Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Ini 6 Kesalahan Skincare yang Bikin Kulit Makin Kering saat Puasa

Saat puasa, tubuh kekurangan cairan sehingga kulit kering pun tidak bisa dihindari. Baik wajah maupun tubuh.
0
Ini 6 Kesalahan Skincare yang Bikin Kulit Makin Kering saat Puasa

Skincare yang Bikin Kulit Kering - Saat puasa, tubuh kekurangan cairan sehingga kulit kering pun tidak bisa dihindari. Baik wajah maupun tubuh. Namun ada beberapa kesalahan dalam melakukan skincare yang tanpa kamu sadari bisa membuat kondisi kulitmu makin kering. Untuk itu, jangan sampai kamu melakukan kesalahan dalam menggunaka skincare yang bisa bikin kulit makin kering saat puasa.

Ini dia 6 kesalahan skincare yang bikin kulit makin kering saat puasa.

Kesalahan yang biasa terjadi mulai dari kebiasaan yang kurang tepat dalam mengaplikasikan skincare, malas menggunakan pelembap hingga kesalahan dalam memilih skincare, baik jenis mau pun kandungan bahan di dalamnya. Agar kamu bisa lebih paham dan menghindarinya dengan baik, langsung saja cek 6 kesalahan skincare yang bisa membuat kulit makin kering saat puasa berikut ini.

1. Over exfoliating yang menyebabkan kulit makin tipis dan kering

Perlu kamu ingat, jangan exfoliating kulitmu secara berlebihan. Banyak orang yang beranggapan jika kulit di-exfoliating setiap hari maka tampilan dan tekstur kulit akan tampak lebih lembut, bersih dan glowing. Tanggapan ini salah. Justru mengeksfoliasi kulitmu secara berlebihan akan membuat kulit kehilangan kelembapannya sehingga menyebabkan kulit dehidrasi.

Hal ini akan memicu kulit kering dan inflamasi. Bahayanya lagi, terlalu sering exfoliating akan merusak kesehatan sel kulit dan stimulasi dari aktivitas melanin kulit yang bisa menyebabkan hyperpigmentation. Alhasil, bukanya tampak glowing kulitmu justru bisa breakout dan jadi lebih kusam.

2. Malas menggunakan pelembap badan atau pun tubuh

Asuapan cairan ke dalam tubuh yang berkurang banyak saat puasa dan membua kulit dehidrasi wajib kamu gantikan dengan pelembap dari luar. Baik untuk wajah atau pun tubuh. Untuk itu jangan malas menggunakan pelembap seperti lotion dan pelembap wajah, baik pagi atau pun malam hari. Khususnya setelah mandi.

Jika perlu, gunakan pelembap tambahan seperti hydrating toner, essence, sheet mask atau sleeping mask hingga rutin pakai face mist untuk wajahmu. Sedangkan untuk tubuh, kamu bisa gunakan body butter atau shooting gel yang punya tingkat hidrasi tinggi.

3. Menggunakan obat jerawat yang berbahan keras secara berlebihan

Perlu kamu ketahui bahwa banyak obat jerawat yang mengandung bahan bersifat keras atau mengeringkan kulit. Di antaranya adalah Salicylic acid yang biasanya digunakan untuk mengeringkan jerawat. Lalu Benzoyl peroxide yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri, sulfate sebagai pembersih kotoran dan alkohol yang berfungsi untuk mengeringkan luka.

Keempat bahan ini tentu akan membuat kulit kering. Kamu bisa melihatnya, saat kamu memakai obat jerawat, pasti ada bagian kulitmu yang mengelupas. Jadi jika kamu menggunakannya secara banyak atau berlebihan tentu saja kulitmu akan semakin kering.

Salah satu obat jerawat herbal yang mampu mengobati semua jenis jerawat dan bekasnya adalah You Need Me Acne Care Gel.

Konsultasi dan Pemesanan : KLIK DISINI
Bayar di tempat (COD) : KLIK DISINI

4. Terlalu sering mencuci wajah yang memapas kelembapan kulit

Saat puasa, mungkin kamu akan lebih mudah merasa gerah dan dahaga sehingga sepertinya mencuci wajah jadi pilihan menarik. Namun jika memang wajahmu tidak kotor, lebih baik hindari.

Idealnya kamu cukup menucuci wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Apalagi untuk kamu yang kulitnya berminyak, jika perlu kamu mencuci wajah tanpa sabun di pagi hari agar kulit tidak kehilangan kelembapannya.

Ya, sabun pencuci wajah memang punya kecenderungan menghilankan kelembapan kulit, bersaama dengan proses membersihkan kotoran, sebum dan sel kulit mati. Untuk itu pilih sabun pencuci wajah yang bebas alkohol, lembut dan ber-pH rendah agar kelembapan kulitmu selalu terjaga.

5. Menggunakan sabun mandi tanpa moisturizer

Sabun mandi bisa jadi pemicu kulit tubuhmu makin kering. Apalagi jika mengandung alkohol dan tidak terdapat kandungan pelembap atau moisturizer di dalamnya. Umumnya yang bersifat anti-septik tinggi umumnya membuat kulit kering. Untuk itu jika kamu memakai sabun mandi anti-septik, pastikan sabun tersebut juga mengandung moisturizer.

6. Menggunakan skincare yang masih mengandung alkohol

Mungkin kamu sudah menggunakan pelembap bahkan hydrating skincare lainnya seperti toner, essence dan serum, tapi ternyata kulit masih saja terasa kering. Coba, kamu cek lagi kandungan skincare yang kamu pakai, jangan-jangan masih terdapat alkohol di dalamnya.

Alkohol pada skincare biasanya dilabeli dengan nama seperti SD alcohol (40), isopropyl alcohol, ethanol, methanol, benzyl alcohol atau denatured alcohol. Jika masih ada nama-nama terserbut di daftar kandungan bahan produk skincare-mu, berarti masih mengandung alkohol.

Alkohol ini tidak selamanya berbahaya, namun memang bisa membuat kulit lebih kering karena bersifat keras. Apalagi untuk kamu yang jenis kulitnya sudah kering dan sensitif atau sedang dalam kondisi dehidrasi karena puasa. Jadi hindari skincare yang mengandung alkohol jika tidak ingin kulit tambah kering, khususnya ketika puasa.

Jadi, sudah siap untuk menghindari kelima kesalahan tersebut agar kulit tetap sehat saat puasa kan?

Comment

No comments yet. Write yours!