Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.
Created on App

(Peringatan Thread Ini Tak Cocok untuk Kaum Konsumtif) Step by Step Nabung Saham by@ryandirachman

Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit
11

Daftar Saham Blue Chip 2019 di Indonesia. Harga Saham Blue Chip Murah!

Salah satu manajemen resiko investasi saham adalah dengan memilih saham yang aman atau minim resikonya. Nah, blue chip adalah salah satu solusinya. Di artikel Daftar Saham Blue Chip 2019 dan juga Daftar Harga Saham Blue Chip Indonesia ini bisa jadi rujukan investasi anda.

Mungkin banyak trader saham pemula berpikir bahwa list saham ini dipublish dan ada indeksnya. Tapi sebenarnya, tidak ada indeks khusus sama sekali untuk kategori saham ini.

Mengapa tidak? Ya, karena sebenarnya tida ada standar dasar dan umum dari blue chip ini. Kalaupun ada sebenarnya itu berdasarkan versi dari pakar tmembersebut.

Tapi biar bagaimana pun kita masih tetap bisa membuat ciri umum dari saham blue chip ini.

Untuk lebih meyakinkan, saya mencoba mengutip salah satu dari tulisan Investopedia berikut:

“A blue-chip company is well-known, well-established, and well-capitalized.”

Artinya, saham blue chip adalah saham dari perusahaan yang sudah terkenal, mapan dan bermodal besar.

Perusahaan dengan kriteria semacam itu biasanya ia merupakan perusahaan terkemuka atau leader di sektornya. Dan umumnya juga diikuti oleh barang atau jasanya yang dominan atau memonopoli perdagangan di negaranya.

Karena leader di sektornya, produknya umumnya berkualitas tinggi dan diakui secara nasional juga.

Secara umum, perusahaan blue-chip dinilai relatif tahan banting terhadap penurunan kondisi ekonomi. Karenanya, bisnisnya biasanya menghasilkan pendapatan yang konsisten dan pertumbuhan yang stabil dari waktu ke waktu.

Apa yang dicapai dari perusahaan seperti yang disebut di atas selalu bukan karena pencapaian setahun-dua tahun saja. Tapi, bisa dipastikan memiliki catatan panjang pertumbuhan yang stabil dan sejumlah prestasi yang tidak dimiliki dari saham second liner dan lainnya.

Dari pemaparan di atas, maka dapat dirinci beberapa cirinya:

Terkenal

Mapan

Memiliki modal besar

Market-Cap. besar.

Leader di sektornya

Kinerjanya stabil

Produknya berkualitas tinggi

Diakui secara nasional

Lebih lengkapnya mengenai apa itu pengertian bluechip dan teorinya, silahkan baca artikelnya di sini: Pengertian Blue Chip dan Contohnya

Nah, dari beberapa kriteria yang disebut di atas, maka mungkin kamu sudah bisa mencarinya sendiri dari 600 lebih saham yang ada di BEI. Tapi tidak perlu seperti itu, karena pasti akan jadi pekerjaan yang melelahkan.

Daftar Saham Blue Chip 2019 dan Harganya

Selain menyertakan kode sahamnya, anda juga bisa melihat daftar harga saham blue chip murah dan mahal dari semua daftarnya.

20 Terbaik menurut versi saya:

ASII

PGAS

JSMR

WSKT

PTBA

UNTR

TLKM

AALI

CPIN

UNVR

KLBF

SMGR

MYOR

INDF

BBCA

BBRI

BMRI

LSIP

ITMG

MNCN

Dari 20 saham yang disebut di atas, ada 3 perusahaan favorit saya, yaitu ASII, PGASdan JSMR. Ketiganya paling cocok untuk investasi middle-term atau jangka menengah. Ya, alasannya karena ketiganya seringkali naik dan turun di waktu tertentu.

Yang saya sebut di atas sebenarnya berdasarkan kapitalisasi pasarnya dan kemapanan perusahaannya. Daftar di atas bisa saja berbeda menurut versi analis saham lain.

Cara cepat menemukan saham BC di bursa:

Sebenarnya, di atas itu berdasarkan pengamatan saya sendiri dari beberapa saham yang ada di BEI. Tapi sebenarnya ada caranya kalau mau langsung menemukan listnya dan bisa update setiap beberapa bulan sekali.

