Perencanaan Biaya Pendidikan

Penting kah merencanakan biaya pendidikan?
LIFE education
0
Maya Siswadi @mayasiswadi
[Kuliah] "Bund, kakak mau masuk kedokteran" Deg.. saya langsung mules dengar permintaan si kakak. "Udah yakin kak?" "Iya, antara Kedokteran atau Pilot deh" *Ehhkk ini pilihannya bikin sesek semua
Maya Siswadi @mayasiswadi
"Kakak sudah yakin? Udah browsing-browsing tentang Kedokteran?" "Ya belum banget sih bund" "Lah, belum dapat info lengkap kog udah yakin?" "Iya, kakak pengen aja masuk kedokteran" Okay, harusnya sih saya senang dia udah punya pilihan ya
Maya Siswadi @mayasiswadi
Walau saya harusnya senang, tapi nyata justru galau. Huhuhu 😭 Kog? Ya, gimana nggak. Tahu sendiri dong biaya-biaya yang akan keluar jika mengambil salah satu pilihan itu?
Maya Siswadi @mayasiswadi
Sudah bukan rahasia umum kan kalau kuliah di kedokteran itu butuh dukungan dana yang kuat. Secara biaya untuk praktek dsb pastinya ga ada yang murah kan? Biaya perlengkapan, diktat, buku kuliah, alat-alat, dsb. Membayangkannya sukses bikin saya mules ga karuan
Maya Siswadi @mayasiswadi
Kalau pun si kakak milih Pilot pun ya sama aja. Adiknya suami kan Pilot, kami tahu betul bagaimana dulu perjuangan biayanya. Kalo dari ceritanya suami sih, orangtuanya sampai menggadaikan rumah untuk biaya sekolah pilotnya si adik πŸ˜‚
Maya Siswadi @mayasiswadi
So, dua pilihan si kakak ini sukses bikin saya mules πŸ˜‚. Mulesnya karena biaya -biaya itu sudah di depan mata. Kami ga tahu bagaimana nanti akan membiayai si kakak.
Maya Siswadi @mayasiswadi
Terus terang, kami ga punya persiapa biaya banyak buat kuliahnya si kakak. Yea, bisa dibilang kami tak memperhitungkan inflasi, dsb. Dulu mah ga kebayang kalo suatu saat kami akan mengeluarkan uang ratusan juta buat biaya kuliah
Maya Siswadi @mayasiswadi
Andai kami mau sedikit mendengarkan saran finansial planner untuk memasukkan asuransi sebagai bagian dari biaya yang harus kami alokasikan, pasti kami ga akan sepusing sekarang.
Maya Siswadi @mayasiswadi
Sekarang lah baru terasa benar perlunya mengalokasikan dana untuk asuransi pendidikan πŸ˜‚. Pasti kami ga akan pusing dan galau sekarang
Maya Siswadi @mayasiswadi
Padahal mah tawaran asuransi pendidikan bertebaran. Tapi selalu kami abaikan πŸ˜‚. Terasa sekali guys, biaya kuliah itu tak ada yang murah
Maya Siswadi @mayasiswadi
Buat teman yang masih muda-muda, jangan sampai seperti saya ya. Kalau kalian bisa dengan sangat bijak merencanakan keuangan, alokasikan lah dengan baik
Maya Siswadi @mayasiswadi
Biaya pendidikan sekolah anak itu salah satu biaya yang ga bisa diabaikan. Sama pentingnya dg perlindungan kesehatan dan jiwa. Kalau biaya pendidikan terjamin, Insya Allah masa depannya lebih terjamin kan?
Maya Siswadi @mayasiswadi
Buat yang masih mikir-mikir, jangan kelamaan. Buat mamah papah muda, semakin dini ikut, semakin murah preminya, so ga akan terlalu memberatkan. Bisa lah sengaja disisihkan kan? Daripada duit abis begitu aja buat jajan kopi *ehh
Maya Siswadi @mayasiswadi
Seandainya saya bisa putar waktu kembali, saya pasti udah ikut. Mumpung preminya masih murah saat itu πŸ˜‚
Maya Siswadi @mayasiswadi
Tapi ya sudah lah, nasi sudah jadi bubur. Mau ikut asuransi pendidikan sekarang juga rasanya ga mungkin kan ya? Etapi masih bisa kali ya? Tapi ya itu, preminya pasti mahal πŸ˜‚πŸ˜‚
Maya Siswadi @mayasiswadi
Semoga kalian ga seperti kami ya. Belajar lah dari kesalahan kami. Rencanakan lah keuangan sedini mungkin!

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.