#memetwit Kejanggalan2 Kematian Korban Tsunami 2004 di Aceh "Arwah2 orang yang Meninggal Berbaur dengan Orang yang Masih Hidup di Pengungsian"

ini asli serem
2
dan @danibahrii

Seminggu setelah Tsunami Aceh 2004, aku menemukan banyak kejanggalan. A tread [Aku adalah kedua kiri bawah] pic.twitter.com/3eZvefEqj2

27/02/2020 23:44:17 WIB
Expand pic
dan @danibahrii

Btw ceritanya besok aja yaa soalnya harus izin dulu ke orang tua boleh gak di publikasikan.

27/02/2020 23:48:20 WIB
dan @danibahrii

Oke guys! Berjam-jam aku jelasin ke ibuku mau buat tread ditwitter dia gak ngerti-ngerti. Intinya dia ngebolehin asal tempat sama namanya dirahasiakan. Oiya ini tread pertama ku ya, maaf bahasanya agak baku atau aneh maklumin ajaa hehehe

28/02/2020 11:56:50 WIB
dan @danibahrii

Sabtu 1 januari 2005, tepat seminggu setelah Tsunami aku dan ibuku balik kekampung dari tempat pengungsian. Abang dan kakakku gak ikut karna mereka memilih tinggal di pengungsian. Aku yatim dari kecil.

28/02/2020 11:56:51 WIB
dan @danibahrii

Dari tempat pengungsian kami naik mobil pick up pengangkut barang, tapi untuk sampai kerumah kami masih harus berjalan kaki sekitar 20 menit.

28/02/2020 11:56:51 WIB
dan @danibahrii

Sepanjang perjalanan menuju kampung yang kulihat hanya pohon tumbang, rumah ambruk, dan mayat. Karena mungkin ada beberapa mayat yg belum di evakuasi oleh tim relawan.

28/02/2020 11:56:52 WIB
dan @danibahrii

Aku menatap satu mayat yg ga aku kenali dia memakai baju daster warna merah berlumuran tanah, tiba-tiba ibuku bilang "gausah dilihat dek, mereka ga ganggu kita, mereka orang baik" ucapnya.

28/02/2020 11:56:53 WIB
dan @danibahrii

Sesampainya dirumah, aku melihat rumahku rata dengan tanah tak ada satupun yg tersisa. Habis semua terbawa arus. Aku melihat mata ibuku berkaca-kaca, "peninggalan ayah habis semua ya dek" ucapnya.

28/02/2020 11:56:53 WIB
dan @danibahrii

Kamipun langsung bersih-bersih. Kata ibu malam ini kami tidur disini. Tim relawan membantu kami mendirikan tenda serta perlengkapan lainnya.

28/02/2020 12:01:35 WIB
dan @danibahrii

Malampun tiba. Aku ingat betul peristiwa malam itu, ketika ibuku sholat maghrib aku berjalan keluar tenda.

28/02/2020 12:01:36 WIB
dan @danibahrii

Tiba-tiba aku mendengar suara tangis bayi. Tangisannya pilu seperti sedang kesakitan.

28/02/2020 12:01:37 WIB
dan @danibahrii

Tanpa pikir panjang, aku langsung lari ketempat ibuku. "Mak diluar ada suara bayi menangis". " Halah ngaco kamu dek, mamak dari tadi ga denger apa-apa kok". Akun pun tak menghiraukan suara itu, mungkin memang halusinasi ku saja.

28/02/2020 12:01:37 WIB
dan @danibahrii

Jam 10 malam ketika kami tidur, aku terbangun kebelet pipis, aku memberanikan diri keluar buat kencing, diluar tenda aku melihat dua perempuan, satu nenek-nenek, satunya lagi gadis berkerudung putih.

28/02/2020 12:01:38 WIB
dan @danibahrii

Nenek itu seperti sedang marah-marah ke gadis itu, kalo tidak salah dia bilang "laot zina ie beuna teuka" (air laut naik karena banyak zina).

28/02/2020 12:08:03 WIB
dan @danibahrii

Aku belum sempet kencing, tapi tiba-tiba mereka melihat ke arahku. Aku lari masuk tenda dan membangunkan ibuku, kuceritakan semua kejadian tadi, tapi lagi-lagi ibuku bilang "halah jangan ngaco kamu dek" Akupun diam dan tak mau kencing lagi.

28/02/2020 12:08:04 WIB
dan @danibahrii

Keesokan harinya aku ngompol 😖. Ibuku marah besar!! gimana ga marah, umurku sudah 6 tahun tapi masih ngompol. Aku hanya bisa bilang "kan adek udah bilang gak mau kencing lagi diluar karena takut ada nenek-nenek diluar",

28/02/2020 12:08:05 WIB
dan @danibahrii

seketika ibuku terdiam trus bilang " Nek panjo". "Siapa nek panjo itu mak? " Kataku. "Sudahlah kamu pergi mandi sana bau pesing! " Jawab ibuku.

28/02/2020 12:08:06 WIB
dan @danibahrii

Akupun mandi pake air sumur yg Alhamdulillah sumur nya masih utuh dan bisa digunakan sampe skrg. Waktu aku mandi aku mencium bau amis, mungkin karena bekas air tsunami. "Ah yang penting mandi! " Ucapku.

28/02/2020 12:08:06 WIB
dan @danibahrii

Setelah mandi dan siap semuanya aku pergi main. Layaknya anak-anak rasa penasarannya itu ada. Aku jumpa kawanku, inisial R, dia tempatku ngutang duit karena memang orang tuanya orang berada wkwkwkw.

28/02/2020 12:08:07 WIB
dan @danibahrii

Sehari sebelum Tsunami aku ada hutang ke dia 1 perak dan aku lupa bayar. Tapi baiknya dia bilang ga usah bayar lagi, aku udh ikhlas ambil ajaa.

28/02/2020 12:11:22 WIB
dan @danibahrii

Hari itu aku melihat banyak mobil angkutan jenazah lewat.

28/02/2020 12:11:22 WIB
dan @danibahrii

Memang ada beberapa mayat yg belum ditemukan dan tak pernah jumpa sampai skrng.

28/02/2020 12:11:23 WIB
dan @danibahrii

Sorenya setelah main aku pulang ke tenda ibuku, aku lihat ibuku sedang menangis di dekat sumur, katanya semua kawannya banyak yang meninggal, saudara kamu pun juga banyak yg meninggal.

28/02/2020 12:11:24 WIB
dan @danibahrii

Trus malamnya aku denger lagi suara bayi nangis itu, tapi kali ini suaranya pelan ibuku pun mendengarnya. Dia bilang "ga usah takut dek, baca surah Al-Fatihah ya.. " Akupun nurut.

28/02/2020 12:11:24 WIB
dan @danibahrii

Kemudian kami tidur, tapi tengah malam ibuku bangun, dia ngintip lewat celah di tenda trus dia bilang "nek panjo", kemudian ibuku tidur lagi.

28/02/2020 12:14:55 WIB
Load Remaining (113)

Comment

No comments yet. Write yours!