Sebelum Memilih Cara Merawat Wajah Berjerawat? Kenali Dulu Sebabnya!

Sebagai wanita yang selalu menjadi ikon kecantikan, merawat wajah memang sangat penting. Perawatan kulit jadi salah satu solusi untuk merawat kebersihan wajah. Akan tetapi, faktanya gak semudah itu, lho, Girls!Yuk Simak Dibawah ini
0
Sebelum Memilih Cara Merawat Wajah Berjerawat? Kenali Dulu Sebabnya!

Masalah kulit wajah yang umum dialami perempuan adalah jerawat. Jerawat merupakan kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat tidak hanya muncul pada kulit wajah melainkan pada bagian-bagian tubuh yang lain seperti punggung, dada atau lengan atas.

Nah umumnya, banyak orang bingung memilih cara yang tepat untuk merawat kulit mereka yang jerawatan. Padahal sebelum menentukan perawatan apa yang cocok buat kulit, kamu harus kenali dulu penyebab kulitmu yang jerawatan. Supaya nggak salah pilih, coba cek beberapa penyebab munculnya jerawat berikut ini.

1. Jerawatmu bisa muncul karena faktor genetik, makanya rawat kulit dengan bahan-bahan alami aja

Jenis kulit merupakan faktor genetik yang diwariskan dari orang tua kepada anak. Maka, jika orang tua memiliki masalah dengan kulit berminyak dan jerawat, besar kemungkinan anak juga akan mengalami masalah kulit berminyak dan jerawat.Nah bagi kamu yang memiliki masalah jerawat karena faktor genetik, sangat disarankan untuk merawat kulit dengan bahan-bahan alami. Hal ini penting untuk meminimalisir pengaruh bahan-bahan kimia karena bagaimana pun kulitmu memang akan tetap rentan jerawatan.

Salah satu yang jadi rekomendasi adalah asam jawa yang memiliki beberapa manfaat seperti meregenerasi kulit, mampu mengeringkan jerawat, dan dapat membunuh kuman-kuman jerawat.

Caranya dengan mengoleskan asam jawa yang sudah dicampur dengan sedikit air hangat pada wajah yang sudah dibersihkan di malam hari. Diamkan selama 15 menit, kemudian basuh wajah dengan air hangat dan lanjutkan dengan beristirahat. Pemakaian masker asam jawa ini disarankan dilakukan seminggu dua kali secara rutin. Cara ini akan membuat kulit wajah bersih, bebas jerawat, dan wajah akan tampak lebih cerah.

2. Kulit berminyak memang lebih rentan jerawatan. Makanya gunakan sirih buat menghalau jerawat dan minyak berlebih

Produksi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous pada kulit adalah penyebab utama munculnya jerawat. Minyak ini dapat menyumbat saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Produksi minyak berlebih dapat dipicu dari makanan yang mengandung banyak lemak, seperti makanan siap saji atau junk food.

Kamu yang kulitnya berminyak mungkin seringkali kesal dan mencoba melakukan berbagai cara buat mengurangi kadar minyak di wajah. Nah salah satu yang perlu kamu coba adalah dengan daun sirih. Pasalnya, kandungan antiseptic dalam daun sirih sangat bermanfaat untuk merawat kulit berjerawat.

Caranya cukup sederhana dengan merebus beberapa lembar daun sirih, kemudian menggunakan air rebusan tersebut untuk mencuci muka dan sebagian air rebusan diminum. Dengan rutin melakukan cara ini, jerawat di wajah akan berangsur-angsur membaik. Ditambah lagi cara ini bisa mengurangi kadar minyak di wajahmu.

3. Bingung kenapa jerawat muncul dan muncul lagi? Bisa jadi karena pengaruh faktor hormonal

Ketidakseimbangan hormon dapat merangsang produksi minyak berlebih dan akhirnya memicu timbulnya jerawat. Ketidakseimbangan hormon ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti saat stress, hamil, ketika masa puber, saat menstruasi dan bisa jadi disebabkan karena pemakaian pil KB.

Nah, apabila ternyata faktor hormonal yang menjadi penyebab munculnya jerawat di kulitmu, pastinya kamu harus konsultasi dengan dokter dulu. Bimbingan ahli akan sangat membantu untuk menentukan jenis perawatan apa yang cocok buatmu ketika penyebab jerawat adalah faktor hormon.

4. Hati-hati, jangan-jangan jerawat yang muncul di wajahmu gara-gara bakteri lho

Adanya jerawat dapat diperparah oleh pertumbuhan bakteri propionibacterium acnes. Bakteri ini berkembang biak pada kelenjar sebaceous yang tersumbat dan memproduksi zat-zat yang menimbulkan iritasi. Parahnya jika didiamkan, kelenjar minyak tersebut bisa pecah dan menyebabkan jerawat batu.

Nah untuk mengatasi hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan kunyit. Eits, jangan mengoleskan kunyit secara langsung pada wajah lho, lebih baik kamu mengkonsumsi minuman atau jamu kunyit. Bagus banget deh buat menghalau jerawatmu, girls!

5. Jangan asal pakai makeup. Pilihan jenis kosmetik yang salah bikin jerawatmu tambah parah

Saat kamu memilih kosmetik, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah akan memicu timbulnya jerawat. Kosmetik yang mengandung banyak minyak atau two-way cake powder misalnya dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Menggunakan makeup yang terlalu tebal juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri pada wajah lho. Makanya, coba deh konsultasi sama ahlinya, kira-kira pilihan makeup atau produk kosmetik seperti apa yang cocok buat kamu dan nggak bikin jerawatan pastinya.

6. Selain hal-hal di atas, jerawat bisa juga muncul akibat adanya sel-sel kulit mati

Bersamaan dengan pertambahan umur, waktu regenerasi sel menjadi lebih lambat. Nah hal inilah yang menyebabkan sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Nantinya ketika sel kulit mati bersampur dengan kotoran yang ada di kulit, hal itu akan menyumbat kelenjar minyak dan kemudian menyebabkan jerawat. Makanya kamu harus sering-sering membersihkan wajah ya. Selain susu permbersih dan sabun cuci muka, scrubbing seminggu sekali juga sangat disarankan demi mengangkat sel-sel kulit mati.

Setelah mengetahui penyebab jerawat di atas, mulai sekarang kamu bisa memilih perawatan kulit wajah yang memang cocok buatmu ya. Pemahaman akan penyebab jerawat dan pilihan solusi yang tepat bakal bikin wajahmu aman dari jerawat. Selamat mencoba!

INFO LENGKAP DAN KONSULTASI :
Whatsap :085607759067
Klik disini shopee

Comment

No comments yet. Write yours!