Created on App

Lasmi, hantu kunti jalan Wastukencana Bandung by @falenzaman

Chirpified
kuntilanak Memetwit
4
falen jacob zaman @falenzaman
gue pengen ngetwit cerita horor, euy. enggak horor2 banget si sebenernya—bagi gue, tentang kuntilanak merah yang jagain adek perempuan gue. sebenernya keluarga gue rada ngeri2 sedap soal hal ghaib, tapi kali ini gue pen cerita karena abis ngobrol sama 'doi'. mau baca kah?
falen jacob zaman @falenzaman
bentar, make sure dulu nih jangan pada takut ya. ini tentang kuntilanak merah dan doski lagi di sebelah gue banget jadi dia tau gue lagi cerita tentang dia. 😂 twitter.com/fathiyahfikri/…
falen jacob zaman @falenzaman
namanya Lasmi, kuntilanak merah yang jagain adek perempuan gue sejak 2013 saat dia kuliah di salah satu sekolah desain di Bandung. Lasmi (masih) tinggal di pohon mangga daerah Wastukencana. a thread. (kiri: foto dia saat masih hidup & kanan: foto sejak jadi kunti sampai kini) pic.twitter.com/ArtFSDR2oJ
Expand pic
Expand pic
falen jacob zaman @falenzaman
gambar ini diambil barusan banget. baru kali ini gue memberanikan diri ngobrol bareng karena sosok aslinya serem gila. orang bisa sawan, bahkan sakit kalau lihat dia. mediumnya adek gue sendiri yang minta dia buat masuk dan cerita.
falen jacob zaman @falenzaman
Lasmi dulunya seorang sinden musik Sunda, suaminya Asep, yang jadi pengiring. mereka menikah muda di umur 12 tahun pada saat zaman penjajahan Belanda (sekitar 100 tahunan lalu). mereka berdua bertemu di kebun teh, saling suka, lalu Asep meminang Lasmi, nikah dan kerja bersama.
falen jacob zaman @falenzaman
gue sempet heran mereka kok nikah pas umur masih belia banget? tapi Lasmi bilang emang zaman itu nikah di umur remaja awal tuh lumrah. mereka pasangan sederhana, mirip Adek-Kakak. pas cerita bagian ini, Lasmi ketawa genit melengking dong. 😂😭
falen jacob zaman @falenzaman
bentar, gue ditegor sama si Lasmi. leher sebelah kanan gue pegel banget sekarang. sebats dulu.
falen jacob zaman @falenzaman
@Fachru76 @KikyKikay_ arwah yang penasaran karena urusan duniawinya belum selesai itu memang eksis. gapapa berbeda pandangan, karena gue nggak maksa buat percaya, gue hanya menyampaikan cerita.
falen jacob zaman @falenzaman
oke lanjut. mereka menikah, menjalani hidup di rumah sederhana di daerah Lembang (deket Farmhouse). mereka 'nyinden' setiap kali ada khitan dan nikahan. mereka paling senang pas Belanda nyewa mereka buat meriahin pesta karena dibayar cukup mahal meski nggak menutupi kekejamannya.
falen jacob zaman @falenzaman
foto Lasmi yang lebih jelas supaya kalian lebih mudah bayanginnya. bibirnya robek sampai telinga, matanya bolong merah menyala, dan suara ketawanya melengking. kalau denger auto merinding. 😭 pic.twitter.com/jiPxkCNWvx
Expand pic
falen jacob zaman @falenzaman
di foto ini doi lagi ongkang-ongkang kaki di sini, sekarang lagi main sama 'temen-temen sesamanya'. jurig doyan kelayapan emang. 🤣 pic.twitter.com/2xxVz4wIPj
Expand pic
falen jacob zaman @falenzaman
enggak, ogah amat wkwk. adek gue yang bisa, doi dapet gift dari leluhur karena darah keturunan ganjil. ini beda cerita lagi, panjanggg. twitter.com/ayuwidles/stat…
falen jacob zaman @falenzaman
@sparklinglilac kalau emang mata batinnya kebuka sempurna bakal kelihatan jelas. tapi kalau belum terbiasa, bener2 bikin jiper. Lasmi sendiri bilang ke gue mending jangan minta dia nongol, karena badan gue takut nggak sanggup dan bakal sakit.
