Kapan Harus Berhenti Makan Sahur?

Kewajiban dalam puasa adalah menahan dari segala sesuatu yang membatalkan dari terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari (magrib).
0
BATAS AKHIR MAKAN SAHUR, BUKAN YANG TERTERA DALAM JADWAL (IMSAK), MELAINKAN ADZAN SHUBUH (TERBIT FAJAR)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, diartikel ini saya akan membahas "Kapan harus berhenti makan sahur?", ok semoga bermanfaat ya untuk kalian yang membacanya.

Kapan Harus Mulai Berhenti Makan Sahur? Kewajiban dalam puasa adalah menahan dari segala sesuatu yang membatalkan dari terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari (magrib).

Allah berfirman,

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ

“Makan dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.”
(Q.s. Al-Baqarah:187)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

كُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يُؤَذِّنَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ ، فَإِنَّهُ لَا يُؤَذِّنُ حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

“Makan dan minumlah sampai Ibnu Umi maktum mengumandangkan azan, karena dia tidak berazan kecuali sampai terbit fajar.” (H.r. Bukhari, no. 1919)

Oleh karena itu, siapa saja yang mengetahui terbitnya fajar dengan melihat langsung atau informasi dari yang lain maka dia wajib puasa. Demikian pula, orang yang mendengar azan, wajib segera berpuasa ketika mendengar azan, jika azannya dilakukan tepat waktu, dan tidak mendahului (fajar).

Sekian dari artikel ini, jika ingin mengetahui tentang seputar islam silahkan ke : https://pemudaidn.blogspot.com/

terimakasih sudah membaca, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Comment

No comments yet. Write yours!