Penjelasan Dokter Kenapa Kita Tiba-Tiba Bisa Merasa Tenggorokan Sakit dan Demam Mendadak Usai Baca Berita atau Cerita Soal Corona

Terlalu Sering Terima Informasi Soal Corona, Bisa Buat Orang Ikut Rasakan Gejalanya?
gejala MENTAL berita health CORONA stress psikosomatik
0
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
masa saat ini ketika kita membaca berita atau cerita tentang gejala virus #corona atau #COVID19 dan tiba2 kita merasa tenggorokan kita agak gatal, nyeri dan merasa agak sedikit meriang walaupun suhu tubuh normal... ITU WAJAR... Reaksi psikosomatik tubuh saat ini memang terasa
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
Salah satu yg membuat reaksi ini bisa timbul adalah KECEMASAN kita yang dipicu oleh berita-berita yang terus menerus terkait #COVID19 ini. Amygdala atau pusat rasa cemas sekaligus memori kita jd terlalu aktif bekerja, akhirnya kadang dia tidak sanggup mengatasi kerja berat itu
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
Amygdala yg bekerja berlebihan ini juga mengaktifkan sistem saraf otonom secara berlebihan, kita jd selalu dalam kondisi FIGHT or FLIGHT atau siaga terus menerus. Ketidakseimbangan ini yg membuat gejala psikosomatik muncul sbg suatu reaksi untuk siap siaga menghadapi ancaman
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
Salah satu cara kita untuk mengurangi gejala psikosomatik akibat amygdala kita yg terlalu aktif ini adalah mengurangi dan membatasi informasi terkait dgn #COVID19 ini. Lakukan hal lain selain browsing, lakukan hobi yg menyenangkan&sebarkan optimisme kita bisa lewati semua ini
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
Alami Stres Akibat Informasi Berlebih Soal Corona? Ini Cara Mengatasinya m.tribunnews.com/corona/2020/03… via @tribunnews
URL Tribunnews.com 51 Alami Stres Akibat Informasi Berlebih Soal Corona? Ini Cara Mengatasinya - Tribunnews.com Tips menghadapi stres akibat informasi berlebih soal corona, kurangi waktu membaca tentang corona dan selalu berpikir positif.
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
BERPIKIR POSITIF UNTUK HADAPI CEMAS : Tidak Mudah Tapi Bisa Dilatih youtu.be/n-cOSVG3xqs
Expand pic
Cuci Tangan Pakai Sabun Jangan Males! @retnolestarii
@mbahndi Aku beberapa hari belakangan ngerasa nafas ngga se-enak biasanya. Tapi aku lgsg mikir "psikosomatik ini mah... Gapapa kok gapapa" sambil usaha ngehirup udara dalam2 😂
putri khilda amalia @putrikhilda
@mbahndi Adakah cara membedakan gejala psikosomatik dengan gejala yang sesungguhnya dok?🙏
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
@putrikhilda ada bbrp hal yg biasanya dikaitkan dgn gejala psikosomatik, gejala hilang timbul, tdk terus menerus, berpindah2 gejalanya, pemeriksaan objektif bisa dilakukan pd kondisi spt sekarang ingat klo ada demam tinngi, batuk pilek dan sesak nafas lebih baik segera ke RS
Audryel Nirvananda @AudryelN
@mbahndi @putrikhilda jadi kalo kita kena psikosomatif, gelaja yg kita rasain ga terus menerus ya pak.. aku ngerasa sedikit sesak, sakit tenggorokan dan batuk tapi aneh ngerasanya cuma kaya sejam or duajam ilang trs muncul lagi.. apa aku kena psikosomatif??
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
@roethenioem sesak napas disertai batuk dan pilek serta demam sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, kalau sesak napas itu juga bisa krn reaksi cemas, tapi tdk terus menerus biasanya pd kondisi cemas panik
HiRahmi @RahmiIndahSari3
@mbahndi @roethenioem Semenjak ada berita covid19 akhir² ini selalu sesak nafas, tapi munculnya kadang². Terimakasih dok penjelasaannya, sepertinya memang cuma cemas
Yuli @Yuli_w02
@mbahndi Kalau saya malah jadi stress karena baca komentar orang2 yg panik tentang covid-19 dok.mereka yg panik sayanya yg stress alhasil kemarin maag saya kambuh
xilaaaaw @xixilalaw1648
@mbahndi Benar dok. Kadang abis baca berita gtu suka was was sendiri. Trs tiba tiba sesek napas padahal ngga ada apa apa. Tenggorokan sakit dikit lgsg panik. Trs badan panas padahal ya emg wajar kadang suhu naik jga tiba tiba panik
ᴛᴀɴʟʏ @Tanlychat
@mbahndi jangan jangan saat ini banyak yg juga merasa tenggorokannya nyeri, meriang. 😥 twitter.com/mbahndi/status…
Hdjsushs @Hdjsushs1
@mbahndi @makLambeTurah Bener banget. Gwa punya asma dan radang saluran atas. Udah 2 minggu kambuh. Kalo lagi sndiri, main hp, buka twitter, langsung berasa meriang, sesak, pusing, dll. Kepikiran mati. Tapi kalo d bawa kerja, lupa, sehat banget ngapa ngapain seharian.
maria gadis @dechokyholic
Nah ini. Gara-gara stress baca-baca berita di internet alhasil malah beberapa hari ini asma sering kambuh 😢😢 twitter.com/mbahndi/status…
ᮓᮨᮔ᮪ᮄ @agoestian_deny
@mbahndi Kalo badan meriang, menggigil itu gimana dok.
dr. Andri,SpKJ,FACLP @mbahndi
@agoestian_deny cek suhu dulu, jangan2 cuma 36 derajat celcius tapi merasakan meriang
dun.EDUN @HRS212_
@mbahndi Badan demam meriang batuk2.. tpi di ukur suhu cuma 36,4.. mungkin cemas karena takut ketuler aja kali yach jd bawaan parno mulu.. jd badan bereaksi dri sugesti qta gmana..
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.