Andalannya Ngasih Telur Rebus & Wedang Jahe ke Rumah sakit? Dibongkor Dokter, Bobroknya Penanganan Covid-19 di Surabaya, Dinilai Mengurus Yg Tak Penting Biar terlihat Kerja? Thread By @cakasana

Dana terpakai untuk yang tak urgen, pengawasan protocol kesehatan diabaikan
5
Aditya C Janottama @cakasana

MD. Public transportation enthusiast. Wanderer. Co-founder of @tfsurabaya. -id, jv, en, pt, ru, fr-

Aditya C Janottama @cakasana

Oke kalau gitu kita mulai saja... SEBUAH UTAS tentang bobroknya penanganan COVID-19 di Surabaya

26/05/2020 14:28:05 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Disclaimer: saya dokter yang bekerja di salah satu RS rujukan di Surabaya. Informasi bbrp tidak bisa saya sebutkan sumbernya, tp insyaallah valid.

26/05/2020 14:28:05 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Oke kita mulai dari awal tentang rumah sakit dulu ya... tentang RS-RS rujukan yang menerima pasien dengan COVID-19 di Surabaya. Adanya total 15 RS. Tapi ga semua diciptakan sama.

26/05/2020 14:28:06 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Ada yang punya ventilator, ada yang tidak. Ada yang ICUnya siap untuk COVID-19, ada yang tidak. Ada yang kamarnya pakai exhaust, ada yang pakai angin jendela.

26/05/2020 14:28:07 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Nah, apes2nya pasien aja kalau ini. Kalau ke RS yang ga ada ventilatornya, ya kalau perburukan ga ada yang bisa dilakukan

26/05/2020 14:28:08 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Bantuan dari Pemkot? Sejauh yang saya tahu baru ada 1 ventilator ke RS Husada Utama. Ke RS lain tidak tahu, ke RS saya tidak.

26/05/2020 14:28:09 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Untuk pemprov sendiri, mereka sudah bangun RS2 tambahan. Tapi ya gitu... agak tetot juga. Kenapa?

26/05/2020 14:28:09 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Jadi di RS2 dadakan ini pemeriksaannya ga lengkap. Okelah kalau pemeriksaan yang sophisticated ga bisa, saya masih paham. Tapi kalau untuk menentukan pasien perburukan gangguan napas atau tidak aja tidak bisa, mau jadi apa?

26/05/2020 14:28:09 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Pemeriksaan ini namanya Blood Gas Analysis (BGA). Dia melihat kadar asam/basa darah kita, dan lazim digunakan untuk menentukan pasien perlu ventilator atau tidak.

26/05/2020 14:28:10 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Terus gimana? Rumah sakit dadakan ini akhirnya gbs menerima pasien yang berat, dan kalau mau rujuk ke sana kita kudu pastikan pasiennya ga menuju perburukan dengan cek BGA ini. Entah di sana bagaimana, hanya Tuhan yang tahu.

26/05/2020 14:28:10 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Rumah sakit udah, sekarang lab. Lab yang bekerjasama dengan kemenkes ada 3. Sisanya lab swasta, kalau cek di mereka ya siap2 kena > 1 juta

26/05/2020 14:28:11 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Lab ini vital untuk menentukan apakah pasiennya kena COVID-19 atau tidak, tapi tahu apa yang terjadi?

26/05/2020 14:28:11 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Ini salah satu lab di Surabaya. Tapi ketiganya sama, tidak menerima sampel baru selama libur hari raya pic.twitter.com/40d3KCiedY

26/05/2020 14:28:16 WIB
Expand pic
Aditya C Janottama @cakasana

Jadi pasien baru dari tanggal 21 kemarin baru bisa di swab sekarang. Nunggu hasil kurang lebih 3-5 hari karena banyaknya sampel. Bisa2 pasiennya keburu meninggal hasilnya baru ketahuan

26/05/2020 14:28:17 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Belum lagi kabar burungnya salah satu lab di Surabaya terkontaminasi dan karyawannya pada terinfeksi. Hohohohoho

26/05/2020 14:28:17 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Kalau berita dokter2 dan nakes di RSUA? Kami sudah tahu dari 3-4 hari lalu cuma baru rame aja sekarang. Hihihihihihi

26/05/2020 14:28:18 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Loh kalau gitu, apa yang dilakukan pemkot untuk nakes2 ini? Let’s say, close to nothing. Nada.

26/05/2020 14:28:18 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Kita dapet edaran ginian. Tapi ga dibantu sama sekali dari pemkot. Dapetnya cuma dari pemprov. pic.twitter.com/R2zzlgwUGO

26/05/2020 14:28:21 WIB
Expand pic
Aditya C Janottama @cakasana

Terus pemkot ngapain? Ngurusin akun ga penting. pic.twitter.com/15IAONQVQW

26/05/2020 14:28:26 WIB
Expand pic
Aditya C Janottama @cakasana

Eh lupa. Ada sih yang dikasih pemkot... yaitu... TELOR REBUS SAMA WEDANG JAHE

26/05/2020 14:28:27 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

ANJIR GUE DISINI NGEHADEPIN PASIEN COVID BENERAN ELO CUMA KASIH GITUAN. Dan ga semua suka jahe jadi ya sering2 akhirnya terbuang ga guna.

26/05/2020 14:28:28 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Padahal ya kalau kalian tahu tentang APD buat tenaga non-medis, bikin ngenes. Kadang2 mereka perlu beli sendiri face shield, coverall spunbound. Cuma dikasih masker 1 lapis doang. Yang bilang APD cukup, itu ga mikirin mereka

26/05/2020 14:28:28 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Akhirnya banyak yang sakit, bahkan positif COVID-19.

26/05/2020 14:28:28 WIB
Aditya C Janottama @cakasana

Sek nanti kalau mood dah enakan tak lanjut lg

26/05/2020 14:28:29 WIB
Load Remaining (100)

Comment

andi araya @AndiAraya 01/06/2020 12:29:21 WIB
Jenis mobil antik paling langka yang bernilai tinggi, selengkapnya, silahkan kunjungi https://bit.ly/36LdjfQ
0