#memetwit Ngobrol Bareng Lasmi, Kuntilanak Merah yang Jagain Adek Gue Sejak 2013 Tentang Kisah Pilunya Semasa Hidup di Zaman Penjajahan Belanda Hingga Meninggal Ditabrak Mobil

4
falen jacob zaman @falenzaman

freudian editor of @mediakita. in vino veritas, in aeternum te amabo. Lasmi's story teller.

instagram.com/kisahlasmi

#Lasmi @falenzaman

namanya Lasmi, kuntilanak merah yang jagain adek perempuan gue sejak 2013 saat dia kuliah di salah satu sekolah desain di Bandung. Lasmi (masih) tinggal di pohon mangga daerah Wastukencana. a thread. (kiri: foto dia saat masih hidup & kanan: foto sejak jadi kunti sampai kini) pic.twitter.com/ArtFSDR2oJ

26/03/2020 21:35:16 WIB
Expand pic
Expand pic
#Lasmi @falenzaman

gambar ini diambil barusan banget. baru kali ini gue memberanikan diri ngobrol bareng karena sosok aslinya serem gila. orang bisa sawan, bahkan sakit kalau lihat dia. mediumnya adek gue sendiri yang minta dia buat masuk dan cerita.

26/03/2020 21:37:40 WIB
#Lasmi @falenzaman

Lasmi dulunya seorang sinden musik Sunda, suaminya Asep, yang jadi pengiring. mereka menikah muda di umur 12 tahun pada saat zaman penjajahan Belanda (sekitar 100 tahunan lalu). mereka berdua bertemu di kebun teh, saling suka, lalu Asep meminang Lasmi, nikah dan kerja bersama.

26/03/2020 21:42:52 WIB
#Lasmi @falenzaman

gue sempet heran mereka kok nikah pas umur masih belia banget? tapi Lasmi bilang emang zaman itu nikah di umur remaja awal tuh lumrah. mereka pasangan sederhana, mirip Adek-Kakak. pas cerita bagian ini, Lasmi ketawa genit melengking dong. 😂😭

26/03/2020 21:45:14 WIB
#Lasmi @falenzaman

bentar, gue ditegor sama si Lasmi. leher sebelah kanan gue pegel banget sekarang. sebats dulu.

26/03/2020 21:50:58 WIB
#Lasmi @falenzaman

oke lanjut. mereka menikah, menjalani hidup di rumah sederhana di daerah Lembang (deket Farmhouse). mereka 'nyinden' setiap kali ada khitan dan nikahan. mereka paling senang pas Belanda nyewa mereka buat meriahin pesta karena dibayar cukup mahal meski nggak menutupi kekejamannya.

26/03/2020 22:12:27 WIB
#Lasmi @falenzaman

foto Lasmi yang lebih jelas supaya kalian lebih mudah bayanginnya. bibirnya robek sampai telinga, matanya bolong merah menyala, dan suara ketawanya melengking. kalau denger auto merinding. 😭 pic.twitter.com/jiPxkCNWvx

26/03/2020 22:16:09 WIB
Expand pic
#Lasmi @falenzaman

di foto ini doi lagi ongkang-ongkang kaki di sini, sekarang lagi main sama 'temen-temen sesamanya'. jurig doyan kelayapan emang. 🤣 pic.twitter.com/2xxVz4wIPj

26/03/2020 22:27:22 WIB
Expand pic
#Lasmi @falenzaman

video pas kenalan tadi sama Lasmi lewat adek gue. suara gue udah kek mamah dedeh versi nahan gemeter. sebelum direkam minta banget ketawanya jangan berisik takut tetangga denger. 😭 pic.twitter.com/iQZNIdnTCe

26/03/2020 22:47:19 WIB
#Lasmi @falenzaman

singkat cerita, Lasmi sedih karena 5 tahun pernikahan nggak kunjung dikaruniai anak dan ini jadi bahan ghibah-julid para tetangga. "Si Lasmi teh kunaon neupi ka ayeuna teu boga barudak? mandul lain manehna." (Si Lasmi kenapa sampai sekarang nggak punya anak, mandul kali ya?)

26/03/2020 23:01:11 WIB
#Lasmi @falenzaman

gue beli rokok dulu, ya. malam masih panjang. Lasmi udah balik nih ke sini. ada yang mau titip salam?

26/03/2020 23:06:16 WIB
#Lasmi @falenzaman

oh iya lupa, ini adek gue @araskyy18 yang gue maksud di awal trit. kalau mau titip salam ke Lasmi bisa lewat dia, ya. gue cuma jubir aja malam ini. hehehe.

