Dunia Manji Ngeluh Cicilan Jalan Terus Meski Tanpa Penghasilan krn Corona dan Akun Big Alpha Jelasin Kenapa Kredit Itu Penting

roda ekonomi harus berputar secara stabil supaya ekonomi personal dan negara bisa berjalan terus, tidak mengalami kebangkrutan
ekonomi LIFE finance viruscorona kredit
0
Big Alpha @BigAlphaID
Nanti kapan-kapan kita bahas kredit ya, dan kenapa itu penting untuk perekonomian.
Big Alpha @BigAlphaID
Jadi kenapa kredit itu penting? Simplenya, kredit memicu pertumbuhan ekonomi.
Big Alpha @BigAlphaID
Kredit memungkinan orang untuk mengkonsumsi barang/jasa yang dia butuhkan sekarang, dengan uang dari masa depan.
Big Alpha @BigAlphaID
Dengan meningkatnya kredit, akan memicu naiknya spending. Dan spending seseorang, akan menjadi income bagi orang lain. Misalnya kamu beli sepeda (spending), uang itu akan menjadi income bagi penjual sepeda.
Big Alpha @BigAlphaID
Kredit memungkinan ekonomi bertumbuh lebih cepat karena hal ini memungkinan siklus spending/income tadi akan kembali berulang berkali-kali lipat. Efek ini sering disebut 'multiplier effect'.
Big Alpha @BigAlphaID
Jadi, ketika semua orang membeli cash, ekonomi akan berjalan lebih lamban. Pengusaha nggak akan bangun pabrik, karena harus nabung dulu sampe modalnya cukup. Pabrik nggak dibangun, gak ada lowongan pekerjaan bagi pegawai.
Big Alpha @BigAlphaID
Pegawai tidak terima gaji, dan tidak akan ada jajan di warteg di belakang, pegawai warteg tidak akan jualan, dan anaknya nggak akan bisa beli mainan. Proses ini akan berulang kali terjadi yang menyebabkan adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat.
#diRumahAja 🏡🇲🇨 @icalrn
@BigAlphaID Konteksnya beda dong min. Bahasan bang Anji kan tentang keuangan personal, bukan korporasi.
Big Alpha @BigAlphaID
Mungkin, tapi siklusnya sama. Gunakan simulasi tadi kepada kendaraan bermotor atau perumahan. Prinsipnya sama saja. twitter.com/icalrn/status/…
Big Alpha @BigAlphaID
Ketika semua orang menabung cash untuk membeli kendaraan bermotor atau rumah, maka penjualan motor atau rumah akan lamban sekali. Karena semua orang akan menabung. Di situ lah peran bank sentral bermain.
Big Alpha @BigAlphaID
Suku bunga akan diturunkan sebagai insentif orang untuk mengambil kredit, karena kalau pun ditabung, bunga yang diterima tidak akan menarik.
Big Alpha @BigAlphaID
Serangkaian twit ini tidak ditujukan untuk membantah twit Mas @duniamanji karena konteks yang beliau sampaikan mungkin berbeda. Ini hanya berupa penjelasan kenapa kredit itu penting dan tidak bisa semua transaksi dilakukan cash.
Sam @kofietubrok
@mdnight_poison @BigAlphaID Justru kredit (apalagi KUR dg subsidi bunganya) sangat membantu bagi pelaku UKM. Jika mereka hrs nabung dulu untuk ngumpulin modal, di saat modal sudah terkumpul, momentumnya sudah wassalam.
Willy Februari @willy_februari
@BigAlphaID Kalo aku sih tetep pendapat sama mas anji secara pribadi, toh hutang buatku malahan bikin repot belum lagi kita kerja cuma buat bayar utang.. Mending enggak deh
Vincent Prathama Marbun @vincentprathama
@BigAlphaID @duniamanji berhutang itu boleh tapi dikelola secara prudent, gak ugal2an tanpa perhitungan yang bisa bikin jebol keuangan orang tua saya selalu bilang salah satu cara buat sukses adalah berhutang, karena dengan berhutang kita punya kewajiban untuk bayar setiap bulannya, gak habis gitu aja
Nuclear Reactor @denprama
@BigAlphaID @duniamanji jadi gaes kalo berani kredit ya kudu berani bayar biar ekonomi ga macet

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.