Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Kesalahan Saat Eksfoliasi Wajah Yang Berpotensi Bikin Kulit Iritasi

Seringkali terjadi kesalahan-kesalahan dalam eksfoliasi yang malah membuat kulit wajah menjadi kasar, berjerawat bahkan sampai iritasi.
0
Kesalahan saat Eksfoliasi Wajah yang Berpotensi Bikin Kulit Iritasi

Saat ini banyak banget tren perawatan wajah yang populer di Indonesia. Salah satunya adalah exfoliating atau exfoliasi wajah. Treatment satu ini biasanya dilakukan 1-2 kali seminggu dan berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada kulit yang tidak terangkat dengan mencuci muka saja. Rutin melakukan eksfoliasi bisa membuat wajah flawless dan tampak lebih cerah.

Sayangnya, bila tidak dilakukan dengan benar, perawatan satu ini justru berpotensi membuat kulitmu menjadi iritasi, girls! Yuk, simak kesalahan yang sering dilakukan saat eksfoliasi yang wajib kamu hindari berikut ini.

1. Waktu eksfoliasi yang tidak tepat

Siapa di antara kamu yang menggunakan facial wash yang dilengkapi scrub atau butiran halus? Hmm, mulai sekarang coba hentikan karena melakukan eksfoliasi setiap hari sangat tidak dianjurkan. Terlalu sering melakukan scrubbing akan membuat kulit menjadi dehidrasi, mudah mengelupas, kemerahan, berpotensi merusak sel-sel kulit, hingga iritasi.

Eksfoliasi juga tidak dianjurkan saat wajah mengalami jerawat. Butiran scrub yang kasar justru bisa memicu penyebaran bakteri pada wajah. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan eksfoliasi? Hal ini bergantung pada jenis kulitmu. Untuk kulit berminyak, bisa lakukan eksfoliasi 1-2 kali per minggu. Pemilik kulit sensitif baiknya dilakukan 1 kali saja dalam seminggu.

2. Memilih masker yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Sebelum melakukan eksfoliasi, kamu wajib memahami jenis dan kebutuhan kulitmu. Karena berbeda jenis kulit berbeda pula cara eksfoliasinya. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak disarankan untuk menggunakan masker dengan scrub atau butiran halus. Kamu juga bisa menggunakan exfoliator kimia yang mengandung AHA/BHA dan salicylic acid untuk mengangkat kotoran pada wajah.

Pemilik kulit kering harus hati-hati dalam memilih exfoliator. Satu hal yang terpenting adalah menghindari produk berbahan alkohol yang bisa membuat kulitmu menjadi semakin kering. Bila kamu punya kulit kering dan sensitif, carilah masker yang bisa mengeksfoliasi sekaligus menghidrasi. Biasanya masker ini berbentuk gel atau krim tanpa dilengkapi dengan butiran halus.

3. Lupa menggunakan moisturizer atau pelembab

Hal satu ini merupakan kesalahan fatal yang sebaiknya tidak lagi kamu lakukan. Setelah melakukan eksfoliasi, kulit cenderung akan menjadi kering. Inilah yang membuatmu wajib mengaplikasikan moisturizer atau pelembab untuk menjaga kekenyalan kulit.

Selain pelembab, penggunaan sunscreen atau tabir surya menjadi step yang juga harus dilakukan. Pengangkatan sel kulit mati pasca proses eksfoliasi membuat wajahmu lebih sensitif terutama dari sengatan sinar matahari. Oleh karena itu, sebelum keluar rumah sebaiknya kamu memproteksi wajah dengan mengaplikasikan sunscreen, ya!

4. Menggunakan produk terlalu banyak dan berlebihan

Mungkin karena ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu lantas menggabungkan berbagai produk untuk eksfoliasi. Langkah ini justru salah besar! Kulitmu juga butuh waktu untuk bernapas.

Hindari melakukan eksfoliasi dengan menggabungkan satu produk ke produk yang lain karena hal ini justru bisa menimbulkan efek negatif pada wajahmu. Hindari pula melakukan scrubbing terlalu keras karena bisa membuat kulitmu menjadi mudah iritasi. Ingat, segala hal yang berlebihan pasti hasilnya justru tidak akan maksimal!

5. Tidak mencuci wajah dengan benar

Setelah melakukan eksfoliasi, pastikan kamu membilas sisa produk dan sel kulit mati hingga benar-benar bersih. Sisa kotoran yang masih menempel bisa memicu bakteri untuk tumbuh dan membuat wajahmu menjadi rentan mengalami masalah seperti berjerawat hingga iritasi.

Mulai sekarang jangan lupa untuk menghindari kebiasaan buruk di atas saat eksfoliasi wajah ya!

Comment

No comments yet. Write yours!