Buktikan Sayangmu

Jangan pulang kampung dulu
0
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Jaman juga sudah canggih. Teman teman masih bisa melakukan video call bersama sama untuk menyapa seluruh anggota keluarga. Memang masyarakat Indonesia senang berkumpul, tapi untuk saat ini tolong ditunda. Kita lawan bersama sama #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:29:07 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

please #BuktikanSayangmu dengan menunda mudik. Orang dirumah akan paham sekali kondisi saat ini belum memungkinkan untuk pulang. Tungg wabah ini hilang dan pasti akan ada jalan berkumpul bersama keluarga. Kita harus kuat dan selalu kompak

04/04/2020 16:29:06 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Dalam skenario terburuk, kasus Covid-19 di Indonesia dapat meningkat hingga lima juta kasus pada akhir April 2020. Peneliti ekonomi kesehatan masyarakat Ascobat Gani memperkirakan Indonesia akan mengikuti Wuhan atau Italia. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:29:05 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Namun, jumlah kasus yg semakin tinggi berdampak pd bertambahnya beban fasilitas kesehatan. Ini yg menjadi kekhawatiran byk orang. Semakin byk pasien, rumah sakit akan kewalahan, begitu pula dengan tenaga medis. Efek buruknya, korban yg meninggal semakin banyak. #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/soaskrBL9l

04/04/2020 16:29:05 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Pergerakan masyarakat perlu dikontrol karena virus corona sangat mudah menginfeksi orang lain. Kalau sudah terinfeksi, peluang sembuhnya memang besar. Ikatan Dokter Indonesia sempat menyebut peluang sembuh virus ini mencapai 97%. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:29:02 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Singh bersikukuh mengumpulkan jemaatnya dan berkhotbah, tanpa menyadari dirinya dan 2 stafnya telah positif Covid-19. Dari sini jelas, potensi bisa datang dari mana saja tanpa diketahui dan keras kepala tak pernah berujung baik #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/LaQy5A8oAA

04/04/2020 16:29:01 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Sang guru, bernama Baldev Singh, tidak menghiraukan aturan karantina mandiri selama 14 hari karena baru pulang dari Italia dan Jerman. Dua negara itu memiliki angka kasus virus corona cukup tinggi di Eropa. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:58 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Di India juga ada lho. Di Punjab, melansir StraitTimes.com, ada 15 kampung yang terpaksa diisolasi sejak 18 Maret lalu. Pasalnya, sebanyak 15 ribu hingga 20 ribu penduduknya diduga tertular virus corona dari seorang guru agama. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:57 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

tadi aku udah ngasi contoh tentang Italia, bagaimana dengan Korsel? Wabah di sebuah kota bernama Daegu berawal dari satu orang yang menularkan Corona ke ratusan warga lainnya. Dari jumlah itu potensi virus menginfeksi lebih banyak orang sangat besar. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:56 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Kementerian Perhubungan telah merekomendasikan melarang mudik lebaran tahun ini. Pasalnya, pada 2019 kegiatan tahunan ini membuat setidaknya 44 juta orang berpindah kota. Bisa jadi dari Sabang sampai Merauke. Bagaimana kalau pergerakan begitu masiv? #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/frJriXP2WY

04/04/2020 16:28:55 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Di Jawa Barat, Gubernur Ridwal Kamil pun melarang warganya mudik ke kampung halaman. Larangan ini terlihat dalam akun Twitter resminya, Pak @ridwankamil menulis. “Barang siapa memaksa mudik, maka akan otomatis berstatus ODP,” cuitnya. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:52 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Presiden Joko Widodo menyebut dalam delapan hari terakhir sekitar 876 bus antarprovinsi sudah melayani para pemudik yang berjumlah 14 ribu orang. Bayangkan jika 1 org berpotensi menyebarkan ke 4 org lainnya #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/xFPKrROLzs

