(Beberapa Kasus Bahkan Jadi Auto Tewas di Tempat) Ternyata Memberi Minum Pada Korban/Orang yang Sedang Pingsan atau Tidak Sadar Itu Salah Besar dan Sangat Berbahaya

Thread by: @afrkml
A I R kesehatan pingsan stroke health miinum
3
Ns. Rizal do ↺ @afrkml

♂️, Homo Sapiens, Terra (Editor, Author, Nurse, Astronomy Addict) | Follow for Health and Astronomy Threads' Update

Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Ingat! Memberi minum pada korban/orang yang sedang pingsan atau tidak sadar itu BERBAHAYA Apakah warga +62 merasa kurang afdol klo dikit2 nggak ngasih teh anget? Kudu ya? biar apa? Beberapa kasus bahkan jadi auto tewas di tempat, hanya karena segelas air. Why? --- mini thread pic.twitter.com/11VoUjG6y1
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
PERHATIKAN! Mereka yg tidak sadar akan kehilangan kemampuan utk membersihkan jalan napas ketika ada benda asing masuk ke sana. Alias, orang ini ga bisa batuk temen2 Apakah pemberi minum yakin bahwa air yg dia masukin ke mulut korban kecelakaan bisa lgsg masuk ke kerongkongan?
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Kebanyakan kasus justru mereka memberikannya dalam keadaan leher gak bener, kepala miring, korban telentang dsb Di luar dari itu, masyarakat awam juga tidak bisa menilai kualitas cedera korban (apabila ada cedera), dan langsung menggotongnya begitu saja
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Apa sih pingsan itu? Oke biar paham, kita kenalan dulu sama sahabat baik kita, yaitu Otak Otak adalah organ yg sensitif. Karena tugasnya sangat sangat sangat penting, dia butuh BANYAK sekali oksigen dan nutrisi. Itulah mengapa ada banyak sekali pembuluh darah pada otak pic.twitter.com/19siQkYceg
Expand pic
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Apabila suplai oksigen dan nutrisi mulai berkurang, si Otak bakal ngambek. Dia akan mengirim sinyal pada sistem kardiopulmonal utk mengirimkan darah lebih banyak lagi. Hasilnya? napas menjadi cepat dan pendek, megap2, bahkan jantung berdebar2 (bbrp tanda khas sebelum pingsan)
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Apabila penurunan oksigen semakin menjadi, tubuh mulai mengantuk. Otak bakal bikin kita ngantuk supaya diem dulu aktivitasnya Nah, kalau bandel dan gak nurut sama otak, otak bakal makin marah dan gak pake babibu lagi akan shutdown tubuh kita and then, beep. Pingsan
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Apabila kondisi tubuh diperparah oleh HIPERTENSI dan penumpukan zat kapur, lemak, atau kolesterol, marahnya Otak akan lebih hebat lagi Sumbatan pembuluh darah akibat hipertensi dan zat kapur/lemak akan menghambat aliran darah. Suplai oksigen utk otak makin ga karuan
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Kalau sumbatan semakin menghambat hingga 100%, aliran darah berhenti dan BOOM! STROKE Tapi tenang, kita gak akan bahas stroke di sini pic.twitter.com/JuHVxkE7Kc
Expand pic
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
So, kembali ke Pingsan Pingsan berbeda dg tidak sadar. Pertolongannya bakal beda Orang yg akan pingsan biasanya punya tanda dan gejala khas. Temen2 kudu ngerti ini Apa aja? 1. Perasaan mengantuk yg progresif (td sdh dijelaskan) 2. Bingung 3. Pusing atau nyeri kepala
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
4. Kadang pingsan didahului oleh tanda2 khusus STROKE, seperti tbtb sulit bicara atau gk mampu gerakin salah anggota badan 5. Badan kerasa enteng 6. Palpitasi (jantung tbtb berdenyut kencang, berdebar-debar, ngga teratur, atau melompat-lompat) twitter.com/afrkml/status/…
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
STROKE tdk datang tiba2, ada tanda2 yg ditunjukkan oleh otak utk memperingatkan kita bahwa tubuh berada dlm bahaya serangan stroke. Selain hipertensi sbg faktor utama serangan stroke yg dpt menjadi sinyal pertama, FAST dpt kita jadikan rujukan jg utk mengenali tanda awal stroke pic.twitter.com/uqQfl2URqv
