"[G-Story] Akhir Riwayat Pabrik Gula: Sebuah Kisah Para Penghuni Kerajaan Demit" by @SimpleM81378523

Chirpified By @M4ngU5il BACA ~~> https://chirpstory.com/li/378814 Disclaimer: Read More
storytelling horror awesomes
5
SimpleMan @SimpleM81378523
-AKHIR RIWAYAT PABRIK GULA- -LAST- ilustrator : @CIAYOcom and Pierre Rangga. pic.twitter.com/nq68PbbcQP
Expand pic
SimpleMan @SimpleM81378523
ini akan menjadi cerita terakhir saya tentang kisah pabrik gula, cerita yg tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup karena tidak hanya menyangkut diri saya melainkan semua penduduk desa yg hidup tepat di samping kerajaan demit yg konon masih di percaya bahkan sampai saat ini.
SimpleMan @SimpleM81378523
selepas sholat isya, saya biasa berkumpul bersama kawan di jalanan pertigaan tepat di samping jalur utara sebelah gerbang besi yg sudah lama bobrok. kami nongkrong dan sekedar bercerita sembari menghabiskan malam. dari tempat kami duduk, kami bisa langsung melihat pohon beringin.
SimpleMan @SimpleM81378523
pohon beringin ini sudah pernah saya ceritakan, berada di belakang bangunan sekolah taman kanak-kanak tempat di mana rumor tentang kuburan jaran (kuda) pernah santer terdengar, salah satu dari sekian banyak cerita paling sakit tentang pabrik ini adalah pohon beringin ini.
SimpleMan @SimpleM81378523
beberapa warga desa mengaku pernah melihat sosok anak kecil mengenakan pakaian putih polos sedang bermain-main di bawah pohon beringin ini. karena pohon ini tepat berada di belakang bangunan TK, tak ada yg curiga, orang berpikir mungkin dia anak kecil yg belum di jemput.
SimpleMan @SimpleM81378523
suara langkah kaki saat menginjak rumput terdengar, seorang paruh baya mendekati anak kecil itu yg sedang bermain sulur-sulur pohon. langit sudah mulai gelap, membuat si lelaki semakin takut kalau terjadi sesuatu yg membahayakan pada anak itu.
SimpleMan @SimpleM81378523
"nduk nduk" teriak si lelaki namun tak di hiraukan oleh anak perempuan itu, dia masih asyik bermain, melihat jalanan sudah kosong, bangunan TK pun sudah tak berpenghuni akhirnya lelaki itu nekat mendekati pohon, ia harus melewati pagar besi berkarat, di panjatlah pagar itu.
SimpleMan @SimpleM81378523
dengan susah payah lelaki itu melewati pagar besi berkarat, ia menoleh ke arah akar-akar pohon beringin tempat di mana dia melihat anak perempuan itu, namun hal ganjil terjadi, anak perempuan yang ia lihat dari pertigaan jalan menghilang. hanya tanah cokelat dan rumput liar.
SimpleMan @SimpleM81378523
bulukuduk lelaki itu berdiri, ia merasakan perasaan tak enak, benar kata orang bila ada yg harus di hindari, pabrik gula ini adalah salah satunya. ia berniat memanjat untuk pergi tapi tiba-tiba terasa sesuatu menarik baju'nya. "pak de, kate ten pundi?" (pak de mau kemana?)
SimpleMan @SimpleM81378523
"nduk, koen iku lapo nang kene maghrib-maghrib ngene" (nak, kamu ngapain di sini maghrib-maghrib gini) kata si lelaki, ia menunduk menatap si anak perempuan yg melihatnya dengan ekspresi senang. "melbu liwat ndi awakmu mau?" (masuk lewat mana kamu?) si anak menunjuk.
SimpleMan @SimpleM81378523
ia menunjuk sebuah lubang besar potongan dari pagar kawat, tanpa pikir panjang si lelaki menyuruh anak itu merangkak kesana sementara dia memanjat kembali bagian pagar besi. anak perempuan itu menurut. setelah keduanya berhasil melewati pagar, lelaki itu menggendong anak itu.
SimpleMan @SimpleM81378523
berbagai pertanyaan di tanyakan mulai siapa orang tuanya, kenapa dia bisa sampai di tempat itu termasuk menceritakan tentang cerita-cerita seram yg ada di pabrik ini untuk membuat si anak jerah dan tidak melakukan itu lagi, namun anehnya si anak perempuan justru tertawa.
