Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.
Created on App

Dampak Pendemik Korona 'Infeksi' Kebijakan Menterei Keuangan, Gaji ke 13 PNS Akan Dihapus

rencana yang bikin ketar ketir PNS
0

Pemerintah hingga saat ini masih mempertimbangkan pencairan THRmaupun gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) di tengah pandemi virus corona.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pertimbangan tersebut lantaran pendapatan negara yang diperkirakan menurun di tahun ini. Sementara itu, pemerintah mengguyur berbagai insentif untuk mempercepat penanganan virus corona dan menyebabkan defisit APBN 2020 diperkirakan bengkak hingga 5,07 persen.

"Kami bersama Presiden Joko Widodo meminta kajian untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 apakah perlu dipertimbangkan lagi, mengingat beban negara yang meningkat," ujar Sri Mulyani dalam video conference bersama Komisi XI DPR RI, Senin (5/4).

Meski demikian, Sri Mulyani tak menjelaskan lebih lanjut, apakah THR dan gaji ke-13 bagi abdi negara itu akan dipangkas atau ditunda pembayarannya.

Dia hanya memaparkan, akibat pandemi virus corona ini pendapatan negara diperkirakan akan turun 10 persen dibandingkan realisasi tahun lalu.

Secara rinci, penerimaan pajak yang dikelola Ditjen Pajak akan turun 5,9 persen, sementara penerimaan bea cukai juga akan turun 2,2 persen di tahun ini.

Untuk penerimaan pajak, proyeksi penurunan tersebut juga disebabkan oleh penurunan pertumbuhan ekonom dan turunnya harga minyak global. Tak hanya itu, dalam menghadapi pandemi virus corona, pemerintah juga mengguyur insentif pajak bagi dunia usaha.

Sedangkan penerimaan bea dan cukai yang turun tersebut juga disebabkan oleh dampak stimulus pembebasan bea masuk untuk 19 industri.

"Penerimaan kita mengalami penurunan karena banyak sektor yang mengalami penurunan sangat dalam, sehingga outlooknya kita di APBN 2020 untuk penerimaan negara bukannya tumbuh, namun kontraksi," jelasnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan belanja negara akan mengalami lonjakan Rp 102,9 triliun dari target APBN 2020 yang sebesar Rp 2.540,4 triliun.

Akibatnya, defisit APBN 2020 yang ditargetkan sebesar 1,76 persen dari PDB atau sebesar Rp 307,2 triliun akan melebar menjadi Rp 853 triliun atau 5,07 persen dari PDB.

"Dengan outlook belanja melebihi APBN, defisit diperkirakan mencapai 5,07 persen dari PDB atau meningkat dari Rp 307 triliun jadi Rp 853 triliun," tambah Sri Mulyani.

kumparan @kumparan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pertimbangan tersebut lantaran pendapatan negara yang diperkirakan menurun di tahun ini. kumparan.com/kumparanbisnis…

06/04/2020 16:05:07 WIB
niko @nklshryw

@kumparan Kenapa diambil dari anggaran ibu kota baru. PNS udah hidupnya pas pasan, masih dipotong jg. Bleh

06/04/2020 16:10:24 WIB
Ndutndut @sikochengggg

@kumparan Wkwk gaji ayahku udah dipotong, terus terancam gak dapat gaji 13. Gapapa bu, keluarga saya terima kok. Yang penting semua sehat dan bisa survive di pandemi skrg ini🙏🙏🙏

06/04/2020 16:10:41 WIB
Ndutndut @sikochengggg

@nikolasHW @kumparan tiati bro, nanti ada yang nyerang komen "masih enak pns dapet gaji" wkwkwk dan lain sebagainya.

06/04/2020 16:11:28 WIB
Tuyul Kampung @Tuyul_Kampung

@sikochengggg @nikolasHW @kumparan Mamahku sedang sakit strooke skrng, masuk RS dapet 2 minggu dan belum pulih karena memang BPJS ga nanggung fisiotherapy mungkin yah... Pengeluaran besar tiap hari di popok orang tua, makanan, sama therapy alternatif apukuntur.. Tadinya mau nambah2 buat terapi tapi kayaknya sirna

06/04/2020 16:15:49 WIB
Brunowicaksono @Brunowicaksono

@nikolasHW @kumparan Betul sih PNS "hidup pas pasan"... pas beli mobil ada uangnya pas beli rumah ada uangnya pada jalan2 ada uangnya ...

