Tidak Perlu Menambah Kepanikan Hingga Terjadi Penjarahan Supermarket Seperti di Italia Karena Faktanya Indonesia Memiliki Kondisi Geografis dan Sejarah yg Berbeda

masalah di italia bisa jadi sebuah pelajaran
italia social kelaparan supermarket viruscorona
0
SpionMotor @sohibcorona
@IndraJPiliang intinya kl lockdown warga gak dikasih nafkah udah pasti kelaparan = penjarahan. Orang kl kelaparan apapun akan dilakukan drpd keluarganya mati kelaparan. kompas.com/global/read/20…
URL KOMPAS.com 36774 Jeritan Pelaku Penjarahan Supermarket di Tengah Lockdown Italia: Kami Butuh Makan Lockdown mencegah virus corona yang diterapkan Italia sudah membuat warganya gelisah karena tidak punya uang membeli makanan.
#SiJundai🕳️🌠🕊️ @IndraJPiliang
Blm tentu juga. Bgmn kalau lockdown dilakukan di tingkat desa? Ada 80.000 lbh desa. Sebanyak 30.000 desa msh berada di tengah hutan/kebun. Pusat bisa langsung komando, drpd lockdown di tingkat prov/kab/kota yg politis cc: @SitiNurbayaLHK @deddysitorus @melkilakalena1 twitter.com/nyinyir404/sta…
SpionMotor @sohibcorona
@IndraJPiliang @SitiNurbayaLHK @deddysitorus @melkilakalena1 kalo desa yg masih jauh dihutan sih gak perlu di lockdown. Lockdown saat ini hanya utk kota yg penularannya paling tinggi spt jabodetabek paling layak utk lockdown. kl daerah2 cukup karantina wilayah sj cegah orng masuk wilayahnya, aktivitas luar rumah msh bisa
#SiJundai🕳️🌠🕊️ @IndraJPiliang
Jakarta sdh 80% lockdown. Bisa jd sudah 90%. Tanpa perlu peribahasa karantina dll. Lha wong sy ada di zona merah. Tamu2 saja kudu disinfectan. Sdh bbrp kali disinfectan. Security nambah org, nambah jam. Pintu belakang, tutup, hanya 1 jalur. Pun rmh sy di Talib, sama. Sepi. twitter.com/nyinyir404/sta…
OJO DUMEH ! @mas_djono
@IndraJPiliang iyaaah sekali. sama. semua ointu masuk area dijaga satpam mandiri warga. ditanya ini itu dan disemprot.
#SiJundai🕳️🌠🕊️ @IndraJPiliang
Pascatragedi 98, Jakarta berubah menjadi gang2 yg dijagain portal2. Seluruh mata memandang curiga. Untung awak agak ganteng, kurus, selalu bawa buku. Jadi aman anterin nak gadis ke lorong2 itu :D :D twitter.com/mas_djono/stat…

Berdasarkan pemberitaan harian La Repubblica, sekelompok orang memasuki supermarket di Palermo dan pergi tanpa membayar.

"Kami tidak punya uang untuk membayar. Kami butuh makan." Begitulah teriakan salah seorang dari kelompok tersebut kepada petugas kasir.

Di kota lain di Sisilia, Corriere della Sera memberitakan pemilik toko kecil ditekan oleh penduduk sekitar untuk memberi makanan.

Corriere menulis bahwa "bom waktu" tengah berdetak di region berpopulasi lima juta, dan mencatat 57 korban tewas karena Covid-19.

Kekhawatiran disuarakan oleh Giuseppe Provenzano, menteri yang mengurus daerah selatan Italia, kepada harian La Repubblica.

"Saya takut kekhawatiran yang diutarakan masyarakat, kesehatan, pemasukan, hingga masa depan, bakal berubah menjadi kemarahan jika krisis ini terus berlanju," terangnya.

Jurnalis AFP yang berada di lokasi mengabarkan, empat polisi berpakaian lengkap berjaga di depan salah satu supermarket di Palermo.

Mereka berjaga dalam diam di tengah hari hujan, dengan tangan berada di belakang, serta wajah mereka yang tertutup topeng hijau.

Mereka tidak berinteraksi dengan para pengunjung, dengan sikap diam mereka seolah menunjukkan pemerintah masih menguasai situasi.

Carmelo Badalamenti, warga setempat yang mendorong troli merah berisi barang belanjaannya, mengecam sikap yang ditunjukkan pelaku.

"Melakukan penjarahan di toko bahan kebutuhan pokok tidak akan menyelesaikan apa pun," ujar dia. Di Roma, Perdana Menteri Giuseppe Conte sudah menyadari.

Karena itu, dalam pernyataan yang ditayangkan televisi Sabtu malam (28/3/2020), dia menjanjikan voucher bagi yang tak bisa membeli makanan.

"Kami tahu kalian menderita. Tapi negara tetap hadir," tegas dia. Roma mengucurkan dana 400 juta euro (Rp 7,2 triliun) untuk program pangan darurat.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.