10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik Ini Meminimalkan Risiko Penularan Covid-19

Hand Sanitizer Banyak Diburu Masyarakat Semenjak Merebaknya Virus Covid-19
1

Mencuci tangan saja tidak cukup. Gunakan juga hand sanitizer untuk bikin tangan bebas virus dan kuman. Intip cara memilihnya dari kami dan juga rekomendasinya ya!

Saat ini seluruh negara di dunia termasuk negara kita Indonesia tengah terserang pandemi virus korona. Virus yang satu ini asalnya dari Wuhan, Tiongkok. Penyebarannya begitu cepat dan tak mudah terdeteksi.

Virus corona alias Covid-19 paling cepat menular melalui droplet. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling rentan menyebarkan virus dan kuman dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk itu kebersihan tangan harus dijaga dan kita juga dilarang terlalu sering memegang mulut, hidung, dan mata supaya virus dan kuman di tangan tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Untuk meminimalkan risiko terjangkit virus tersebut, salah satu cara yang paling dianjurkan adalah rajin mencuci tangan. Selain itu cara lain yang juga sama ampuhnya adalah memakai hand sanitizer secara rutin. Penggunaan hand sanitizer dianggap mampu membunuh virus dan juga kuman.

Sejak merebaknya virus Corona, hand sanitizer pun banyak jadi buruan masyarakat. Mereka yang setiap harinya bekerja di luar rumah dan berkerumun dengan banyak orang memilih membawa hand sanitizer karena lebih praktis digunakan ketimbang harus berkali-kali cuci tangan.

Hand Sanitizer Efektif Digunakan Saat Tidak Ada Air Bersih dan Sabun untuk Mencuci Tangan

World Health Organization menyarankan kita untuk mencuci tangan setiap 30 menit sekali. Kita wajib mencuci tangan usai dari kamar mandi, sebelum makan, membuang ingus, batuk, dan bersin. Tangan harus dicuci memakai sabun dan air mengalir agar tak ada kuman dan bakteri tersisa.

Sayangnya, tidak semua dari kita bisa mengakses air bersih secara terus menerus. Ada kalanya kita jauh dari air dan juga sabun. Misalnya saat bekerja di luar ruangan, naik kendaraan, dan lain sebagainya. Di saat seperti ini hand sanitizer bisa kamu andalkan.

Jika diperdebatkan mana yang lebih ampuh membunuh kuman, apakah air dan sabun atau hand sanitizer, maka jawabannya jelas lebih efektif air dan sabun. Namun jika keadaan tidak memungkinkan, maka hand sanitizer bisa lebih efektif dan jadi solusi yang mudah untuk membunuh virus, kuman, dan bakteri di tangan.

Tips Memilih Hand Sanitizer yang Bagus

Pastikan Kandungan Alkoholnya 60% ke Atas

Hand sanitizer di pasaran memang sangat beragam. Setiap produk memiliki kadar alkohol yang berbeda-beda. Namun, kamu juga wajib tahu syarat hand sanitizer tersebut tergolong bagus dan bisa menangkal virus. Baca dulu komposisinya dan pastikan bahwa hand sanitizer yang kamu beli mengandung 60 hingga 95% alkohol. Ini artinya hand sanitizer tersebut sudah bisa terbukti mengurangi dan membunuh sebagian besar bakteri dan virus.

Jika Memungkinkan, Gunakan yang Mengandung Pelembap

Kandungan alkohol yang tinggi pada hand sanitizer di satu sisi memang menguntungkan karena bisa membunuh kuman dan virus. Namun di sisi lain hal ini juga membuat kulit tangan kita jadi lebih cepat kering dan terasa kasar. Hal ini membuat virus dan kuman akan semakin nyaman berkembang biak di kulit yang kering dan pecah-pecah.

Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah hand sanitizer yang mengandung pelembap dan juga vitamin. Dengan begini, maka selain tangan bisa jadi higienis, kelembapan kulit kamu pun tetap terjaga dengan baik.

Teliti Kandungan Bahan Kimia di Dalamnya

Periksalah kandungan bahan kimia yang ada di dalam hand sanitizer. Baca labelnya untuk mengecek dengan pasti. Umumnya ada kandungan phthalates yang bisa mengganggu endokrin dan bisa mengakibatkan penurunan jumlah sperma jika produk digunakan dalam jangka waktu lama.

Bahan lain yang patut diwaspadai adalah triclosan. Bahan ini disebut sebagai pengganggu hormon dan berkaitan dengan resistensi antibiotik. Meski demikian bahan ini hingga kini efeknya masih dalam penyelidikan FDA.

Pilih Merek yang Sudah Tepercaya

Supaya lebih aman, ada baiknya jika kamu membeli hand sanitizer yang mereknya sudah tepercaya. Cek merek produk kesehatan favorit. Jika merek tersebut mengeluarkan produk hand sanitizer, maka kamu bisa gunakan produk tersebut. Ini akan membuat kamu jadi lebih tenang memakainya.

Beberapa merek yang sudah terkenal seperti Dettol, Lifebuoy, Cussons, hingga Antis bisa jadi pilihan utama bagi kamu. Aneka merek tersebut tentu memberikan produk hand sanitizer terbaik karena sudah lama dipercaya oleh masyarakat. Selain karena efektivitasnya, produk tersebut juga tercatat memiliki harga yang ramah kantong.

Jangan Khawatir, 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik ini Siap Bantu Lawan Virus dan Kuman
  • Dettol Instant Hand Sanitizer
  • Cussons Carex Hand Gel Sensitive
  • Lifebuoy Hand Sanitizer
  • Antis Spray
  • Klarens Hand Sanitizer
  • Eskulin Kids Hand Sanitizer
  • Hand Sanitizer Nuvo Anti Bacterial
  • Konicare Gel Pembersih Tangan
  • Klinsen Hand Sanitizer
  • Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar Hand Sanitizer

Hand Sanitizer Wajib Dibawa Kemana Saja

Di saat seperti sekarang ini, menjaga kebersihan haruslah diutamakan. Supaya tidak terjangkit virus dan kuman yang berbahaya, kita wajib waspada dan melakukan aneka pencegahan sedini mungkin. Jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga. Bawalah selalu hand sanitizer kemana pun kamu pergi. Gunakan di saat kamu tak menemukan air dan sabun untuk membersihkan tangan.

Comment

No comments yet. Write yours!