Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.
Created on App

SK Asimilasi Dicabut, Lakukan Ceramah Kontroversial Sampai Habib Bahar Bin Smith Kembali Dijebloskan ke Penjara

Cari penyakit
0

Ditjen Pemasyarakatan (Pas) Kemenkum HAM mencabut proses asimilasi dan kembali memenjarakan Habib Bahar bin Smith. Alasannya, Bahar melanggar syarat asimilasi sehingga ia harus melanjutkan proses pemidanaan di penjara karena kasus penganiayaan.

"Izin asimilasi di rumah dicabut berdasarkan penilaian dari Petugas Kemasyarakatan Bapas Bogor (PK Bapas Bogor) yang melakukan pengawasan dan pembimbingan," kata Dirjen Pemasyarakatan Reynhard Silitonga dalam siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (19/5/2020).

Kesalahan Bahar bin Smith adalah pertama, tidak mengindahkan dan mengikuti bimbingan yang dilakukan oleh PK Bapas Bogor, yang memiliki kewenangan melakukan pembimbingan dan pengawasan pelaksanaan asimilasi di rumah. Selain itu, Bahar dinilai telah melakukan pelanggaran khusus saat menjalani masa asimilasi.

Melakukan beberapa tindakan yang dianggap telah menimbulkan keresahan di masyarakat, yaitu menghadiri kegiatan dan memberikan ceramah yang provokatif dan menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian kepada pemerintah. Ceramahnya telah beredar berupa video yang menjadi viral, yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat," ujar Reynhard.

Bahar juga dinyatakan melanggar aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam kondisi darurat COVID di Indonesia, dengan mengumpulkan massa (orang banyak) dalam pelaksanaan ceramahnya.

"Atas perbuatan tersebut, maka kepada yang bersangkutan dinyatakan telah melanggar syarat khusus asimilasi, sebagaimana diatur dalam Pasal 136 ayat 2 huruf e Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 dan kepadanya dicabut asimilasinya dan selanjutnya diperintahkan untuk dimasukkan kembali ke dalam Lembaga pemasyarakatan untuk menjalani sisa pidananya dan sanksi lainnya sesuai ketentuan," ujar Reynhard.

Pencabutan SK asimilasi yang bersangkutan dilakukan oleh Kepala Lapas Cibinong, yang pada 15 Mei 2020 telah mengeluarkan SK Asimilasi Nomor W11.PAS.PAS11.PK.01.04-1473 Tahun 2020. Pencabutan SK Asimilasi dilakukan berdasarkan hasil penilaian PK Bapas Bogor yang melakukan pembimbingan dan pengawasan terhadap yang bersangkutan.

Sumber: detik.com

WAaaar_ @AnnnnnwaR__

@kumparan jika alasannya karena tidak mematuhi psysical distancing, kenap orang orang di mcd sarinah tak ditangkap. 🤔🤔

19/05/2020 05:32:21 WIB
The Titoon! @ikopangestii

@kumparan ini mah emanng sengaja nyari masalah. terus ntar teriak di kriminalisasi.. halah basi

19/05/2020 05:33:54 WIB
Sarah @sarahavina

@kumparan yg modelan kek bgini kok bs sih jd habib, pd ga tkt apa liat rambutnya

19/05/2020 05:35:18 WIB
rsd @ruudsurya

@AnnnnnwaR__ @kumparan Mngkn karena habib sttsnya bebas bersyarat bang. Kan dberita diksi tau habib bahar bebas karena asimilasi.

19/05/2020 05:39:14 WIB
PARYONO 😷 @ghazellow

@sarahavina @kumparan Habib itu cucu cucunya nabi. Udh otomatis, tapi klo ulama lain mbak.

19/05/2020 05:40:28 WIB
Zilfany Shufen @Zilfany_Shufen

@sarahavina @kumparan Gw jg heran bro Kek gt kok habib Nggak ada suasana adem d muka tuh org Apa lg bib rizik Isiny kya kdengkian gt..

