"Disaat Temen2 Sibuk Daftar Kuliah & Test di Kampus Bergengsi, Gue Cuma Bisa Ikutan Seneng Lihatnya" Kisah Perjuangan Biayai Kuliah Sendiri Dari Hasil Kerja Serabutan Hingga Bisa Lulus

Kisah inspiratif dari @_biolahitam
1
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Ini foto waktu gue resmi jadi sarjana, pergi ke tempat wisuda naik motor berdua sama nyokap karena gapunya uang untuk sewa mobil atau bayar grab car. Motoran di bawah terik matahari dengan jarak sekitar 25 km lumayan bikin kita berdua keringetan dan dekil ya ma. pic.twitter.com/je2G8IlSnn

12/04/2020 18:53:05 WIB
Expand pic
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Gue kuliah lumayan lama ya 6 tahun, ini lama banget sih. Iya karena banyak cuti nya, btw gue kuliah bayar sendiri dari hasil kerja serabutan, jual beli motor, jualan helm dan barang-barang motor.

12/04/2020 18:56:09 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Tadinya kehidupan keluarga sederhana gue berjalan dengan cukup normal, bahkan abang gue masih bisa kuliah di UI sampe lulus. Nah tapi saat gue lulus SMA Bokap dan Nyokap pisah dan gue gabisa melakukan apa-apa.

12/04/2020 19:01:33 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Disaat semua temen-temen sibuk daftar kuliah dan ikut test di kampus kampus bergengsi, gue cuma bisa ikutan seneng aja liat mereka bahagia. Karena keadaan financial keluarga memburuk dan gue harus tau diri untuk ngga minta daftar kuliah.

12/04/2020 19:06:10 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Akhirnya gue memutuskan untuk cari kerja buat bantu-bantu keluarga. Alhamdulillah waktu itu dapet kerjaan jadi sales di tempat mainan anak-anak. Kerja seminggu cuma bisa libur sehari dan itu boleh liburnya di hari biasa, kalo weekend gaboleh libur.

12/04/2020 19:10:02 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Gapernah kepikiran untuk main atau nongkrong, karena kalo pada ngomongin kuliah suka sedih aja. Hehehe Pokoknya umur 18 tahun gue penuh dengan cerita dan pengalaman berharga deh. Saat itu cuma bisa bersyukur sama Allah dikasih nikmat sehat dan kekuatan yang luar biasa.

12/04/2020 19:14:18 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Gue kerja selama kurang lebih 2 tahun jadi sales mainan anak-anak. Malu? Engga sama sekali 😊 Karena memang punya cita-cita untuk kuliah, akhirnya gue coba nabung untuk bayar uang pangkal dan cari-cari referensi kampus yang terjangkau semesteran nya.

12/04/2020 19:19:47 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Akhirnya tekad udah bulat untuk daftar kuliah dan langsung resign dari kerjaan karena ambil kuliah yang reguler bukan kelas karyawan. Tadinya ya takut ngga bisa bayar kuliah, tapi ngga tau kenapa ya nekat aja pengen kuliah.

12/04/2020 19:24:14 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Setelah resmi ngga punya kerjaan alias pengangguran tapi gue udah sah jadi mahasiswa. Berbekal pengetahuan di bidang otomotif karena memang punya hobi disana dan suka main ke bengkel, mulai coba deh jualin barang-barang motor di facebook buat nyari uang kuliah.

12/04/2020 19:37:00 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Awal jualan lumayan ada harapan buat terus kuliah tapi lama-lama semakin sedikit yang beli dan sampe akhirnya kehabisan modal. Gue bener-bener gapunya uang sama sekali dan ngga mampu bayar kuliah. Saat itu cuma bisa pasrah aja kalo harus di DO.