Cara yang saya maksud adalah dengan langsung melihat indeksnya.

Di situs BEI sendiri, dari 600 lebih sahamyang ada, sebenarnya sudah ada beberapa indeks saham yang sudah dibuat IDX. Ini tentunya lebih memudahkan kita menemukan saham bluechip yang layak invest.

Jadi begini, indeks untuk semua saham di BEI namanya IHSG. Nah, dari IHSG ini kemudian dipilih beberapa saham yang likuiditasnya paling baik dan juga kinerja dan kapitalisasi pasarnya terbaik. Namanya adalah LQ45.

Ya, saham LQ45 adalah daftar saham pilihan yang kriterinya hampir sama dengan saham blue chip yang kita sebutkan ciri-cirinya di atas.

Itu yang pertama, sekarang yang kedua adalah dari daftar saham syariah terbaik.

Kalau di IDX ada namanya saham ISSI, kepanjangan dari Indeks Saham SyariahIndonesia. Tapi ini kan indeks dari semua saham syariah. Nah, ada lagi listnya yang lebih spesifik yang paling likuid dan juga hampir sama dengan LQ45. Hanya saja ini bukan konvensional, tapi syariah.

Indeks saham yang saya maksud adalah saham JII atau Jakarta Islamic Index.

Kalau ISSI bisa terdiri lebih dari 200 saham syariah. Sedangkan JII sendiri hanya teridiri dari 30 saham pilihan yang paling likuid di bursa efek Indonesia.

Jadi kesimpulannya, kalau mau mencari saham blue chip yang mudah dan selalu uptodate, maka jawabannya ada pada indeks saham LQ45 dan JII.

Bisa dibilang, dengan hanya menggunakan dua indeks di atas, maka kita bisa selalu memperoleh saham apa saja yang aman dan layak dibeli untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Selain itu, mungkin teman-teman juga bisa selalu berkunjung ke halaman ini untuk memperoleh update dari 20 daftar saya di atas.

Hanya saja, perlu pula saya sampaikan bahwa yang namanya indeks atau rekomendasi saham pilihan apa pun itu, maka semua tidak bisa dijadikan rujukan pasti. Melainkan, hanya tambahan pertimbangan saja bagi Anda alias Disclaimer On.

Kenapa? Ya, karena semua keputusan kembali pada investor masing-masing. Untung dan rugi yang dialami akan ditanggung oleh si investor tersebut. Saya dan juga analis lainnya sama sekali tidak bertanggungjawab dengan kerugian Anda.

Di samping itu, memilih saham hanya berdasarkan rekomendasi ini dan itu, biasanya hanya akan berujung pada kerugian. Dan kalaupun terkadang benar dan bisa menghasilkan cuan, maka itu bisa jadi hanya kebetulan saja. So, apa pun alasannya, sebelum membeli sahampastikan sudah menganalisis dengan baik segala aspeknya.

Segala aspek, maksudnya rasio-rasio dari saham tersebut, seperti rasio profitabilitas, solvabilitas, aktivitas,likuiditas dan juga tak ketinggalan rasio valuasinya.

Tapi bila tidak mau repot, saya punya dua solusi untuk Anda. Yang pertama adalah Kalkulator Saham Excel. Nah, tools sederhana ini berisi 35 rasio keuanganyang bisa membantu mengetahui semua rasio yang saya sebut di atas, termasuk juga cara menilai harga wajar sebuah saham.

Solusi kedua adalah dengan membeli Video Tutorial Saham Lengkap yang sebentar lagi jadi. Isinya bisa dibilang lengkap dan bisa memandu anda bagaimana cara menganalisis saham dengan baik dan detail sehingga saham yang dipilih bisa memberikan imbal hasil yang tinggi.

Saya tidak menyampaikan di atas kalau bukan kerena pengalaman yang pernah saya alami sendiri. Di awal-awal bermain saham saya juga hanya fokus pada daftar seperti ini, dan bukan memperbanyak belajar. Dan hasilnya memang susah meniru para master yang ada. Sejak itulah saya kemdian mulai banyak belajar, entah itu analisa fundamental atau pun teknikal.

