Resep Membuat Cemilan Cimol yang Murah Meriah dan Anti Meledak Ketika Digoreng

Thread by @gallerysambat
5
moy @galerisambat

Cara bikin cimol mudah dan anti meledak ketika digoreng A THREAD pic.twitter.com/QjDZ6pjZuw

05/04/2020 13:16:09 WIB
Expand pic
moy @galerisambat

Oke aku mulai thread nya ya. Ini kali pertama aku bikin thread jadi mon maap ya kalo bahasa nya berantakan. Resep ini pertama aku dapat dari internet dan aku olah lagi jadi resepku sendiri, karena ketika pertama aku bikin rasanya kurang enak, dan aku coba lagi sampai enak.

05/04/2020 13:30:10 WIB
moy @galerisambat

Yang pertama kalian harus siapin dulu bahan bahan nya. Aku pakai bahan dan takaran berikut : 1. Tepung kanji/ tapioka 9 sdm 2. Tepung terigu 1 sdm 3. Air putih 150 ml 4. 2 siung bawang di haluskan 5. Bubuk lada stngh sdt 6. Royco ayam stngh sdt 7. Garam stngh sdt pic.twitter.com/9VHCtpJW5s

05/04/2020 13:39:33 WIB
Expand pic
moy @galerisambat

Langkah langkah nya : 1. Bikin biang : caranya masukan air kedalam panci, tepung setengah sendok makan, dan bawang yang sudah dihaluskan. Di aduk dengan pelan pelan sampai mendidih dan mengental dengan api kecil. pic.twitter.com/Y7aKNJeYpD

05/04/2020 13:47:43 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
moy @galerisambat

2. Setelah mengental, matikan kompor dan masukan biang tersebut kedalam tepung (oiya tepung terigu nya sudah dicampur dengan tepung kanji/tapioka nya ya). Kemudian aduk aduk sampai merata, dan masukkan garam, royco, bubuk lada, dan aduk aduk kembali. pic.twitter.com/X104f6aGsf

05/04/2020 13:52:30 WIB
Expand pic
Expand pic
moy @galerisambat

3. Setelah di aduk aduk sampai rata, sekiranya sudah cukup untuk di uleni dengan tangan sampai kalis, adonan nya yang pas. Jangan lembek lembek, atau kering karena susah di bentuk pic.twitter.com/a10MrOMleD

05/04/2020 13:59:51 WIB
Expand pic
Expand pic
moy @galerisambat

Jika merasa adonan nya masih lembek atau basah tambahin tepung nya lagi dikit dikit, tapi jika merasa kering atau susah untuk di uleni, kasih air panas yg sudah mendidih sedikit sedikit sampe adonan pas. Adonan pas itu kalo kalian pegang seperti mainan anak anak “play doh”

05/04/2020 14:02:28 WIB
moy @galerisambat

4. Setelah adonan jadi, langsung deh di bikin bulat bulat, buat bentuk nya terserah kalian, kalo cari cepet bisa di bikin panjang dulu kaya ulet kemudian di potong potong. Sebelum di taruh ke loyang / beri, taburi dulu tepung agar bulatan cimol tidak saling menempel. pic.twitter.com/q1SxVTC9WJ

05/04/2020 14:06:11 WIB
Expand pic
Expand pic
moy @galerisambat

5. Tahap penggorengan : sebelum di goreng siapkan minyak yang cukup, dan jangan nyalakan kompornya dulu. Masukan bulatan cimol ke wajan (usahain gorengnya setengah dulu ya biar ga nempel). Setelah di masukan bulatan cimol nya, baru deh nyalakan kompor dengan api kecil pic.twitter.com/bcDdwr9o6L

05/04/2020 14:09:13 WIB
Expand pic
Expand pic
moy @galerisambat

Saat di goreng, diamkan dahulu sampai minyaknya panas kemudian di aduk pelan pelan. Goreng hingga cimol nya mengeras. Gorengnya cuma sebentar kok. Kalo mau goreng lagi yang kloter kedua, matikan kompornya dulu, biarkan hingga minyaknya dingin dan lakukan seperti tahap prtama tadi pic.twitter.com/mojP5cdcn3

05/04/2020 14:14:32 WIB
moy @galerisambat

Udah deh jadii! Kalian bisa tinggal kasih bumbu perasa makanan. Kalo kalian pengen masak lebih banyak tinggal tambah tepungnya sampe 25 sdm dan bumbu bumbu nya 1 sdt, serta bawang 3 siung. pic.twitter.com/MsTSC4FNYr

05/04/2020 14:17:56 WIB
Expand pic
Expand pic
moy @galerisambat

Makasih yang udah mampir ke threadku!😘. Buat kalian yang mau coba resep ini jangan lupa ya pap in ke aku atau tag aku, kalo mau tanya tanya juga boleh kok. Kalian juga bisa share resep ini ke temen, keluarga, atau siapa aja biar banyak yang cobain. Jangan lupa bantu rt ya! Mksih

05/04/2020 14:24:11 WIB
happily sad girl @sadturnuss

@gallerysambat Dulu pernah bikin ini sm temen kosan, pas digoreng dummm mbeledos keras banget padahal cimolnya keciil, tapi ledakannya kaya mercon takbiran. Gaada yang berani matiin kompor/ngangkat cimolnya😂 dan dibiarin sampe gosongg, sampe2 cimolnya udah gak ada tenaga buat meledak lagi😂😂

05/04/2020 17:38:21 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!