Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Terjemahan Liputan Stasiun TV Korea, MBC: Pelanggaran HAM, Eksploitasi Manusia dan Perbudakan Oleh Nelayan China Kepada ABK Asal Indonesia

Thread by: @frekuensi52
1
ꦎꦏ @frekuensi52

Living without its soul.

frekuensi52.web.id

ꦎꦏ @frekuensi52

Pelanggaran HAM, Eksploitasi Manusia, dan Perbudakan oleh Nelayan China kepada ABK Indonesia. A thread. pic.twitter.com/nGsfWi6xmw

06/05/2020 17:08:29 WIB
Expand pic
ꦎꦏ @frekuensi52

Berita ini diliput oleh salah satu stasiun TV Korea (MBC) berdasarkan laporan dari nelayan yang berhasil keluar dari kapal besar china penangkap tuna. Link youtu.be/3QIEmJ1mCZY

06/05/2020 17:08:30 WIB
Expand pic
ꦎꦏ @frekuensi52

Translated Part I pic.twitter.com/KAD00lvN25

06/05/2020 17:09:04 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
ꦎꦏ @frekuensi52

Part II pic.twitter.com/vHmVZBRnIo

06/05/2020 17:09:32 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
ꦎꦏ @frekuensi52

Mohon yang bisa bantu untuk up masalah ini ke pemerintah, kasihan orang Indonesia yang disitu. pic.twitter.com/RisABckxmR

06/05/2020 17:09:36 WIB
Expand pic
ꦎꦏ @frekuensi52

i will try to write the news accordingly, wait a bit. anybody that can and willing translate it to english pls do it so it can blow up to international news

06/05/2020 18:13:01 WIB
𝓽 𝓮 𝓇 𝓃 𝓪 𝓀 𝓫 𝒶 𝓫 𝒾 @rikkisimarmata_

@frekuensi52 Jika sudah ada perjanjian dibawah materai, itu gimana mas? Dan juga beserta tanda tangan, serius nanya!!

07/05/2020 03:54:18 WIB
ꦎꦏ @frekuensi52

@rikkisimarmata_ Maaf sebelumnya saya bukan ahli hukum, koreksi saya jika salah, setahu saya berarti tidak bisa dikasuskan di Indonesia krn mereka ada kontrak "perjanjian" bermaterai pula. Makanya dalam berita dikatakan perlu adanya investigasi dari lembaga internasional.

07/05/2020 04:30:27 WIB
Dracarys @rifkimiftahh

@frekuensi52 Gilaa kerja 18 jam/hari cuma digaji 9 dollar per bulan, kalo meninggal dibuang kelaut. Ga manusiawi bgt, ini mah perbudakan.

06/05/2020 21:01:10 WIB
Gula aren @Sharaazh_

@rifkimiftahh @frekuensi52 Klau yg Aku Tonton Di Korea roemit ,Malah mreka kerja selama 30 jam Dan istirahat nya cmn 6 jam, Dan Di gaji 100 rb prbulan

07/05/2020 01:16:55 WIB
Planktonamor @nincompoof_

@frekuensi52 Udah banyak berita tentang ABK Indonesia yang jadi korban kaya gini terutama yang kerja di kapal ikan di bawah bendera Taiwan dan China, tapi jarang banget yang ke blow up ke media, contohnya kaya tv lokal dll. Jadi semakin susah aja gitu buat ngeberhentiin kasus kaya gini

06/05/2020 21:14:32 WIB
Priu @_priut

@frekuensi52 Cerita soal kerja 18jam bahkan lebih dan yg meninggal di buang ke laut sebenernya bukan hal yg baru. Udah berlangsung lama dan ya begitu aja.

06/05/2020 21:31:43 WIB
Priu @_priut

@frekuensi52 Rata2 pelaut Indonesia bekerja di kapal ikan dari negara Jepang, Korea, Taiwan. Umumnya, kapal Jepang punya fasilitas, Gaji dan perlakuan lebih baik dibanding kapal Korea dan Taiwan.

06/05/2020 21:38:11 WIB
Priu @_priut

@frekuensi52 Anak2 muda dari daerah Tegal banyak yg bercita2 dan lebih memilih menjadi pelaut mencari ikan di kapal2 tersebut di banding bekerja di sektor lain krn bisa pulang bawa uang banyak setelah berbulan2 melaut.

06/05/2020 21:42:29 WIB
Priu @_priut

@frekuensi52 Knp mesti kapal asing? Bukannya nenek moyang kita orang pelaut? Iya, tp kl kerja di kapal lokal, operasinya juga lokalan aja, dan hmm lagi2 juga soal pendapatan, jauh lebih kecil dibanding kapal asing.

06/05/2020 22:56:52 WIB
Priu @_priut

@frekuensi52 Banyak sumber yg bisa dimintain informasi gmn kerasnya kerja jadi ABK. Kalo mau, tongkrongin aja kantor2 pelayaran di daerah priuk. Tiap hari ada aja calon ABK baru atau yg udh berpengalaman yg mondar mandir di kantor nunggu panggilan berangkat melaut.

06/05/2020 23:00:22 WIB
Priu @_priut

@frekuensi52 Dibutuhkan peran pemerintah buat pengawasan perusahaan penyalur ABK ke kapal2 asing ini. Bukan hanya soal persyaratan ABK yg mau kerja di kapal, tp juga ke sejahtera an dan keamanan kerjanya. Termasuk jam kerja.

07/05/2020 00:21:46 WIB
flawfless @thefugli

@frekuensi52 Masalah ini tuh membingungkan jg sbnrnya, karna kadang mereka tau konsekuensi pekerjaannya tp tetep milih buat maksa berlayar. Dan kalo pun dipulangin pasti ujung2 nya mereka bakalan berlayar lg sama kapal china.

07/05/2020 00:14:49 WIB
Load Remaining (1)

Comment