Sudah? Sudah? Yah… kalau sudah dapat Daftar Saham Blue Chip 2019 di Indonesia dan juga harganya, nah waktunya saya sekarang mengakhiri artikel ini. Pesan saya, terus belajar dan jangan menyerah walau sesekali harus rugi dari saham. Happy sharia trading!

Ryandi Rachman @ryandirachman

Ini hmsp harga terendah dalam 5 tahun masa iya gak diserok. Hajar terus 😌 pic.twitter.com/z3iC5q4GUP

06/01/2020 09:44:00 WIB
Expand pic
Expand pic
Ryandi Rachman @ryandirachman

Step by step Menabung saham -Sebuah utas-

11/01/2020 15:01:54 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

PERINGATAN: Thread ini ngga cocok buat kelas menengah ngehe yang hidupnya terlalu konsumtif, ngga disiplin dalam menabung, ngga konsisten, dan komunitas pecinta foya-foya. Bertaubatlah wahai milenials (sekudar mungingatkun 🙏) Menabung saham = menahan diri, untuk masa depan.

11/01/2020 15:04:20 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Berawal dari keresahan aing yang hobi menabung secara konsisten setiap bulannya, tapi kok duit aing tidak berkembang biak. Nambahnya segitu2 aja, akhirnya aing mulai kenalan tuh sama yang namanya investasi.

11/01/2020 15:05:41 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

STEP 1 [Kenalan dengan dunia investasi] Ada berbagai jenis instrumen investasi mulai dari yang low risk low return, sampe ke high risk high return. Nah aing ga berani langsung nyebur ke saham. Baiknya coba kenalan sama deposito, Reksa dana, dan nabung emas.

11/01/2020 15:07:37 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Kenapa aing nyaranin nyoba dulu 3 jenis investasi di atas? Kita ini butuh belajar terlebih dahulu untuk paham seperti apa sih investasi itu. Beli emas bisa di tokped/bl, Reksa dana bisa download bibit, Deposito bisa coba di Jenius (Maxi saver).

11/01/2020 15:11:05 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Bisakah 3 jenis investasi tersebut bikin kalian kaya? Jawabannya gak bisa. Terus gimana kalo saham? Jawabannya, bisa. Tapi, ada resiko besar dalam dunia pasar modal, tapi buat gue, resiko ini bisa diminimalisir..

11/01/2020 15:17:03 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

STEP 2 [Mengenal saham] Pergilah menuju halaman utama google lalu ketikan kata kunci "xnxx" jika tidak keluar apa2. Ganti kata kunci menjadi "apa itu saham" Baca, cermati, pahami.. Membeli saham itu berarti memiliki sebuah bisnis/perusahaan.

11/01/2020 15:23:24 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Dengan kata lain, lo menjadi bagian dari bisnis tersebut, sebagai investor. Stop pemikiran kalo mau saham itu harus kaya raya dulu! Kenyataannya gak begitu. Harga saham termurah yang ada di bursa saat ini cuma 50 perak/lembarnya. Tp Kalo mau beli saham lo gak bisa beli per-lembar

11/01/2020 15:28:48 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Bursa menetapkan untuk minimal pembelian saham saat ini adalah per-100 lembar. Satuan ini disebut per-Lot. Simpelnya, harga saham = Rp. 50,- 1 lot = Rp. 50 x 100 = Rp. 5000,- Lo bisa jadi investor dengan modal sekecil ini..

11/01/2020 15:32:59 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

STEP 3 [Sekuritas & RDI] Buat ngebeli saham, lo gak bisa ucuk2 dateng ke bursa terus begini. 👦: Beliiii! 🧐: beli apa? 👦: Beli saham 👺: tolong panggilkan reynhard sinaga Beli saham itu ada mekanismenya, klen harus punya yang namanya RDI (Rekening Dana Investor)

11/01/2020 15:37:49 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Nah buat bikin RDI ini, kalian harus mencari yang namanya SEKURITAS sebagai lembaga perantara antara kalian dengan bursa untuk bertransaksi saham. Berikut ini adalah beberapa list SEKURITAS terbaik yang ada di indonesia. pic.twitter.com/I4ycxSFMms

