Sekilas Tentang PT Amartha Mikro Fintek, Perusahaan Milik Stafsus Jokowi, Andi Taufan Garuda Putra yang Jadi Sorotan Terkait Kerjasamanya Dalam Menangani COVID-19

Staf Khusus Presiden Jokowi Andi Taufan Garuda Putra mengirimkan surat kepada camat di beberapa daerah terkait kerja sama dengan perusahaannya sendiri, PT Amartha Mikro Fintek, untuk menjadi relawan COVID-19.
0

Sebuah surat dari Sekretariat Kabinet beredar ditujukan kepada camat seluruh Indonesia. Isinya, kerja sama sebagai relawan desa lawan COVID-19.

Surat yang juga beredar di Twitter itu memicu kritikan. Selain soal conflict of interest Andi sebagai CEO PT Amartha, juga karena jalur birokrasi yang dipotong.

Story Kejanggalan-kejanggalan yang Disoroti Netizen Dari Surat Stafsus Presiden Jokowi, Andi T.. Surat berkop Setkab yang bertanda tangan Stafsus Andi Taufan menyita perhatian publik 1046 pv
Iwan Sumule @IwanSumule

Ada lagi yang beginian. Yang bener saja, mosok ada surat dari Istana langsung ke kecamatan....hahaha 😂🙈 Hancur tatanan administrasi kenegaraan. Iya gak sih? 🙈🙈 pic.twitter.com/jzjuwpZ9QD

13/04/2020 22:08:38 WIB
Expand pic
OJO DUMEH !!! @mas_djono

@IwanSumule @DonAdam68 Hehhhhhhh gitu ya? Yg hebat itu prshn amartha, bisa mendapatkan dukungan langsung.

13/04/2020 22:59:22 WIB
Don Adam @DonAdam68

@mas_djono @IwanSumule Dan itu punya Andi Taufan sendiri. Pengedar sekaligus pemakai

13/04/2020 23:03:23 WIB
Rizki Rahmawan @rahmawaniZi

@IwanSumule Lah ini kan perusahaannya sendiri, enak yah bisa power abuse gini >> m.cnnindonesia.com/nasional/20200…

13/04/2020 22:23:23 WIB
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat itu @mana_buktinya

@leksa @BiLLYKHAERUDIN Bahasanya itu lho, "kami telah menerima komitmen dari PT Amartha..." Jadi "kami" adalah Andi Taufan, menerima komitmen dari PT Amarta yang dipimpin Andi Taufan. Mainnya kasar Bos hahahaha. pic.twitter.com/35lSdynCew

14/04/2020 08:21:59 WIB
Expand pic
gak butuh follower @tukanganalisa

@IwanSumule perusahaan micro finance, berubah jd penyuluh lapangan 🤣 pic.twitter.com/OqpEUvQnZp

14/04/2020 05:34:28 WIB
Expand pic
꧁kamisan feme꧂ @Iwan_ke2

@RadenSetyaki2 @DonAdam68 Pinjol yang bunganya hampir 50% dari total tagihan ,produknya tunaiku ,tunai kita sampai yang ilegal juga banyak ini 😂

13/04/2020 23:34:25 WIB
Nikholas Niko @Nicho_Silalahi

@DonAdam68 Gimana logikanya kalau RENTENIR ONLINE digunakan untuk sosialisasi kesehatan ? Aduh jangan - jangan mau giring masyarakat ngutang ini. Benar ga sih ? pic.twitter.com/mslctFS6bc

14/04/2020 00:17:24 WIB
Expand pic
Bandit Merah Putih @EnggalPMT

Jangan sampai ProJo ga kebagian, repot kalau mereka ampe ngambek. pic.twitter.com/1wx9zwVBNA

14/04/2020 02:19:51 WIB
Expand pic
Expand pic
A-Z @AndiniZ16817618

@EnggalPMT Ya ampun duit utang muter muter di mereka aja.tp yg byr kita semua

14/04/2020 04:32:52 WIB
M. Zakki Fitriyan, SH @ZakkiFitriyan

@Fenimaya2 @EnggalPMT bukan ngemis, malah indikasi penyalahgunaan wewenang, abuse of power, conflict of interest, yg ttd lah dia yg punya perusahaan, sejak kapan stafsus punya kewenangan ngalahin presiden. satu kata blunder terus menerus menandakan pengelolaan negara spt kelola warung berjamaah.

14/04/2020 06:23:01 WIB
Leksa @leksa

@msenaluphdika baca deh kalimat itu baik2.. Kami sudah berkomitmen kerjasama dengan Amartha. bayangin Andi Taufan salaman MoU dengan dirinya sendiri..

14/04/2020 09:06:41 WIB

Sekilas tentang PT. Amartha dari websitenya

Kami berdiri pada tahun 2010 sebagai microfinance yang bermisi menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemodal secara online.

Cerita kami berawal dari banyaknya pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha akibat keterbatasan jaminan, fluktuasi pendapatan, dan ketiadaan sejarah kredit. Namun, dengan teknologi yang tepat dan semangat gotong royong, kami percaya mereka dapat menjadi peminjam yang berkualitas. Di sisi lain, berinvestasi dalam usaha mikro terbukti menciptakan dampak sosial.

Kami percaya kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi, dan mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

Leadership

Amartha dipimpin oleh tim yang sangat bersemangat untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih inklusif.