falen jacob zaman @falenzaman
video pas kenalan tadi sama Lasmi lewat adek gue. suara gue udah kek mamah dedeh versi nahan gemeter. sebelum direkam minta banget ketawanya jangan berisik takut tetangga denger. 😭 pic.twitter.com/iQZNIdnTCe
falen jacob zaman @falenzaman
singkat cerita, Lasmi sedih karena 5 tahun pernikahan nggak kunjung dikaruniai anak dan ini jadi bahan ghibah-julid para tetangga. "Si Lasmi teh kunaon neupi ka ayeuna teu boga barudak? mandul lain manehna." (Si Lasmi kenapa sampai sekarang nggak punya anak, mandul kali ya?)
falen jacob zaman @falenzaman
gue beli rokok dulu, ya. malam masih panjang. Lasmi udah balik nih ke sini. ada yang mau titip salam?
falen jacob zaman @falenzaman
ada, tapi nggak sebanyak yang putih. setau gue, bisa jadi merah itu karena amarah dan dendamnya yang terlampau kuat—bisa sampai mengelabui dan nyelakain manusia. tapi Lasmi itungannya baik, paling cuma iseng. wqwq. twitter.com/mhdarief2208/s…
falen jacob zaman @falenzaman
oh iya lupa, ini adek gue @araskyy18 yang gue maksud di awal trit. kalau mau titip salam ke Lasmi bisa lewat dia, ya. gue cuma jubir aja malam ini. hehehe.
falen jacob zaman @falenzaman
lanjut. Asep menghibur Lasmi yang sering nangis saat ingin tidur. Asep bilang, "Udah teu nanaon atuh, Neng. Mun ceuk gusti Alloh ayeuna teh dibere momongan, kun fayakun ge jadi. Tapi mun ceuk gusti Alloh lain ayeuna, kita teh tetep berdoa, Alloh teh moal sare." Duh. :')
falen jacob zaman @falenzaman
Artiynya: Nggak apa-apa, Neng. Kalau kata gusti Allah dikasih anak sekarang, kunfayakun jadi. Tapi kalau kata Allah belum sekarang, kita tetap berdoa. Allah nggak tidur. Lasmi cuma mengangguk dan terus berdoa dalam sujudnya. dia sering melamun saat melihat Ibu-ibu hamil. Sedih.
falen jacob zaman @falenzaman
Lasmi kadang2 dengan sopan meminta izin ke Ibu-ibu hamil yang dia temui di jalan untuk mengelus perutnya. minta titip doanya supaya Lasmi lekas 'isi'. Lasmi kepengin banget punya anak. karena rumahnya terasa sepi, ditambah gunjingan tetangga yang tiap hari makin jadi. :')
falen jacob zaman @falenzaman
Temennya Asep bahkan sampai bilang, "Sep, deuh sia kawin deui weh ulah jeung si Lasmi. Bisi weh sia neupi ka maot teu boga momongan!" artinya: Sep, lu mending kawin lagi, jangan sama si Lasmi. sampai mati juga gabakal punya anak. demi, tangan gue panas pas ngetik ini. 😭
falen jacob zaman @falenzaman
Lasmi di belakang gue pas ngetik tweet di barusan. (pantes tangan gue panas). kata Adek gue, dia nangis karena ini topik sensitif. tapi dia juga senang banyak yang nyimak cerita hidupnya. baru kali katanya, karena tiap mau curhat orang keburu kabur. jurig baperan. 😂😭
falen jacob zaman @falenzaman
tapi Asep tetap teguh cintanya sama Lasmi. mereka terus bekerja, berdoa, dan berusaha menjalani hidup yang makin berat. pernah suatu kali saat selesai pentas di acara orang Belanda, Lasmi digoda salah satu Londo yg tau permasalahan mereka. Lasmi 'diajak', siapa tau aja 'jadi'.
falen jacob zaman @falenzaman
tapi Lasmi tersenyum dan menolak, dia balas lewat bahasa Belanda, "Terima kasih, Tuan. Tapi saya tidak akan pernah mengkhianati suami saya." Londo itu tertawa, lalu menepuk pantat Lasmi sebelum berlalu. Lasmi tetap tersenyum dan menahan tangis. (gue yang dengernya aja kesel 😭)
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.