Created on App

Tips Menyediakan Makanan Sehat dan Tepat untuk Tubuh Selama Puasa

jadikan puasamu pendukung kesehatan
0
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

DO & DONT'S: TIPS PUASA SEHAT DAN AMAN SELAMA RAMADAN --- A THREAD Puasa selama pandemi bukanlah sebuah momok. Tdk ada yg perlu ditakutkan utk berpuasa selama kita tau hal yg boleh & tdk boleh dilakukan. Ini penting utk menjaga kita tetap sehat & aman selama berpuasa. Apa saja? pic.twitter.com/eI8aKovWJK

23/04/2020 20:53:07 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

"Apakah berpuasa selama pandemi virus corona aman?" Jawab: aman "Apakah berpuasa dapat menurunkan imunitas?" Jawab: tidak ada bukti yg mengatakan bahwa puasa dpt menurunkan imunitas yg memicu penyakit. Sejumlah penelitian justru mengatakan bahwa puasa memberi efek baik bagi imun

23/04/2020 20:57:35 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Tapi, semua itu dapat dicapai apabila kita memenuhi syarat sehatnya. Apabila syarat sehatnya tidak dipenuhi, puasa bisa memberikan efek yg tidak kita inginkan. Oleh sebab itu, pantengin! Thread ini akan menuntun dan mengingatkan kita ttg cara berpuasa yg aman dan sehat

23/04/2020 20:59:32 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Siapa di sini yg merasa lelah, lemes, haus, dsb selama siang hari pas puasa? Sebagian besar pasti merasakannya, termasuk saya. Itu adalah hal wajar karena tubuh tdk mendapatkan asupan air dan nutrisi selama siang hari. Karena hal yg wajar, seharusnya tidak menjadi masalah toh?

23/04/2020 21:01:35 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Yang menjadi masalah adalah, cara kita mengatasi respons tubuh tersebut Terkadang, kebanyakan orang memilih rebahan seharian dgn asumsi dapat menghemat energi. Padahal sebenarnya, cara mereka salah. Penurunan aktivitas fisik justru mengurangi produksi energi nahloh

23/04/2020 21:03:01 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Ada lagi nih, misalnya pemilihan makanan dan kontrol asupan yg berlebihan ketika berbuka. Lalu tidak diimbangi dengan rehidrasi yg cukup atau olahraga ringan. Itu kesalahan yg lumrah, namun cukup buruk untuk kesehatan kita selama sebulan

23/04/2020 21:04:57 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

bukankah kita diminta untuk tetap menjaga kesehatan selama pandemi? Oke, mari kita mulai!

23/04/2020 21:05:21 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Prinsip yg harus dipahami, yaitu REHIDRASI Menjaga tubuh tetap terhidrasi itu penting selama puasa. Semua itu gabisa dilakuin asal2an karena ada ilmunya Karena kita tidak bisa minum pas siang, berarti siasati minum di antara berbuka dan sahur!

23/04/2020 21:07:23 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

DO 1. Pilihlah jenis makanan yg mengandung banyak air, seperti buah2an. So, rumus pertama "SELALU SEDIA BUAH2AN" saat sahur :) Selain itu, kamu dianjurkan juga utk makan sayur-sayuran yg berserat tinggi saat sahur pic.twitter.com/CYQQZNUT3T

23/04/2020 21:11:10 WIB
Expand pic
Expand pic
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

2. Prinsip sahur kedua yaitu, makanlah makanan yg mengandung karbohidrat kompleks. Makan nasi banyak2 dg asumsi agar tidak mudah lapar = kesalahan yg lumrah Carilah sumber makanan yg mengandung karbohidrat kompleks utk dikonsumsi saat sahur pic.twitter.com/WtEnd2eUgd

23/04/2020 21:16:33 WIB
Expand pic
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

"Kenapa harus karbohidra kompleks sih" Karena karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat memberikan energi maksimal dan membuat kita merasa kenyang lebih lama "Ah, tapi ga biasa aku" Jawab: jangan banyak alasan kau wkwk

23/04/2020 21:18:15 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Contoh2 makanan karbo kompleks bisa dicari sendiri di google 3. Tentukan dan siapkan apa yg akan kamu makan dan konsumsi untuk sahur sebelum tidur. Rasionalnya, agar kita tidak menghabiskan waktu lama menyiapkan makan sahur. Waktu sisa bs kita gunakan utk memperpanjang istirahat

23/04/2020 21:19:54 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

4. Tentukan kapan kamu harus bangun untuk sahur. Karena sunnahnya adalah "akhirkan sahur", kamu bisa sahur ketika menjelang adzan subuh. 5. Setelah menentukan waktu bangun, set waktu tidurmu +- 5-6 jam. Mempertahankan istirahat dan tidur selama puasa penting utk menjaga stamina

23/04/2020 21:21:26 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Misal nih, lu mau bangun sahur jam 4 pagi (karena adzan jam 4.30 WIB), berarti setidaknya lu harus mulai tidur jam 10 malam. Nggak susah kan? 6. Pertahankan aktivitas selama pagi-sore. Energi dihasilkan melalui proses pembakaran yang melibatkan oksigen dan glukosa.