Andi Taufan Garuda Putra

Founder & CEO

Taufan mendirikan Amartha pada tahun 2010. Taufan telah menerima beragam penghargaan, di antaranya: Entrepreneur of the Year Finalist, EY; Satu Indonesia Award, Astra; Laureate Global Fellow, International Youth Foundation; Ganesha Innovation Champion Awards, Alumni ITB. Taufan memperoleh gelar MPA dari Harvard Kennedy School dan Sarjana Bisnis dari Institut Teknologi Bandung.

Panggong Aceh @PANGGONGACEH

@DonAdam68 Andi Taufan Garuda Putra Founder & CEO Taufan mendirikan Amartha pada tahun 2010. amartha.com/id_ID/tentangk…

14/04/2020 00:40:39 WIB

PT Amarta Mikro Fintek (Amartha) telah resmi mengantongi izin usaha sebagai Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin bernomor KEP-46/D.05/2019 berlaku secara permanen, tanpa batas waktu berakhir.

“Pemberian lisensi (tanda izin usaha) oleh OJK ini menjadi bukti bahwa Amartha benar-benar serius dalam memberdayakan ekonomi piramida bawah, dan bergerak sesuai dengan aturan main yang ditetapkan oleh OJK” ujar CEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, dalam siaran pers yang diterima MoneySmart.id, Kamis, (16/5).

Bicara soal fintech P2P lending yang memfokuskan pinjaman ultra mikro ini, sebelumnya kita sudah membahas seputar manfaat apa yang bisa kamu dapat jika berinvestasi di situs P2P lending ini.

Namun kali ini, kira-kira apa saja sih yang mesti diperhatikan dan seberapa nguntungin pinjaman dari Amartha yang emang dibuat khusus buat ibu-ibu di pedesaaan? Gimana kalau kita simak saja ulasannya di bawah sini.

1. Plafon pinjaman mulai dari Rp 3 juta dan cicilan dibayar mingguan

Bicara soal berapa plafon pinjaman yang bisa diberikan PT Amarta Mikro Fintek kepada para ibu-ibu pengusaha di desa, plafonnya mulai dari Rp 3 jutaan. Buat tenor pinjamannya sangat meringankan nih bagi yang meminjam yakni sekitar 12 bulan.

Gak usah khawatir, pinjaman dana online yang satu ini memang sanggup menjangkau wilayah pedesaan yang gak dilalui akses bank. Pengembalian uangnya pun sifatnya terjangkau.

Dan buat mengajukan pinjaman ini, kamu hanya perlu membentuk kelompok 15-20 orang terlebih dengan orang yang punya domisili tempat tinggal berdekatan denganmu. Setelah itu pihak Amartha akan menindak lanjuti prosesnya. Kurang lebih mirip dengan Kredit Ultra Mikro milik Pemerintah RI.

2. Ada pelatihan

Amartha Mikro Fintek memiliki tim yang kerjanya blusukan ke desa-desa buat menyalurkan pinjaman ultra mikro ini. Selain itu, perusahaan Fintech ini juga aktif dalam menggelar training wirausaha buat mitra-mitranya.

Setiap minggu selama masa pinjaman, peminjam akan diwajibkan buat mengikuti pertemuan kelompok yang difasilitasi oleh tim lapangan. Materi yang disampaikan terkait dengan pengelolaan keuangan, kedisiplinan serta bagaimana memajukan usaha mereka.

Sesuai dengan judulnya yaitu pendanaan ultra mikro. Gak semua peminjam tentunya paham soal manajemen keuangan dan bisnis yang baik.Oleh karena itu, jika memang kamu berniat buat mengajukan pinjaman ini, Amartha jelas bakal mendukungnya dengan memberikan pendampingan.

3. Ada program sosial bagi para mitra

Selain pelatihan manajemen finansial dan wirausaha, Amartha juga cukup rajin nih dalam hal menggelar program sosial bagi para mitra atau nasabahnya. Hal ini dilakukan merupakan salah satu bentuk kekeluargaan dari Amartha.

Sebut saja mereka pernah menggelar program pembagian kacamata. Tujuannya adalah buat meningkatkan produktivitas para mitra kerjanya.

Masalah penglihatan terutama rabun dekat emang umum ditemui terutama pada mereka yang memasuki usia 40 tahun. Hal ini sering kali membuat masyarakat enggan buat mengantisipasi permasalahan ini dan menganggapnya sebagai hal wajar, apalagi mitra Amartha juga sulit mendapat akses pengobatan dan gak sedikit juga yang sudah pasrah sama masalah ini.

4. Jika skor kredit baik diperbolehkan buat mengajukan pinjaman yang bersifat konsumtif

Bukan cuma pinjaman bisnis yang sejatinya bisa diajukan ke Amartha, pinjaman untuk konsumtif seperti biaya renovasi dan pendidikan juga bisa. Hal ini sangat memudahkan nih bagi kamu yang berencana merenovasi rumah.

Tapi, gak semua mitra bisa mengajukan pinjaman itu lho ya. Setidaknya, Amartha cuma menyetujui pinjaman konsumtif bagi para mitra yang udah meminjam dana setidaknya dalam waktu setahun dan memiliki catatan riwayat kredit lancar.

Jika belum pernah meminjam sama sekali, tentunya mereka belum bisa menikmati fasilitas ini.

Itulah empat hal yang harus kamu ketahui sebelum mengajukan pinjaman ke PT Amartha Mikro Fintek. Cukup menguntungkan ya buat kamu yang pengin melakukan pinjaman atau buat ibu-ibu di pedesaan.

Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!