11/01/2020 16:16:17 WIB
Expand pic
Ryandi Rachman @ryandirachman

Saran dari aing, klen browsing/youtube sekuritas terbaik di indo. Pilih yang: ✔Terdaftar di OJK ✔Applikasinya user friendly ✔Fee transaksinya murah Ini ada video ulasan bagus tentang sekuritas yang ada di indo. Tonton ya! youtube.com/watch?v=exakbG…

11/01/2020 16:20:01 WIB
Expand pic
Ryandi Rachman @ryandirachman

Gue sendiri pake Mirae asset Sekuritas. Mereka adalah sekuritas terbaik saat ini dengan volume transaksi terbesar. Appsnya user friendly, fee transaksi juga murah. Tapi kalo ngerasa asing dengan nama ini, go for mandiri sekuritas/bni sekuritas dll.

11/01/2020 16:24:36 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

STEP 4 [Bikin RDI di sekuritas] Setelah kalian tentukan mau pakai sekuritas apa. Waktunya buat daftar di kantor sekuritasnya. Browsing aja kantor cabang sekuritas yg deket2 rumah. Tapi buat yang males bisa juga bikin RDI onlen kayak sekuritas indopremiere.

11/01/2020 16:39:37 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Bikin RDI sama aja kayak bikin rekening, yang perlu kalian siapkan adalah ✔KTP ✔NPWP ✔Buku rekening bank. (BCA/Mandiri agar free biaya topup) Di mirae asset itu, RDI terhubung langsung dengan rekening utama gue (BCA). Jadi kalo top up/withdraw gak ada biaya transaksi.

11/01/2020 16:48:57 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Bedanya RDI dengan rek biasa. RDI bentuknya akun, kagak ada kartu debit, kredit dan buku tabungan. Nah akun inilah yang lo pake buat log in di trading apps milik sekuritas.

11/01/2020 16:51:55 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Buat RDI prosesnya 1 - 2 minggu. Setelah jadi, klean akan langsung dikabarin sama orang dari sekuritasnya, dan biasanya ada rule harus top up RDI minimal 10jt. Abaikan aja, gue di mirae disuruh top up 10jt tp cuma top up 3jt. Formalitas doang ini mah. Bentuk RDI tuh seperti ini: pic.twitter.com/EC8J1p8pxU

11/01/2020 16:58:00 WIB
Expand pic
Ryandi Rachman @ryandirachman

Lanjut gak nih? pegel anjj bikin thread mengedukasi tuh. :( jadi dengan senang hati menerima banyak likes dan rt.

11/01/2020 17:05:22 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

STEP 4 [Temukan Motivasi] RDI udah punya. Trading Apps udah instal. Terus selanjutnya ngapain? Bingung. Iya bingung dulu kayak aing. Sekitar sebulanan 😑 Cari motivasinya dulu deh. Kenapa aing harus nabung saham coba?

11/01/2020 17:28:14 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Akhirnya secara simple jawaban tersebut terjawab. Aing pengen nikah Aing pengen beli rumah Aing pengen punya passive income Aing pengen punya 7 bola dragon ball Semua ini akan aing lakukan dalam beberapa tahun ke depan. Akhirnya, aing nyebur juga ke dunia pasar modal

11/01/2020 17:33:16 WIB
Ryandi Rachman @ryandirachman

Satu lagi, aing pengen rebahan doang tapi bisa dapet duit. Seperti anak-anak twitter pada umumnya. NAH Pasar Modal adalah sarana terbaik untuk mewujudkan cita-cita rebahan doang tapi dapet duit! gak percaya? Coba tonton video seminar pak lo kheng hong ini youtube.com/watch?v=IR6o_u…

11/01/2020 17:40:24 WIB
Expand pic
Ryandi Rachman @ryandirachman

BELIAU ADALAH BUKTI NYATA REBAHAN DOANG TAPI DUITNYA TRILIUNAN EEK DAH. Yah bisa dibilang, setelah nonton video itu, aing baru 100% yakin kalo harus nyebur ke dunia pasar modal pic.twitter.com/Luc0YV4lp5

11/01/2020 17:44:06 WIB
Expand pic
Load Remaining (42)

Comment

No comments yet. Write yours!