Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Alas Mantingan: Salah Satu Hutan Paling Sakral Dimana Banyak Sosok Prajurit Berjejer Dengan Kondisi Tubuh Hancur #Memetwit

Thread by @balakarsa
2
patrick ethnic ☆ @balakarsa

-URBAN LEGEND & SEJARAH- Salah satu hutan yang cukup sakral di utara pulau jawa. Ada apakah disana? Mari kita sedikit mengulik hutan ini... pic.twitter.com/l0YlqvHzFD

05/05/2020 21:53:09 WIB
Expand pic
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Alas Mantingan merupakan kawasan hutan yang masuk dalam Jalur Mantingan-Ngawi di selatan Pulau Jawa yang cukup ekstrim untuk dilewati.

05/05/2020 21:53:12 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Penyebabnya tidak lain adalah kondisi jalan yang tidak baik, banyak terdapat tikungan, dan minim penerangan saat malam hari. Tak terhitung lagi jumlah korban jiwa yang meregang nyawa di lokasi ini.

05/05/2020 21:53:25 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Selain karena kondisi medan yang cukup ekstrim, ternyata ada hal mistis yang menyelimuti Alas Mantingan sehingga sering memakan korban. Alas Mantingan termasuk kawasan yang telah dikenal sejak Peradaban Hindu-Buddha, bahkan namanya sering disebut dalam kitab Babad Tanah Jawa.

05/05/2020 21:53:30 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Menurut kisah yang beredar, dahulu kala Alas Mantingan menjadi medan pertumpuran antara pasukan Raja Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit dan Raden Patah dari Kesultanan Demak. Saat itu pasukan Raja Brawijaya V kalah jumlah dengan pasukan Raden Patah yang mencapai seribu orang.

05/05/2020 21:53:31 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Residual energi dari aprajurit-prajurit Raja Brawijaya V yang gugur tak jarang menampakkan dirinya kepada para pengemudi yang melewati kawasan Alas Mantingan. Terdapat satu cerita tentang mobil mogok yang tiba-tiba diteror pasukan hantu dibalik pepohonan Alas Mantingan .

05/05/2020 21:53:33 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

TEROR PASUKAN HANTU Cerita dimulai ketika seorang pengemudi yang akan menuju arah Ngawi dari Jogja dengan mengendari mobil baru.

05/05/2020 21:53:35 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Namun ketika telah sampai di kawasan Alas Mantingan mobil yang masih baru tersebut tiba-tiba mogok. Kondisi jalan yang sepi semakin mencekam seiring dengan datangnya kabut yang membuat tengkuk bergidik.

05/05/2020 21:53:38 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Menurut kesaksian pengemudi, saat kabut menutupi jalan banyak sosok perajurit berdiri berjejer dengan kondisi tubuh hancur. Berbagai macam posenya mulai dari ngesot, berdiri pincang dengan anggota tubuh tidak lengkap, bahkan ada yang menenteng kepalanya sendiri.

05/05/2020 21:54:01 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Melihat pemandangan tersebut sang pengemudi tak bisa berbuat banyak selain memohon perlindungan kepada sang pencipta.

05/05/2020 21:54:03 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Pemandangan tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Seiring dengan hilangnya kabut, rombongan pasukan hantu turut hilang dari pandangan dan mobil pun kembali bisa dinyalakan. Dengan segera pengemudi tersebut menancap gas dalam-dalam dan segeral berlalu dari Alas Mantingan.

05/05/2020 21:54:04 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

BUS HANTU Pada akhir tahun 1990an hingga awal tahun 2000an banyak kesaksian dari para pengemudi malam yang melihat bus hantu berpenumpang pocong di kawasan Alas Mantingan.

05/05/2020 21:54:05 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Penampakan bus hantu ini berwarna putih polos yang berjalan berlawanan arah dengan kendaraan lain saat jalanan sepi. Fenomena bus hantu seringkali dijumpai pada hari Selasa dan Jumat Kliwon.

05/05/2020 21:54:06 WIB
patrick ethnic ☆ @balakarsa

Diduga bus hantu ini merupakan perwujudan residual energi masa lampau dari kecelakaan bus di Alas Mantingan yang semua penumpangnya meninggal dunia. -TAMAT-

05/05/2020 21:54:08 WIB
havero um futuro @aufklarunx

@balakarsa Emang jalur ini bener2 mistis...saya pernah naek motor lewat jalur itu pas malam 1 suro ke jogja...

05/05/2020 22:01:41 WIB
🧀 @kejubakarkrispi

@balakarsa Pernah melintasi hutan ini, naik motor sendirian dr jogja sekitar jam setengah 5 sore. Keadaan sedang gerimis saat itu, jd suasananya seperti jam 6an gelap gt. Yg awalnya dr memasuki perbatasan masih banyak barengan, pas udah masuk hutan jd sendirian, auto ngebut gapeduli sekitar

05/05/2020 22:03:35 WIB
Muhammad Taufiqur Rohman @taufiqrohmnd

@balakarsa Jam 11 malem pernah lewat sini dari arah Jogja - kediri pake motor berdua, suasana pas lewat gontor masih rame pas masuk hutannya sepi senyap, cuma bus doang yang lewat :( pas baliknya jam 3 subuh lewat sini, untung ada rombongan vespa WKWK

05/05/2020 22:08:09 WIB
@ummisholikah

@balakarsa Baru bulan lalu lewat sini klaten-ngawi, pas sragen mantingan masi aman. Pas mulai masuk alas masi jam10 pagi, ga terlalu rame tp grimis. Dahh pikiran kemana2 ga enak bgt, jarang bgt papasan kndraan lain. Pdhl siang.

05/05/2020 22:43:31 WIB
ꦄꦥꦿꦶꦭꦶꦪ @apriliya_ss

@balakarsa Pernah lewat sana malam hari sama 6 orang teman saya (3 motor) perjalanan dari Semarang ke Ponorogo. Cuaca gerimis tipis dan dingin menusuk tulang. Entah apa saja yg kulalui, aku sperti melihat bnyak org berjalan dan anak2 kecil berlarian. Entahlah Allahualam

05/05/2020 23:27:09 WIB
Jangan Berisik @Riski_nurAzis

@balakarsa Alm. Sophan Sophiaan juga kecelakaan disini dulu.

06/05/2020 00:41:32 WIB
semesstara @dsxxxptr_

@balakarsa saya pernah lewat sini dari lamongan ke sragen tiba2 mata saya ngantuk parah, ternyata sadar kalo pas berangkat saya lupa ngopi min...

06/05/2020 04:46:59 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!