23/04/2020 21:23:55 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Jika tdk ada aktivitas, bagaimana energi dpt dihasilkan? So, rebahan tidak memberikanmu efek2 apapun utk menghemat energi. Yang ada, justru kamu akan semakin lemes dan lemes hingga menjelang waktu buka Tidak perlu berolahraga berat, seperti gym atau lari.

23/04/2020 21:26:32 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Cukup berjalan, peregangan, yoga, dsb. Intinya beraktivitas seperti biasa, tidak perlu ada pengurangan yg berlebihan Ingat! Aktivitas fisik termasuk salah satu dari empat hal yg dapat meningkatkan imunmu selain, makan, istirahat/tidur, dan kelola stres

23/04/2020 21:26:37 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

7. Minum segelas air sebelum makan sahur, setengah hingga satu gelas selama sahur, dan satu hingga dua gelas setelah sahur Tidak perlu minum terlalu banyak. Tubuh punya batas tampung seberapa banyak dia bisa menahan air di dalam tubuhmu.

23/04/2020 21:30:46 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Kalau kebanyakan, elektrolit tubuh bakal larut, dan kamu bisa cepet capek 8. Perhatikan cuaca dan lingkungan di sekitarmu. Hindari area2 yang dapat meningkatkan penguapan utk mencegah dehidrasi

23/04/2020 21:32:19 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

DONT'S 1. Minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan soda selama sahur. Minum2an ini mengandung efek diuretik yang dapat membuat kamu sering pipis sehingga menjadikanmu dehidrasi. udah ga usah nawar 2. Hindari makan2an asin/yg diawetkan 3. Hindari makanan berminyak dan berlemak

23/04/2020 21:35:54 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

4. Jgn sampai gk sahur ye alarm dipasang semua jam 03.30, 30.40, 03.50, 30.55, 04.05 gitu biar bangun. Jadi, jgn sampai melewatkan sahur 5. Hindari makanan berlemak dn bergula (terlalu manis) karena bisa bikin cepet lemes dan lelah 6. Makanan dg kadar garam tinggi dpt memicu haus

23/04/2020 21:41:41 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

Jika terbiasa minum teh/kopi ketika sahur, gimana cara gantinya? kamu bisa ganti dengan minum jus buah, susu, atau air manis hangat. Jangan ganti dengan sirup Kamu masih bisa minum teh dan kopi ketika berbuka nanti

23/04/2020 21:43:07 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

DO selama berbuka 1. Segerakan berbuka dengan segelas air dan 3 buah kurma. Kurma jangan diasosiasikan dengan makanan bergula loh ya. beda. Setelah itu sholat maghrib dulu. Jangan kebalik Jangan sampai makan sampe kenyang baru solat maghrib, bisa memicu refluks asam lambung

23/04/2020 21:46:08 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

2. Hindari untuk mengonsumsi terlalu banyak yg manis2 selama berbuka, terutama pemanis buatan. Kamu bisa menggantinya dengan air es yang diisi dengan buah2an utk mendapatkan kesegaran yg hqq 3. Batasi konsumsi makanan berlemak, digoreng, instan selama berbuka

23/04/2020 21:50:30 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

4. Makanlah dengan tenang, porsi cukup, nutrisi seimbang, dan mood yang baik. Jangan terlalu banyak makan, nanti kadar gulanya kaget. Kalau dibiasakan kaya gini bisa gangguan keseimbangan kadar gula darah. Toh kamu masih bisa nyemil nanti setelah isya atau teraweh

23/04/2020 21:50:35 WIB
Ns. Rizal do🔥↺ @afrkml

5. REHIDRASI nah pada saat2 inilah kamu harus banyak2 minum. Perbanyak konsumsi air putih dan buah di sela2 antara buka dan sahur. Tujuannya utk rehidrasi. Jangan dimasukin semua airnya saat buka, tapi perlahan lakukan setelah buka hingga menjelang tidur

23/04/2020 21:51:44 WIB
Load Remaining (10)

Comment

No comments yet. Write yours!