SimpleMan @SimpleM81378523
"aku gak wedi pak de, aku lak kuat seh" (aku gak takut pak de, kan aku kuat) lelaki itu tak mengerti maksud ucapan anak perempuan itu, ia masih menggendong tepat di punggungnya sesekali melihat wajah anak perempuan itu yg benar-benar manis. hingga sampailah lelaki itu di ujung
SimpleMan @SimpleM81378523
terdengar suara benda jatuh, lelaki itu berbalik mencari tahu suara apa itu, "opo iku sing rotoh nduk??" (apa itu yg jatuh nak?) sembari mencari bersama namun tak di temukan apapun. hari sudah mulai gelap, lelaki itu pun melanjutkan perjalanannya keluar dari bangunan tua TK.
SimpleMan @SimpleM81378523
si lelaki kembali mengajukan pertanyaan pada anak perempuan itu tapi kali ini ia tak menjawabnya. karena merasa aneh, lelaki itu menoleh untuk melihat wajah anak perempuan itu saat dengan mata kepala sendiri lelaki itu menyaksikan anak perempuan yg ia gendong tak memiliki kepala.
SimpleMan @SimpleM81378523
dari jauh sayup-sayup suara anak perempuan itu terdengar, si lelaki melihat kepala anak perempuan itu tepat di sekitar rumput liar tengah tersenyum menatapnya. "pak de, ndas'ku rotoh, tolong sampeyan pundutno" (pak de kepalaku jatuh, tolong ambilkan ya)
SimpleMan @SimpleM81378523
itu adalah sepenggal cerita yg akan membuka kisah sebenarnya. sudah lebih dari satu tahun sejak demo karyawan yg menolak penutupan pabrik ini namun karena perusahaan benar-benar bangkrut akhirnya pabrik ini tetap di tutup dan dalam jangka waktu satu tahun saja, pabrik ini-
SimpleMan @SimpleM81378523
menunjukkan jati dirinya. warga desa bahkan sampai membuat peraturan tidak tertulis, salah satunya adalah ketika malam sudah datang, hindari jalanan yg melewati pabrik gula, lebih baik memutar daripada di ganggu oleh dia yg paling sering menampakkan diri. si janda merah.
SimpleMan @SimpleM81378523
mungkin namanya terdengar lucu tapi sayangnya tak ada satupun yg mau menceritakan pengalamannya setiap kali dia menampakkan diri. kabarnya, butuh bertahun-tahun untuk menghilangkan trauma saat melihatnya secara langsung dan salah satunya adalah cerita tetangga saya.
SimpleMan @SimpleM81378523
tahun itu adalah tahun saat motor masih langka di miliki oleh orang dan transportasi becak adalah transportasi masal yg paling sering di pakai. pak Sugeng mengayuh becak'nya berniat untuk pulang setelah seharian penat ia menarik becak di kota. awalnya ia ingin memutar,
SimpleMan @SimpleM81378523
namun mengingat tenaganya yg tinggal tidak seberapa ia akhirnya memutuskan melewati jalanan di jalur selatan. salah jalur paling sepi yg bahkan sudah tidak di lewati lagi saat hari sudah gelap, namun pak Sugeng yakin tak akan ada yg terjadi kepada dirinya.
SimpleMan @SimpleM81378523
singkatnya saat desa sebelah pabrik gula sudah nampak terlihat seorang tengah berdiri di samping jalan melambai-lambaikan tangannya. pak Sugeng yg melihatnya awalnya bingung, ia ingin memutar dan berbalik saja tapi sosok itu terlihat seperti manusia normal, kakinya menapak tanah
SimpleMan @SimpleM81378523
di dekatilah dia meski kecurigaan masih ada di dalam benak pak Sugeng. "pak, ngapunten kulo bade mantok tapi pun mboten wonten becak maleh, saget bapak ngeteraken kulo" (pak mohon maaf saya mau pulang tapi sudah gak ada becak lagi, bapak mau antar saya)
SimpleMan @SimpleM81378523
pak Sugeng menatap kaki perempuan itu di mana ia masih menapak tanah, mungkin bodoh kalau bertanya apakah dia hantu tapi pak Sugeng mengatakannya, mungkin ia ingin lebih memastikannya. "njenengan menungso mbak?" (anda manusia kan?) perempuan itu tersenyum.
Load Remaining (162)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.