04/04/2020 16:28:51 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

di balik aksi migrasi massal tahunan seperti mudik atau liburan panjang justru membuka potensi bahaya lainnya. Para pemudik itu belum tentu 100% bersih dari virus itu. Mereka bisa saja menjadi carrier virus dan membuat wilayah pandemi corona semakin luas. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:48 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Pemerintah Pemerintah juga sudah sering mengingatkan melalui @kemkominfo dan bekerja sama dengan institusi pemerintah lainnya. Penyebaran virus ini adalah tanggung jawab bersama dan hanya dapat diselesaikan bersama sama. Untuk itu patuhi penanganannya #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:47 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Aku sih paham banget kalau semua orang rindu kampung halaman, tapi ingat pandemi virus corona dibawa oleh manusia. Oleh karena itu pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik berpotensi menambah penyebaran virus ini. Kita harus memahami ini bersama pic.twitter.com/FltFvjpdlK

04/04/2020 16:28:46 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Ini artinya bahwa masih ada persentuhan dan penularan yang masih aktif antar manusia. Itu artinya, masih banyak masyarakat yang menganggap remeh penularan virus ini. Kejadian di Italia bisa digunakan sebagai contoh nyata penularan antar wilayah #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/MPamOSUeu3

04/04/2020 16:28:43 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Larangan mudik dan masuknya WNA dari luar negeri menjadi upaya teranyar pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona. Kita bisa menunda mudik pada saat pandemi ini sudah reda. Kita bisa melihat angka pasien yang semakin tinggi hasil rilis @KemenkesRI #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:39 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Belum lagi himbauan lainnya seperti rajin untuk cuci tangan dan tak terlalu banyak diluar serta menghindari keramaian. Kalau mudik, apalagi lokasi kampung halamannya jauh, otomatis ini semua tidak bisa dilakukan. Masker langka apalagi handsanitizer #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/AETgHekGVO

04/04/2020 16:28:38 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Bayangkan juga, selama kita mudik, akan berada dalam satu kendaraan umum yang dipakai bersama sama. Virus ini menulamelalui droplets. Tahu dong salah satu pencegahannya adalah Physical distancing, padahal kalau dikendaraan umum duduknya dempet #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/LbHEBoECXI

04/04/2020 16:28:35 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Mari kita runut, saat mudik, artinya akan ada banyak orang yg berkumpul disatu tempat, entah distasiun, diterminal, dibandara atau dipelabuhan. Siapa yg tahu dirinya sudah terinfeksi oleh siapa? Virus ini tdk nampak & tak ada yang tahu karena ada masa inkubasi #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/62mfvzlrhm

04/04/2020 16:28:32 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Apalagi kalau sudah seperti ini, saat banyak pekerja yang work from home sehingga memilih untuk pulang ke kampung. Saya kepikiran bagaimana pekerja yang pulang dari daerah red zone ke kampung halaman. Saiapa yang tidak suka pulang kampung? bertemu keluarga. #BuktikanSayangmu pic.twitter.com/pi21gdtmcs

04/04/2020 16:28:29 WIB
Expand pic
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Coba bayangkan kalau orang tanpa gejala ini tidak melakukan perilaku hidup sehat seperti rajin mencuci tangan dan berganti pakaian. Virus ini akan lebih mudah menular kepadaorang lain yang daya tahan tubuhnya lemah. Duh amit amit! #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:25 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Orang Tanpa Gejala ini bisa siapa saja. "Lho kok dia ngga kena padahal sudah terpapar virus Corona?". Ya karena dia punya imunitas yang bagus dan virus tak menginfeksi tapi dia bisa membawa virus itu kemana mana. #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:25 WIB
IG @dodon_jerry @dodon_jerry

Sudah pada tahu dong beberapa jenis status orang yang pernah berinteraksi dengan virus corona, PDP, ODP dan yang terbaru adalah Orang tanpa Gejala. Walaupun tingkat kematian tidak tinggi tapi penyebarannya luar biasa cepat. Seperti zombie #BuktikanSayangmu

04/04/2020 16:28:24 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!