Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat daun sirih untuk wajah sangat penting untuk diketahui supaya dapat menjadi alternatif perawatan wajah yang aman untuk jangka panjang.
0
Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Daun sirih memiliki jenis yang beragam tetapi memiliki kandungan kimia yang sama, antara lain sirih hijau, sirih kuning, sirih merah, dan sirih hitam. Semua jenis sirih memiliki kemampuan ajaib dalam merawat kecantikan kulit wajah selain ampuh mengobati beberapa penyakit, misalnya mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap, melancarkan menstruasi, dan sebagai pembersih daerah kewanitaan.

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih, antara lain:

-Flavonoid
-Senyawa aktif tanin
-Minyak astsiri
-Senyawa kuat Saponin
-Zat Fenil propoda
-Zat terpenana
-Zat hidroksikaficol
-Senyawa karvokrol
-Senyawa Allylprokatekol
-Zat P-Cymene
-Zat Cineole dan Coryofelen

Semua senyawa yang ada di dalamnya bertindak sebagai antioksidan, antikanker, antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi yang alami tetapi ampuh dalam mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan kulit wajah termasuk memblokir aktivitas sel kanker yang menyerang kulit.

Keutamaan Daun Sirih

1.Tidak mempunyai efek samping. Pemakaian daun sirih untuk perawatan dan pengobatan pada kulit wajah relatif aman untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan semua senyawa yang ada di dalamnya bersifat menenangkan aliran darah di sekitar wajah, bersifat alami, bertindak sebagai antiinflamasi yang aktif, dan antibiotik yang kuat serta tidak merusak jaringan kulit di bagian terdalam sekalipun.

2.Dapat digunakan sebagai perawatan wajah di luar dan dalam tubuh. Ketika seseorang melakukan perawatan kulit wajah dari luar dengan menggunakan daun sirih maka disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun sirih yang telah ditambahkan gula aren dan air jeruk nipis yang bermanfaat untuk perawatan kulit wajah dari dalam sehingga mempercepat proses penyembuhan peradangan, pembengkakan, jerawat, ruam, dan gatal pada wajah. Selain itu, mencegah timbulnya sel kanker pada kulit wajah akibat sering terpapar sinar ultraviolet setiap hari.

3.Memiliki banyak manfaat selain untuk perawatan wajah. Rebusan daun sirih tidak hanya akan merawat kecantikan wajah dari dalam melainkan dapat mencegah dan mengobati penyakit lain yang berhubungan dengan bau badan yang tak sedap, melancarkan menstruasi, mengharumkan daerah kewanitaan, dan lain lain. Sebagai contoh, rajin mengkonsumsi rebusan daun sirih setidaknya seminggu 3 kali dapat menjaga kesegaran wajah dan mempertahankan kebersihan wajah dari serangan bakteri penyebab jerawat, komedo, dan bisul kecil yang sangat gatal.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk wajah, pada kecantikan dan kesehatannya :

1.Menyembuhkan jerawat yang meradang dan jerawat batu

Senyawa antiinflamasi dalam daun sirih membantu meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan atau jerawat batu yang terasa nyeri jika disentuh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghaluskan daun sirih lalu balurkan perlahan pada wajah yang sedang meradang. Lakukan cara ini setiap hari pagi dan sore hari agar mempercepat penyembuhan.

2. Mengecilkan pori-pori wajah

Senyawa antiseptiknya dapat mengecilkan pori-pori kulit yang melebar akibat pemakaian make up setiap hari. Caranya dengan mengoleskan daun sirih yang telah dihaluskan sebelum berangkat tidur malam dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu, beristirahat dengan wajah yang terbebas dari pemakaian krim malam apapun.

3. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat

Semua senyawa yang ada pada daun sirih memiliki kemampuan untuk memudarkan warna kulit yang tidak rata akibat paparan sinar ultraviolet, akibat jerawat, atau karena pemakaian kosmetik. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengambil daun sirih yang sebelumnya dihaluskan dan ditambahkan air jeruk nipis lalu diperas airnya. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selam 20 menit. Lakukan sesering mungkin sampai flek hitam menghilang secara alami.

4. Mengobati gatal pada kulit wajah

Rebusan air sirih yang telah didinginkan selama satu hari sangat bermanfaat untuk membasuh muka dipagi hari, diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Cara ini dapat meredakan dan menyembuhkan ruam dan gatal pada wajah.

5. Mengeringkan luka pada wajah

Bagi seseorang yang mempunyai luka akibat memencet jerawat yang sembarangan, akibat tergores, terhantam, dan sebagainya dapat dihilangkan dengan menggunakan daun sirih. Cara ini dapat dilakukan dengan membalurkan daun sirih yang telah dihaluskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit agar senyawa antiinflamasi dan antibiotik yang kuat mampu meresap dan mempercepat proses pengeringan luka.

6. Pengangkat kotoran dan debu di wajah

Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!