26/03/2020 23:30:03 WIB
#Lasmi @falenzaman

lanjut. Asep menghibur Lasmi yang sering nangis saat ingin tidur. Asep bilang, "Udah teu nanaon atuh, Neng. Mun ceuk gusti Alloh ayeuna teh dibere momongan, kun fayakun ge jadi. Tapi mun ceuk gusti Alloh lain ayeuna, kita teh tetep berdoa, Alloh teh moal sare." Duh. :')

26/03/2020 23:36:28 WIB
#Lasmi @falenzaman

Artiynya: Nggak apa-apa, Neng. Kalau kata gusti Allah dikasih anak sekarang, kunfayakun jadi. Tapi kalau kata Allah belum sekarang, kita tetap berdoa. Allah nggak tidur. Lasmi cuma mengangguk dan terus berdoa dalam sujudnya. dia sering melamun saat melihat Ibu-ibu hamil. Sedih.

26/03/2020 23:38:20 WIB
#Lasmi @falenzaman

Lasmi kadang2 dengan sopan meminta izin ke Ibu-ibu hamil yang dia temui di jalan untuk mengelus perutnya. minta titip doanya supaya Lasmi lekas 'isi'. Lasmi kepengin banget punya anak. karena rumahnya terasa sepi, ditambah gunjingan tetangga yang tiap hari makin jadi. :')

26/03/2020 23:41:34 WIB
#Lasmi @falenzaman

Temennya Asep bahkan sampai bilang, "Sep, deuh sia kawin deui weh ulah jeung si Lasmi. Bisi weh sia neupi ka maot teu boga momongan!" artinya: Sep, lu mending kawin lagi, jangan sama si Lasmi. sampai mati juga gabakal punya anak. demi, tangan gue panas pas ngetik ini. 😭

26/03/2020 23:51:17 WIB
#Lasmi @falenzaman

Lasmi di belakang gue pas ngetik tweet di barusan. (pantes tangan gue panas). kata Adek gue, dia nangis karena ini topik sensitif. tapi dia juga senang banyak yang nyimak cerita hidupnya. baru kali katanya, karena tiap mau curhat orang keburu kabur. jurig baperan. 😂😭

26/03/2020 23:56:08 WIB
#Lasmi @falenzaman

tapi Asep tetap teguh cintanya sama Lasmi. mereka terus bekerja, berdoa, dan berusaha menjalani hidup yang makin berat. pernah suatu kali saat selesai pentas di acara orang Belanda, Lasmi digoda salah satu Londo yg tau permasalahan mereka. Lasmi 'diajak', siapa tau aja 'jadi'.

27/03/2020 00:02:47 WIB
#Lasmi @falenzaman

tapi Lasmi tersenyum dan menolak, dia balas lewat bahasa Belanda, "Terima kasih, Tuan. Tapi saya tidak akan pernah mengkhianati suami saya." Londo itu tertawa, lalu menepuk pantat Lasmi sebelum berlalu. Lasmi tetap tersenyum dan menahan tangis. (gue yang dengernya aja kesel 😭)

27/03/2020 00:09:54 WIB
#Lasmi @falenzaman

insiden itu makin bikin Lasmi terpukul dan merasa dirinya nggak bisa jadi seorang Ibu. sepulangnya di rumah, tangis Lasmi meledak. Dia terus bertanya dalam hati, "Apakah benar aku tidak bisa punya anak?" Asep memeluknya, menguatkannya. meminta Lasmi tenang. semua ada waktunya.

27/03/2020 00:16:09 WIB
#Lasmi @falenzaman

lanjut nggak, nih? masi pada melek? 👀

27/03/2020 00:19:42 WIB
#Lasmi @falenzaman

oke lanjut. Lasmi bilang, "A', kalau kamu memang ingin punya anak, kamu boleh menikah lagi. Aku nggak apa-apa, daripada keadaan terus begini. Aku nggak sanggup." Asep kaget mendengar kalimat itu terucap, dia memeluk Lasmi erat. membiarkan Lasmi malam itu menumpahkan sedihnya.

27/03/2020 00:33:57 WIB
#Lasmi @falenzaman

bentar guys, ada gangguan dikit. poci deket rumah adek gue yang namanya Aryo penasaran ini rame. diusir dulu ya, bentar. suka rese ini soalnya. gue juga jadi takut. gue lebih takut poci ketimbang kunti. 😂 nih ilustrasinya pas lagi nongol siang2. 😡 pic.twitter.com/FfkZ5LlGlO

27/03/2020 00:41:12 WIB
Expand pic
#Lasmi @falenzaman

hadeh, rese ini poci. kudu si Lasmi yang ngusir baru dia cabut. poci gabut dasar. si Lasmi jadi 'nyanyi' kan tuh. 😂

27/03/2020 00:49:44 WIB
Load Remaining (19)

Comment

No comments yet. Write yours!