19/05/2020 05:55:02 WIB
AF @herrFairuz

@AnnnnnwaR__ @kumparan Mungkin bedanya karena dia bebas karena program asimilasi yg artinya dia belum waktunya bebas tapi dibebaskan dg bersyarat, lalu syaratnya dilanggar makanya ditangkap lagi. Jadi kayaknya gabisa disamain Apple to Apple dg kejadian sarinah

19/05/2020 06:05:14 WIB
iday @vattamo

@AnnnnnwaR__ @kumparan Disarinah 90% pada pakai masker Kalo yg enni poloss

19/05/2020 06:15:03 WIB
Alisa @Alisa08356517

@Zilfany_Shufen @sarahavina @kumparan Bagaimana penjabat yang menghina Rasullullah Saw, apakah dia di hukum, para Habib hanya meminta ke Adilan untuk menghukum yang menghina Baginda Rasulullah Saw

19/05/2020 06:19:50 WIB
Mie Goreng di Sanguan @sangukonengg

@hidayloh @AnnnnnwaR__ @kumparan Bukan berarti dibenarkan ya itu yg di mcd sarinah. Sama sama salah.

19/05/2020 06:33:31 WIB
Orang_Biasa @kopigulamerah

@AnnnnnwaR__ @kumparan Baca isi beritanya, "bebas bersyarat", kalau ada syarat yang dilanggar?

19/05/2020 07:12:31 WIB
Ryan Aryusman @ryanaryusman

@ikopangestii @kumparan Bahar flow feat Kadrun's minded : - Aniaya bocah - Masuk bui - "Lebih baik busuk di penjara" - Dapat asimilasi dr pemerintah di ambil - Keluar di sambut bak superhero - Ceramah provokatif - Di bui lagi (Langgar perjanjian asimilasi) - Kadrun treak kriminalisasi

19/05/2020 07:26:30 WIB
Corbuzier @corbuzier

Habib Bahar di bebaskan.. Di tangkap lagi.. Ya sudah.. Ga masalah... Ibu Siti Fadillah Kapan Pak di asimilasi.. Udah tua loh.. Pahlawan pula.. Korupsi 6 M? Gotong royong deh kita balikin uang nya.. 😁

19/05/2020 08:38:25 WIB
Hadi @hadifianwidjaja

@corbuzier Saya lebih pilih Abu Bakar Baasyir di bebaskan. Sudah 80 tahun lebih...

19/05/2020 08:50:03 WIB
Ganang Argo Enggartyasto @ganangargo

@AnnnnnwaR__ @kumparan Yang ke mcd sarinah bukan napi asimilasi, manajemen mcd juga bukan napi asimilasi

19/05/2020 09:15:02 WIB
Miko Agt @warnamiko

@corbuzier SMITH ITU BEBAS ASIMILASI BUKAN BEBAS MURNI, Sudah dibantu pemerintah agar bebas lebih cepat, berulah lagi. Dan INGAT, DIA ITU NAPI KRIMINAL!!! Munafik, sejak awal menkumham membebaskan 30 ribu napi krn covid, Smith dengan pongah menolak pembebasan, Tapi apa faktanya?

19/05/2020 09:19:00 WIB
YEDI KURNIA HADI @yedikurniahadi

@corbuzier Daripada lepaskan koruptor lebih bermanfaat bebaskan ibu DR Dr Siti Fadilah Supari mantan Menkes bisa bantu tangani pandemik Covid 19 sukur2 bisa dijadikan leadernya karena beliau mumpuni sekali. pic.twitter.com/PR2w1SeEax

19/05/2020 10:07:18 WIB
Pembunuh kutu @anton_kaktuo

@warnamiko @corbuzier Kesel ya,bnyak preman dipenjara yg insaf dan jd muallaf gegara dia..

19/05/2020 10:49:35 WIB
Priharyanto @Priharyanto6

@yedikurniahadi @corbuzier Ada satu lagi. Membongkar laboratorium rahasia milik AL USA di jakarta. Dan membongkar penyelundupan virus polio specifik/genom indonesia. Padahal indonesia sdh bebas polio. Secara aturan WHO, virus yg tersisa di dunia harus di musnahkan.

19/05/2020 10:50:12 WIB
Load Remaining (19)

Comment

No comments yet. Write yours!