Pemprov DKI Terjepit? Pro Kontra Lockdown Serta #KarantinaWilayah Antara Kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

Kebijakan ada di tangan Pusat
Video Viral India viral lockdown italia Covid19 viruscorona
0
David Wijaya @DavidWijaya82
Italia negeri ramah mulai terjadi penjarahan. India negeri para Dewa terjadi kontak fisik jutaan penduduk. Efek lockdown tidak terarah vs perut kaum menengah ke bawah. Percayalah Pmth Indonesia memberi yg terbaik utk Rakyat; Lockdown tidak semanis cangkeman Burjois & BuzzerOnta pic.twitter.com/r5t51R4deH
MBH_yogacampursari @HenGTG
@DavidWijaya82 Betul mas. Dan mereka koar2 karena ada modus bau amis
Rozi @rozi_amat
@DavidWijaya82 Yg minta lock down Kasih contoh lock down diri sendiri dulu Baru bacot....
David Wijaya @DavidWijaya82
@rozi_amat Malah ikut acara ceramah² agama, disuruh distancing social aja malah jawab... Jangan takut virus - kan taek 😂
Aqila @Pahruri2
@DavidWijaya82 ambil contohnya jangan yang buruk donk..

Jokowi tetapkan darurat sipil

Iwan Sumule @IwanSumule
Tak ada dasar Jokowi tetapkan "Darurat Sipil" berdasarkan Perppu No 23/1959. Kita tidak terancam dan bahaya karena: 1. Pemberontakan 2. Kerusuhan/huru-hara 3. Bencana Alam Covid-19 itu pandemi. Ngindar tanggung jawab dan tambah kekuasaan. Iya gak sih? 🙈 m.republika.co.id/berita/q7zxl53…

Presiden Joko Widodo (Jokowi), melalui rapat terbatas hari Senin (30/3), mulai memberlakukan kebijakan pembatasan sosial skala besar dan pendisiplinan penerapan penjarakan fisik demi mencegah penularan Covid-19 di Indonesia. Presiden pun menetapkan status darurat sipil sebagai landasan pemberlakuan dua kebijakan tersebut.

Status darurat sipil diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya. Dalam pasal 3 beleid tersebut disebutkan bahwa keadaan darurat sipil tetap ditangani oleh pejabat sipil yang ditetapkan presiden, dengan dibantu oleh TNI/Polri.

"Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing dilakukan lebih tegas, lebih disiplin, dan lebih efektif lagi. Sehingga, tadi sudah saya sampaikan bahwa perlu didampingi adanya kebijakan darurat sipil," kata Jokowi dalam rapat terbatas, Senin (30/3).

Presiden pun memerintahkan jajaran menterinya untuk segera menyiapkan aturan pelaksanaan di level provinsi, kabupaten, dan kota agar pembatasan sosial skala besar dan pendisiplinan penjarakan fisik bisa benar-benar diterapkan di lapangan. Jokowi pun meminta agar pemimpin daerah memiliki visi yang sama dengan pusat dalam penanganan dan pencegahan penyebaran penyakit Covid-19 ini.

"Dan saya ingatkan kebijakan kekarantinaan kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat, bukan pemda," kata Jokowi.

Presiden juga meminta seluruh apotek dan toko yang menjual kebutuhan pokok tetap buka dan melayani kebutuhan masyarakat. Syaratnya, seluruh protokol penjarakan fisik tetap harus dijalankan di seluruh tempat publik.

Zara @zarazettirazr
@IwanSumule darurat sipil mengingatkan pada sejarah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) 🙈
ujung barat @salam_jiwasraya
@zarazettirazr @IwanSumule Mengingatkan kami kembali pada tahun 2000 sampe 2005, darurat militer sampai darurat sipil
Abine Javaz @JavazAbu
@IwanSumule @rosinmunir Ntar klo kita semua udah dikumpulkan dipasang Masyar, gw aduin kelakuan lu semua yg udah bikin sengsara rakyat....
Lapak SYHALOME olshop @tandanVradio
Pakar2 lockdown ini selalu menekan PemPus. Malah membandingkan Indonesia dgn Malaysia.. yg luas wilayah nya Sekutil dn penduduk seUpil. Membayangkan apa yg sudah terjadi pd NEGARA 2 kecil yg sudah lockdown Saya bersyukur Pak JOKOWI tidak punya niat lockdown Apa maksud Mereka ? pic.twitter.com/T0p0qyayyZ
Expand pic
call me JHON @autobots5699
@tandanVradio Mksd nya timbul kericuhan dan dgn kericuhan itu mereka menggulingkan pemeritahan yg sah. Kudeta !!

Kata Anies soal penolakan karantina wilayah yang masih membolehkan bus dari dan ke Jakarta beroperasi

Uus Rusdiana CIAMIS @UusRsd
Sabar, pak Anies! حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ m.republika.co.id/berita/q80az23…
Load Remaining (10)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.