06/04/2020 16:17:21 WIB
alwi chaniago @lwicanigo

@kumparan Kalau tidak becus mengatur keuangan negara, lebih baik anda mundur Bu!

06/04/2020 16:51:53 WIB
Dill ~ @moroshibu

@kumparan Betewe Gaji wakil rakyat, pejabat ga dipotong juga buuu ? Mereka dapetnya gede lohh, hehe !

06/04/2020 17:01:50 WIB
Sayap Jibril @_adityaiskandar

@kumparan Sekalian gaji Menteri, DPR, Presiden, Wapres, Staf Milenial, Gubernur, Walikota, DPRD, Dirut BUMN hapuskan dong. PNS itu ada yg golongan bawah juga.

06/04/2020 17:56:40 WIB
💜A⁷ik_💜 @atik_rachma

@Brunowicaksono @nikolasHW @kumparan Mas.. Masih banyak PNS golongan 2... Gaji kotor 2 jutaan sebulan ..kotor lo ya... Bersihnya banyak yg itungan cuma ratusan ribu.. Sebulan

06/04/2020 18:06:17 WIB
💜A⁷ik_💜 @atik_rachma

@Brunowicaksono @nikolasHW @kumparan Gaji 13 itu biasanya diharapkan buat bayar kebutuhan sekolah anak.. Ada yg buat cari sekolahan..

06/04/2020 18:25:28 WIB
Katik Intan 2 @usmans90941888

@Brunowicaksono @nikolasHW @kumparan Jangan samaratakan PNS, banyak yang tidak ada jabatan yg gajinya pas²an.

06/04/2020 19:13:57 WIB
Keiby @_EYuka

@lwicanigo @kumparan Dia sendiri aja ga becus urus keuangannya sendiri 🤣🤣🤣

06/04/2020 21:51:28 WIB
Red Shimmer @ShimmerRed

@Brunowicaksono @nikolasHW @kumparan Mungkin yg di maksud si mas nya PNS eselon I dan II x yaa 😌

06/04/2020 22:20:18 WIB
pu yang @twpuyang

@lwicanigo @kumparan Tdk ada kata mundur walaupun neraka ancamannya.

06/04/2020 22:31:35 WIB
viarach @nvrchmn

@Brunowicaksono @nikolasHW @kumparan Maaf mas PNS golongannya banyak, ya maybe sebagian begitu.. tp jgn lupa ada golongan 3 kebawah. Mas tahukah dgn detail brp pemasukan pengabdi yg berpuluh tahun dan stuck hny sampai gol 3? Kl uangnya pas utk memberi makan anak, menyekolahkan anak, menguliahkan anak?!

06/04/2020 22:36:22 WIB
syaaa @Gateliraimucok

@lwicanigo @kumparan Wanjir orang pinter kaya Bu Sri diginiin😂

06/04/2020 23:02:59 WIB
Icha Chantiq @BadmintonSpins

@lwicanigo @kumparan Tolong jangan potong gaji BPIP yg 120 juta per bulan dan gaji staff khusus milenial yg 51 juta per bulan.

06/04/2020 23:13:44 WIB
Icha Chantiq @BadmintonSpins

@_adityaiskandar @kumparan Tolong jangan potong gaji BPIP yg 120 juta per bulan dan gaji staff khusus milenial yg 51 juta per bulan.

06/04/2020 23:14:04 WIB
Icha Chantiq @BadmintonSpins

@nikolasHW @kumparan Tolong jangan potong gaji BPIP yg 120 juta per bulan dan gaji staff khusus milenial yg 51 juta per bulan.

06/04/2020 23:14:12 WIB
Load Remaining (10)

Comment

No comments yet. Write yours!