rajin berolahraga membiasakan tubuh Anda memiliki stamina yang lebih terjaga. Akhirnya fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan dengan normal dan kesehatan rambut pun bisa terjaga dengan baik.

Segera Hentikan Kebiasaan Merokok Anda

Upaya lain untuk mencegah rambut agar tidak cepat ubanan yang bisa Anda lakukan adalah segera menghentikan kebiasaan merokok. Merokok diketahui menjadi salah satu kebiasaan yang membuat seseorang memiliki rambut lebih cepat beruban. Hal ini akan dibahas pada bagian berikutnya lebih jauh. Oleh sebab itu, hentikan kebiasaan merokok Anda secepat mungkin untuk memastikan rambut Anda tidak terkena akibatnya.

Berhenti Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Tidak Sehat

Beberapa makanan dan minuman yang tidak sehat juga harus Anda hindari konsumsinya mulai dari sekarang. Pasalnya, makanan dan minuman seperti ini diketahui memiliki kandungan yang membuat kesehatan rambut menjadi menurun dan warnanya lebih cepat berubah. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat lagi. Seperti cara pencegahan lainnya, selain mengatur pola makan yang teratur, pastikan juga Anda hanya mengonsumsi makanan yang sehat.

Hair Tonic Grey Penghitam Uban Alami Terbaik

Konsultasi dan Pemesanan 08995000171

Produk penghitam uban di rambut atau lebih dikenal dengan nama obat uban. Memiliki formula alami yaitu minyak jarak atau castor oil yang mampu menghitamkan rambut dari akar. Selain itu, Green Angelica Hair Tonic Grey ini juga bagus digunakan untuk menumbuhkan rambut dengan pigmen alami yaitu hitam.

Obat uban Green Angelica memiliki ekstrak bahan alami yang dapat menghitamkan rambut secara tradisional. Obat penghilang uban Green Angelica adalah obat herbal yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan uban di usia muda. Cocok untuk jenis rambut kering, normal, berminyak dan kombinasi pria wanita usia maksimal 55tahun.

Manfaat

Menghilangkan uban
Menghitamkan rambut secara permanen dengan pemakaian teratur
Mengembalikan pigmen hitam rambut secara alami
Mempercepat pertumbuhan rambut baru
Mencegah rambut bercabang
Memberikan nutrisi dan memperbaiki pigmen rambut
Mengatasi rambut rontok ringan
BPOM NA18161000091 Netto 60ml

8 Penyebab Munculnya Uban di Rambut Orang Muda Hingga Tua

Ada Faktor Genetik yang Mempengaruhi

Penyebab pertama dan yang paling umum munculnya uban di rambut adalah karena faktor genetik. Secara ilmiah, beberapa orang yang berasal dari keluarga yang sama akan memiliki karakteristik fisik yang sama. Termasuk juga karakteristik rambut. Jika orang tua dan nenek moyang Anda memiliki riwayat rambut beruban cepat dan banyak, maka Anda pun memiliki peluang mewarisinya. Jika uban di rambut Anda penyebabnya adalah faktor genetik, maka mungkin akan sulit untuk mencegahnya terjadi.

Pengaruh Polusi Udara yang Terus Terpapar pada Rambu

Salah satu penyebab munculnya uban di rambut di zaman sekarang ini adalah karena polusi udara. Udara yang sudah semakin tidak sehat memiliki kandungan zat-zat kimia yang membuat rambut lebih cepat beruban. Pasalnya, kandungan zat kimia tersebut menghambat produksi melanin di rambut Anda. Akibatnya, walau usia Anda mungkin belum terlalu tua, rambut Anda beruban jauh lebih cepat dari orang lainnya. Hal ini tentu bisa Anda cegah dengan usaha yang maksimal.

Akibat Menderita Gangguan Kesehatan Tertentu

Pernahkah Anda melihat seorang anak memiliki rambut yang sudah banyak beruban? Pada kondisi seperti ini, uban muncul di rambut anak tersebut kemungkinan besar adalah karena gangguan kesehatan tertentu. Misalnya, pada orang-orang yang menderita penyakit autoimun dan menyerang kulit. Penyakit ini menyebabkan rambut yang sehat akan rontok dan tumbuh kembali menjadi rambut berwarna putih. Oleh sebab itu, bagi para penderita gangguan kesehatan tertentu rambut beruban menjadi salah satu gejala yang harus dihadapi.

Pengaruh Asap Rokok yang Anda Hirup Setiap Hari

Ini dia informasi mengapa seseorang harus berhenti merokok jika ingin rambutnya tidak cepat beruban. Ternyata asap rokok adalah salah satu penyebab munculnya uban di rambut lebih cepat. Kandungan dalam asap rokok diketahui membuat rambut kehilangan warna hitamnya dan berangsur-angsur berganti warna menjadi abu-abu atau putih. Hal ini juga sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian bahwa seseorang yang merokok memiliki peluang beruban lebih cepat 2,5 kali dibandingkan Anda yang tidak merokok.

Kondisi Tekanan Stres yang Mengubah Warna Rambut Lebih Cepat

Bisa juga rambut Anda muncul uban lebih cepat dan banyak karena faktor stres. Kondisi di bawah tekanan dan mengalami stres bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Reaksi tersebut adalah rambut menjadi lebih tipis folikelnya. Akibatnya, kandungan melamin pada rambut pun akan terus menurun dan rambut menjadi lebih cepat beruban. Oleh sebab itu, segeralah kendalikan stres dan rawat kesehatan rambut Anda.

Ada Perubahan Hormon yang Terjadi pada Diri Anda

Faktor hormon juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya uban di rambut Anda. Hormon diketahui mempengaruhi rambut dalam aspek ketebalan, tekstur, hingga warnanya. Jadi ketika hormon pengatur aspek rambut tadi tidak terpasok dengan cukup ataupun terlalu berlebih, maka bisa mempengaruhi warna rambut Anda sehingga menjadi memutih dengan cepat.

Kondisi Kekurangan Vitamin B 12 Sejak Kecil

Perhatikan juga bagaimana kandungan gizi dari makanan-makanan yang Anda konsumsi secara rutin. Jika Anda jarang mencukupi kebutuhan vitamin B 12 melalui makanan Anda, maka kemungkinan besar uban bisa tumbuh lebih cepat.

Hal ini bahkan bisa terlihat mulai Anda kecil. Ada banyak anak-anak yang rambutnya sudah beruban karena tidak memiliki asupan vitamin B 12 yang cukup. Oleh sebab itu, pastikanlah Anda selalu mencukupi kebutuhan vitamin B 12. Vitamin B 12 terkandung dalam makanan-makanan seperti ikan, daging sapi, daging unggas, telur, susu, dan produk olahan susu.

Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan Secara Rutin

Penyebab munculnya uban di rambut yang terakhir adalah karena konsumsi makanan manis secara berlebihan yang sering Anda lakukan. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan manis, maka kandungan dalam makanan itu akan menyebabkan produksi melanin terhambat dalam tubuh Anda. Akhirnya, rambut pun menjadi kekurangan asupan melanin. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan manis dalam batas yang wajar, ya.

Rawatlah Rambut agar Selalu Sehat
Selalu waspadai penyebab munculnya uban di rambut seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga dengan menjalani hidup sehat dan melakukan berbagai pencegahan, rambut Anda selalu sehat dan tidak cepat beruban.

Comment

No comments yet. Write yours!