0
ParenThink @ParenThink
hayuk dibantu tweeps “@9esi: RT @satucl: kalibata gerimis. kadang deras lalu kecil. pengungsi perlu perlengkapan bayi nih. ada yg bs bantu?”
ParenThink @ParenThink
Ortu asik tuh yg gimana sih? Yg pasti sih gak bawel dong yaaa? Males bener kan ya kalo punya ortu bawel :p
ParenThink @ParenThink
Dan ekstremnya salah satu cara jd penting adl bertindak jagoan. Tawuran, salah satunya. Penembakan brutal, salah satunya #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Jadi, saat anak merasa gak penting di rumah, dia akan berusaha jd penting di luar sana. Dgn cara2 yg dia tau #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Pertanyaan yg shrsnya ditanya ke diri sndr saat ingin anak melakukan sst : apakah tugas itu bs membuat anak merasa penting? #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Jd, ketimbang kita ribet nyuruh2 anak, bknnya lbh penting membuat anak nyaman melakukan apa yg shrsnya dia lakukan? #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Dan bagaimana melakukan hal baik yg hasilnya gak seketika dirasakan, tp dirasakannya di wkt yg akan dtg #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Pd saat anak membuka diri, bantu dia paham bhw kekuatan itu diukur dr toleransi thdp ketidaknyamanan #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Ini menjelaskan, knp anak lbh minat belajar di mata pelajaran yg gurunya menyenangkan kan? #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Setelah nyaman, dan merasa diperhatikan, org akan lebih membuka diri. #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Pdhl, org mau bergerak kan ke arah yg dia nyaman. Jd yg penting kan gimana bikin dia nyaman dulu #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Tuh dia tuh, masy kita msh meyakini bhw konsep exteernal control itu yg terbaik. Jd seringnya nyuruh org lain mulu #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Karena, kita hny bisa mengendalikan diri sendiri, gak bs kendalikan org lain #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Nah, gimana biar bs membuat org lain berpikir bhw hal itu penting utk dilakukan?? Jawabannya TIDAK ADA! *doeng!!* #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Maksudnya spy dia melihat bhw tugas itu sbg hal yg penting utk dilakukan, shg ia tergerak utk melakukan #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Jd, yg musti dipersoalkan, bukan motivasi, tp gmn menyampaikan pesan yg sesuai minat org yg kita tuju #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Perilaku di luar diri kita, mjd informasi utk jd bhn pertimbangan dlm memilih perilaku yg akan kita tampilkan #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Ini tjd krn sbnrnya perilaku kita dipengaruhi oleh apa yg kita inginkan pd saat itu (internal control) #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Nah, yg jd mslh kan gak tiap anak milih diem, meski disuruh ma ortunya. Kalo buat dia lbh enak teriak, dia akan ttp teriak #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Pdhl yg tjd sbnrnya, anak diem itu krn dia menimbang mana yg untungin dia, tetep teriak, atau diem #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Contoh external control : anak brenti teriak2 krn disuruh diem ma ortunya #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Keluhan itu muncul krn kita pake konsep external control, di mana perilaku ssorg di dorong stimulus di luar diri #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Bnyk keluhan ortu, krn anak malas, trus bingung gimana bikin anak termotivasi #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Motivasi itu alamiah, termasuk motivasi berprestasi. Yg jd mslh justru pd pengelolaannya #AnakkuYangBaik
ParenThink @ParenThink
Sampe skrg, yg sering jd sumber mslh adl motivasi. Pdhl, sungguhkah motivasi itu sumber mslh? #AnakkuYangBaik
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.