Expand pic
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
7. Bbrp kondisi bahkan diawali denyut jantung yg melambat. Kenapa kok beda2? Karena pingsan gak cuma dimiliki oleh satu kondisi/penyakit saja, melainkan buanyak 8. Keringetan 9. Pucat 10. Perubahan pandang, jarak pandang 11. Mual, menguap terlalu sering 12. Sempoyongan
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Coba kenali tanda2 itu Pingsan juga dpt terjadi pada kasus kecelakaan dg perdarahan besar ataupun tidak
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
PENCEGAHAN PINGSAN BAGI DIRI SENDIRI kalau mulai merasakan akan pingsan. Coba telentang dengan meninggikan kaki lebih tinggi dari jantung Klo tdk memungkinkan, coba duduk dengan memposisikan kepala lebih rendah di antara dua kaki (bisa bayangin)?
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Karena pingsan bs disebabkan oleh dehidrasi atau penurunan gula darah, minumlah air. Terutama apabila kamu baru saja berdiri lama di tempat panas Paparan panas bs memicu dehidrasi dn menyebabkan pingsan
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Terus gimana kalau terjadi pada orang lain? PERTOLONGAN PINGSAN PADA ORANG LAIN Coba kenali dan amati ciri2nya. Biasanya, org yg mau pingsan dapat dikenali dari penampakan fisiknya 1. Tangkap orang tsb sebelum dia jatoh. Tangkap doang ya jgn lanjut kaya adegan2 drama tapi
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
2. Tidurkan orang tsb telentang pada bidang datar dgn mengangkat kakinya lebih tinggi dari jantung. Alasannya apa? Posisi ini dpt mendorong darah utk lebih mengalir ke otak drpd tubuh bagian bawah 3. Longgarkan pakaian, terutama kerah leher dan pinggang pic.twitter.com/5hgGzItXBv
Expand pic
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
4. Bubarkan keramaian agar oksigen yg seharusnya dipake korban ngga dicolong mereka 5. Kalau ada tanda2 mau muntah, bantu dia. Setelah itu telentangkan lagi, posisikan kepala miring ke salah satu sisi utk mencegah lidah jatuh ke belakang
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
6. Pastikan dia sadar dg menanyakan pertanyaan sederhana, seperti > siapa namamu? > tanggal berapa ini? > berapa umur kamu > kamu tau ini dimana? Itu cukup utk membantu mengenal orientasi.
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
Jika dia tdk bs, kesulitan, salah menjawab artinya sudah ada perubahan status mental. So, panggil bantuan/ambulans atau bawa ke IGD terdekat Apabila tbtb dia tidak sadar, mulai prosedur DRSCAB pada korban tdk sadar Langkah2nya bs kalian baca di sini twitter.com/afrkml/status/…
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
BANTUAN HIDUP DASAR - Do and Don't --- A THREAD bayangin kalian lagi jalan2 di alun2 kota/mall dan tbtb di depan kalian ada org pingsan, atau mgkin saat asik scroll Twitter, ayah kalian tbtb jatuh sambil memegangi dadanya dan megap2. Kalian mau diam saja? You should learn this! pic.twitter.com/PwbxbnN2Gj
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
7. Apabila status mental baik, korban berarti sadar. Tanyain belum makan tidak? Hbs diputusin pacar apa begimana gitu. Wkwkw Nanyain juga ada riwayat diabetes atau mgkin penyakit jantung? Nah di posisi inilah kamu bisa menawarkan dia minum
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
DONT!!! 1. memberi minum atau makan pada korban yg jelas2 ngga sadar. Pastikan dulu respons dan status mentalnya 2. Jangan tinggalin dia sendirian sebelum benar2 yakin dia baik-baik saja. Coba ajak main kosan buat istirahat(?) 3. Jgn menyangga kepala korban tdk sadar dg bantal!
Ns. Rizal do ↺ @afrkml
4. Ketika hendak mengecek respons, jgn ditampar woi. Kasian. Atau digoncang2in tubuhnya, jangan! Kalau ada cedera patah tulang gimana? 5. Jangan asal mindah2/gotong korban sebelum menilai cedera secara pasti (pd korban kecelakaan)
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.