12/04/2020 19:43:12 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Memang Allah maha baik, di saat putus asa dan ngga tau lagi harus ngapain untuk dapetin uang kuliah, seorang teman memberikan info ada sebuah yayasan yang menawarkan beasiswa Pasti akan gue ingat selalu nama yayasan ini karena sudah memberikan harapan di hidup gue

12/04/2020 20:09:42 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Gue mulai cari tau dan coba daftar untuk bisa dapetin beasiswanya. Persyaratannya IPK minimal 3.25 kalo ngga salah waktu itu dan gue memenuhi syarat. Setelah interview dan semua persyaratan terpenuhi gue dijanjikan mendapat beasiswa sampai lulus dan wisuda. Terimakasih Ya Allah

12/04/2020 20:12:44 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Alhamdulillah bisa kembali melanjutkan kuliah dan hanya perlu cari uang untuk makan sehari-hari, akhirnya mulai jualan kecil-kecilan lagi. Tapi bukan hidup namanya kalo ngga ada rintangan. Sampai akhirnya kabar kurang baik datang ☺

12/04/2020 20:15:10 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Pihak yayasan yang sudah bantu kuliah gue dari semester 2 sampai semester 5 mengirimkan pesan bahwa tidak lagi membayarkan uang kuliah di semester berikutnya karena pihak donatur sedang tidak bisa berdonasi. Semoga kebaikan para donatur selama ini di balas oleh Allah SWT

12/04/2020 20:20:18 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Disini cuma bisa berdoa sama Gusti Allah minta jalan keluar, bagaimana caranya agar aku bisa tetap kuat Ya Allah. Mau menyerah pastinya udah ngga bisa, masa iya udah jalan ke semester 6 harus berhenti? Jadi seorang laki-laki harus kuat!

12/04/2020 20:28:01 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Lagi-lagi bermodalkan hobi dan pengetahuan di bidang otomotif gue coba buka bengkel kecil-kecilan di rumah. SMA nya IPS, Kuliah jurusan Manajemen tapi buka bengkel. GA NYAMBUNG? BANGET!

12/04/2020 20:31:16 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Pelanggan bengkelnya ada? Pastinya temen-temen deket yang tau keadaan gue mulai kasih kepercayaan buat gue pegang motor-motor mereka. Kalo inget moment ini sedih banget ngerasain capeknya. Alhamdulillah Ya Allah

12/04/2020 20:35:30 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Pemasukan dari bengkel kecil-kecilan pastinya juga ngga akan cukup untuk bayar kuliah dan makan sehari-hari. Gue tetep jualan dan kerja jadi kuli event, sales atau makelar jual beli motor. Pokoknya yang penting halal dan ada uangnya gue kerjain.

12/04/2020 20:51:32 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Di fase ini sering banget ngga masuk kuliah dan akhirnya memilih cuti karena memang waktunya tidak memungkinkan untuk di bagi. Gue memilih kerja sana sini cari uang dulu untuk nabung bayar kuliah. Dalam keadaan apapun cuma bisa bilang Alhamdulillah

12/04/2020 21:04:17 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Cari uang di dunia otomotif punya banyak temen baru dan pastinya juga membuka pintu rezeki. Gue banyak mengenal orang-orang baik yang selalu membantu dan memberikan ilmu bermanfaat dan pastinya juga pelajaran hidup yang berharga.

12/04/2020 21:09:36 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Terimakasih yang sebesar-besarnya untuk: Allah SWT Dan juga Keluarga GD 714 Om Bingky Om Yudi Mas Rudy Amad Dan semuanya yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. Orang-orang yang selalu gue jadikan panutan dan kebaikan nya tidak akan pernah gue lupakan sampai kapanpun.

12/04/2020 21:13:28 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Sampai akhirnya gue bisa menyelesaikan skripsi dan sidang. Seneng bukan main walaupun harus kuliah 6 tahun. Terimakasih untuk Winda Novianty yang selalu mendukung di fase ini sampai akhirnya bisa menjadi seorang sarjana.

12/04/2020 21:18:44 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Bahagia banget waktu dapet jadwal wisuda, tetapi harus bingung juga cari uang kemana lagi untuk bayar wisuda dan tunggakan administrasi yang harus di selesaikan. Akhirnya gue mengorbankan motor yang mau ngga mau harus di jual karena memang ngga ada jalan lain.

12/04/2020 21:23:44 WIB
Anindya Mirza Puntadewa @anindya_mrz

Sampai di hari wisuda karena gapunya uang dan cuma ada beberapa puluh ribu untuk beli bensin dan bayar parkir aja akhirnya sepakat sama Mama kita berdua motoran aja. Gapapa jauh, gapapa panas, gapapa make up mama luntur. Yang penting bisa ikut wisuda ya.

12/04/2020 21:27:38 WIB
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!