Melihat Covid-19 Corona Melalui Perspektif Interdisiplin Critical Theory By Michel Foucault - Biopolitics

Thread by @azmyakbar
3
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Melihat Covid-19 Corona melalui perspektif Inter-Disiplin Critical Theory, Michel Foucault - Biopolitics [A Thread] pic.twitter.com/uXS3c8lQ9P

13/03/2020 23:59:13 WIB
Expand pic
Expand pic
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Melihat suatu isu kalau melalui satu sudut pandang sudah biasa, mari kita lihat dari sudut pandang lainnya.

13/03/2020 23:59:13 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Pernah denger cerita zaman dulu tentang Dante's Inferno? mungkin kalian bisa google sendiri. Namun penjelasan secara scientificnya bisa dianalogikan dalam konteks Biopolitics dan Biopower menurut Michel Foucault. pic.twitter.com/mrCfAzToIm

13/03/2020 23:59:16 WIB
Expand pic
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Michel Foucault dalam bukunya yang berjudul biopolitics pernah membicarakan bahwa populasi adalah salah satu faktor ekonomi dan politik yang mempengaruhi suatu negara atau global.

13/03/2020 23:59:16 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Perlu adanya control khusus dalam populasi manusia itu sendiri dan aktor elit seperti negara (atau yang mempunyai kekuasaan) menjalankan tugasnya untuk mengontrol hal tersebut, disini muncul istilah biopower.

13/03/2020 23:59:17 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Banyak cara dalam mengontrol populasi dunia, virus adalah salah satunya. Foucault melihat hal studi kasusnya di Afrika saat itu, dia melihat virus-virus sering banyak terjadi dan muncul di negeri ini.

13/03/2020 23:59:17 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Dengan genealogy (relasi kekuasaan), dia mengungkapkan bahwa hal tersebut dilakukan untuk mengontrol populasi negara berkembang. Hal yang membuat kritis Foucault adalah produksi penawar racun virus tersebut.

13/03/2020 23:59:18 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Pada kenyataannya, anti-virus akan selalu ditemukan pada negara-negara maju (yg diuntungkan) atau mungkin belum ditemukannya anti-virus atau penawar racun tersebut (sengaja atau tidak sengaja - subjektifitas).

14/03/2020 00:00:57 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Dengan ini, dia juga menjelaskan secara genealogy bahwa untuk mengontrol populasi manusia itu sendiri bukan hanya dengan cara mencegah tingkat kelahiran, melainkan dengan mempercepat tingkat kematian.

14/03/2020 00:00:59 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Virus bisa dikatakan juga sebagai cara (biopower) bagi elit kekuasaan untuk mengontrol populasi dengan tujuan ekonomi (terkait dan sesuai konteks). Maka disebutkan terms baru yaitu unnatural selections.

14/03/2020 00:00:59 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Adanya virus H1N1, Ebola, H5N1, Mers, Sars dan sampai sekarang adanya Covid-19 Corona apakah bagian dari relasi kekuasaan tersebut atau bisa dikatakan bagian dari biopolitics? hal ini perlu dikaji lebih dalam.

14/03/2020 00:01:00 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Hal yang menarik bahwa, tidak semua ilmu bisa dianalisa dalam satu sudut ilmu saja, tapi ilmu sekarang telah berkembang. Inter atau multidisiplin lebih banyak digunakan dalam membuka kebenaran atas suatu isu atau kejadian yang ada di dunia ini.

14/03/2020 00:01:00 WIB
Harjasasmita (ꦲꦂꦗꦱꦱ꧀ꦩꦶꦠ) @azmyakbar

Saya tidak membicarakan konspirasi atau kontroversi. Saya berbicara tentang perkembangan ilmu.

14/03/2020 00:01:01 WIB
ra ☘ @queensky021

Jika Indonesia lockdown , kita siap gak menanggung dampaknya ? #LockDownIndonesia A thread Mohon ditambahkan/diralat jika ada salah kata, krna saya bukan pengamat ekonomi, saya hanya orang awam yg melihat dampak luarnya..

14/03/2020 11:44:10 WIB
ra ☘ @queensky021

Alasan kenapa bapak Jokowi belum menerapakn sistem lockdown adalah krna jumlah yang terinfeksi belum pada tahap yang mengkhawtirkan, Korea selatan pun yg jumlah terinfeksinya 8rb jiwa belum memberlakukan lockdown Biar tidak terlalu luas penyebaran nya, ya kita disuruh tetap

14/03/2020 11:44:11 WIB
ra ☘ @queensky021

Menjaga Kesehatan kita sendiri, peduli dengan badan sendiri.. Ini wajib dan harus dipatuhi saat ini.. Efek nya bagi suatu Negara jika lockdown yaitu ditakutkan Akan terjadi krisis moneter yang besar-besaran melebihi th 98 Kok bisa gitu? Lemme tell you

14/03/2020 11:44:12 WIB
ra ☘ @queensky021

Jika di lockdown dr sisi ekonomi 1. Maskapai penerbangan mengalami kerugian yg amat besar, akibatnya pekerjanya akan dipotong gaji/PHK 2. Tempat-tempat wisata udah bukan sepi lagi, tapi kosong. Gak ada pendapatan, rugi besar, pekerja otomatis potong gaji / PHK.

14/03/2020 11:44:12 WIB
ra ☘ @queensky021

3. Sekolah diliburkan, kerja diliburkan Orang Indonesia banyak yg perantauan, pasti kalo ada libur panjang ya pilihan nya Mudik. Org Indo bisa dilarang Mudik? Gak bakal bisa, Orang Indonesia banyak yg tidak patuh.. Kalo pada mudik, justru penyebaran nya akan lebih parah

14/03/2020 11:44:12 WIB
ra ☘ @queensky021

Desek2an semua manusia di Pelabuhan, stasiun, Tol, terminal.. Sampe kampung halaman menyebarkan virus ke kampung nya 4. Orang ekonomi keatas banyak ngborong makanan. Akibatnya Stock makanan/minuman akan ludes dalam sekejap, Lalu makanan dan minuman langka dan harganya Mahal

14/03/2020 11:44:14 WIB
Continuous stirred tank bioreactor @fermentedblood

@azmyakbar AKHIRNYA ADA YANG BIKIN THREAD BIOPOLITICS. MY BIO-MUN ASS IS ESTATIC RIGHT NOW😭🥰❤

14/03/2020 12:34:04 WIB
Black Megazord. @Antitesis101

@azmyakbar Seperti kata Dosen w dlu - Virus a/ bisnis skala Global industri Farmasi, salah satunya u/ mengurangi populasi org yg dianggap tidak produktif ataupun menyerang sesama borjuis .. yg nantinya menjadi pembeli sekaligus ladang akumulasi kapital bagi penyedia Anti-Virus.

14/03/2020 18:12:16 WIB
Anggar Shandy @shandyanggar

@azmyakbar Masnya beneran udah baca The Birth of Biopolitics?

14/03/2020 18:23:07 WIB
- @mahaputriprmtha

@azmyakbar jadi keinget obrolanku sama dosen hi dulu ttg biopolitics, awalnya sih aku ngira itu cuma konspirasi blabla, tp emang ada teorinya kok

14/03/2020 19:00:23 WIB
Bayu @baayuaji__

@azmyakbar Cukup misleading. Pemahaman tradisional atas power yg memaknainya sbg "kelas atas nindas kelas bawah, spt raja vs budak, spt sesuatu yg bisa dimiliki dan diambil alih" itu justru dikritisi oleh Foucault. Power bagi Foucault ada dimana2, tersebar layaknya jejaring relasi.

15/03/2020 02:28:32 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!