Pasien covid-19 Perokok Berisiko Lebih besar Miliki Gejala Berat dan Meninggal, Thread Penting Dokter Spesialis Paru @jcowacko

Berenti sekarang juga!
thread thread asik rokok perokok pasien corona Covid19 paruparu viruscorona viral
1
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko

Pulmonologist/Dokter Spesialis Paru jakapradipta@gmail.com

dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Stop merokok dan vaping sekarang juga !! Karena akan memperberat gejala pada COVID-19 dan meningkatkan risiko kematian. Gak percaya? Cek twit lanjutan -A Thread -
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Data pasien covid-19 di cina : 16,9 persen yang memiliki gejala berat dan 25,5 persen pasien yang masuk ICU serta meninggal dunia adalah perokok pic.twitter.com/DYkWa4WogQ
Expand pic
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Perokok memiliki risiko 1,4 kali lipat memiliki gejala yang berat dan 2,4 lipat masuk ICU serta meninggal dunia dibandingkan yang tidak merokok pic.twitter.com/n7mUSi6yE2
Expand pic
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Mengapa ini terjadi ? Karena asap rokok dan vape merusak cilia yang ada di saluran pernapasan. Cilia adalah bulu halus yang berfungsi menangkap dan membawa mikroorganisme dan debu sebagai perlindungan awal di saluran pernapasan. pic.twitter.com/1W4WKIXAMR
Expand pic
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Silia akan bergerak membawa kuman dan kotoran di saluran pernapasan dalam bentuk sekret (dahak) kearah atas untuk dibatukkan atau ditelan ke lambung pic.twitter.com/UuP8LFzqgu
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Cilia bekerja maksimal di malam hari. Hal ini dibuktikan saat pagi hari akan lebih banyak dahak yang kita keluarkan dan lebih kental. Terutama pada orang2 yang merokok. pic.twitter.com/gzKSiyVJNV
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Merokok dan vaping akan mengiritasi saluran napas dan merusak cilia. Dindingnya Akan meradang , dahak menjadi sulit dikeluarkan, perlindungan tubuh pun akan menjadi berkurang. pic.twitter.com/dfWLOvi1Ru
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Ketika perlindungan tubuh menurun, virus dan bakteri akan mudah masuk ke saluran napas, menempel kedalam sel, dan menyebar di dalam tubuh. Sehingga bukan hanya batuk pilek saja tapi gejala sesak napas dan demam akan terjadi. pic.twitter.com/F7NJ7Mv7vy
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Ini adalah perbedaan paru yang sehat dan paru perokok. Paru perokok berwarna hitam. Elastisitas berkurang dan rapuh. Sehingga bila terinfeksi virus Corona, gejalanya akan lebih berat dan sulit tertolong. Meskipun dengan alat ventilator pic.twitter.com/e9tkV99pnw
Expand pic
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Ini adalah saluran napas orang yang sehat. Tidak merokok. Dindingnya halus, tidak berdahak, dan tidak ada peradangan. pic.twitter.com/3i6V3sUEUE
Expand pic
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Dan ini, adalah saluran napas seseorang yang terinfeksi COVID-19. Bengkak, merah meradang, banyak dahak. Kebayangkan apa yang terjadi bila perokok terkena penyakit COVID-19. pic.twitter.com/U3WQArGOTj
Expand pic
dr. Jaka Pradipta Sp.P @jcowacko
Karena itu, jadikanlah momentum COVID-19 ini menjadi waktu yang tepat untuk kamu, pasangan kamu, keluarga kamu dan temanmu untuk berhenti merokok dan vaping. Lakukanlah sekarang, jangan ditunda. Pasti bisa ! pic.twitter.com/dqASjB8TC7
Expand pic
Abang ojol @ronald5584
@jcowacko Saya sudah 1 tahun berhenti dok apakah itu sudah mengembalikan kesehatan paru saya?
cleocatraa @cleocatraaa
@jcowacko Yang perokok pasif kemungkinan bisa lebih parah ya hmm :( . Plis klo ngerokok hargain orang sekitar :(
ethan larocha @e_larocha
@jcowacko Maaf dok, butub berapa lama waktu yg dibutuhkan mantan perokok u memulihkan sistem pernafasannya yg terlanjut Rusak karena Rokok
Iqbal @iqbaaal_n
@jcowacko tenang dok, seng rokok biarin aja ntar kan anda berobat juga ke anda, lumayan kan ngga sedikit jg
🥚 @bakulendokk
@jcowacko Saya dari perokok beralih ke vape dan saya merasa badan lebih enak, napas nyaman. Saya juga cek paru" dan aman. Tetapi dulu pas ngrokok? Napas berat, kringet bau, cepet capek.
Elisa P.S @elisaps11
@jcowacko tetep aja dok, udah terlalu sering ngasih tau info sana sini tapi gak mempan. punya tmn 3thn vaping tiap hari tiap jam gak pernah lepas. alasannya awal thn ini cek up buat tanda tangan kerjaan katanya paru2nya bersih. jadi smakin tipis harapanku buat dia lepas dari vape🥺
TheGreenHorn @mpu_gandhring
@jcowacko Aku fosil hidup nih dok bisa kasi testimoni ttg itu. Ngrokok 30-an thn, awal 2019 kena gagal nafas persis plek gejala Covid ini. Nafas kek ikan Koi. Di XRay kabut pth smua, bedanya bisa pulih ga smpe msk ICU/venti. Hbis itu kapok rokok’an lha beli oxygen sja sehari 600 ribuan.
Eat Pray Work @Risaldii
@jcowacko Tetep aja mah ada penganut, "Mati itu takdir, ngerokok ga ngerokok kalo udh waktunya mati, ya mati."
Load Remaining (53)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.