Gampang Banget dan Pastinya Sehat, Cara Membuat Vegetable Noodles Alias Mie Sayur yang Bisa Kamu Coba

Thread by @unknownbitcj
3
syilvi @unknownbitcj

🥬🥕🥦VEGETABLE NOODLES 🥬🥕🥦 pic.twitter.com/1JDZn6uX6S

29/02/2020 23:22:51 WIB
Expand pic
Expand pic
syilvi @unknownbitcj

Bismillah.. Jadi ini thread pertama aku, mohon maaf kalo berantakan☹ jadi aku bakal jelasin step step sama bahan bahannya untuk bikin mie ini yaa..

29/02/2020 23:22:52 WIB
syilvi @unknownbitcj

Oke kita mulai dari bahan untuk buat si mie ini -¼ kg tepung cakra (aku pake segitiga biru) -1 sdm tepung sagu (bebas apa aja) -100 gram daun sawi atau bayam (hanya daunnya saja ya) -½ potong wortel ukuran sedang (ini optional gak pake gpp) -2 butir telur -60ml air -½ sdm garam

29/02/2020 23:22:53 WIB
syilvi @unknownbitcj

Nah untuk alatnya -baskom/wadah ukuran besar -alat penggiling yg biasa buat adonan cheesesteak -saringan halus -blender pic.twitter.com/g7QVTf1mhd

29/02/2020 23:23:01 WIB
Expand pic
syilvi @unknownbitcj

Oke step 1 1. Haluskan sayur sayuran yang udah di cuci bersih, termasuk wortel nya juga kalau kalian mau pake. Tapi klo engga gapapa. Dengan 60ml air matang 2. Di blender sampe bener bener alus tapi jangan sampe jadi bubur (terlalu kental) karna kita butuh airnya

29/02/2020 23:23:02 WIB
syilvi @unknownbitcj

2. Saring sayuran yg udh diblender tadi pake saringan yang halus, supaya gak ada yang ngikut sisa sisa daun nya. Jadi bener bener cuma ambil airnya aja ya. Lalu step 2 1. Campurkan tepung cakra, telur, garam, sagu kedalam wadah yg cukup besar. Lalu tambah kan sedikit sedikit-

29/02/2020 23:23:02 WIB
syilvi @unknownbitcj

Jus sawi yang udah kita blender tadi. Kenapa sedikit sedikit? Karna ini sambil kita uleni ya kalau langsung semua takut nya terlalu lembek dan malah terlalu banyak tepung. Jadi pakai jus sawinya secukupnya sajaaa

29/02/2020 23:23:03 WIB
syilvi @unknownbitcj

2. Uleni adonan sampai kalis, sampai gak lengket di tangan. Selama menguleni bisa sambil ditambah terigu sedikit supaya gak lengket. 3. Giling adonan yang udah kalis tadi di alat penggilingnya. Dibagi beberapa. Untuk ukuran tebal dan bentuknya kalian bisa atur sesuai selera ya..

29/02/2020 23:23:03 WIB
syilvi @unknownbitcj

Kurang lebih seperti ini bentuknya, pict by google pic.twitter.com/Csvf9Hq3lm

29/02/2020 23:23:14 WIB
Expand pic
syilvi @unknownbitcj

4. Setelah mendapatkan ketebalan yg kalian suka, kalian bisa potong di alat pemotong mienya. Kalau gak ada alatnya kalian bisa manual kok, tapi yaa memang agak lama dan lumayan menguras tenaga, cuma gapapa olahraga sebelum makan 😆

29/02/2020 23:23:15 WIB
syilvi @unknownbitcj

5. Setelah dipotong mienya, kalian bisa taburin tepung supaya ga lengket antara mie satu dengan yg lain(?) Wkwkw ya pokoknya biar ga lengket 6. Lalu kalian bisa simpan diwadah yg kedap udara biar gak basah, dan masukin kulkas deh pic.twitter.com/7WN7Zp9KCS

29/02/2020 23:23:24 WIB
Expand pic
syilvi @unknownbitcj

7. UDAH DEH JADI MIE SAYUR HOMEMADE KALIAN👏 Sebenernya ini simple banget kok, yang penting jangan buru buru ngerjain nya dan telaten. Untuk cara masaknya kalian harus rebus dulu mienya sekitar 3-5 menit tergantung ketebalan nya yaa

29/02/2020 23:23:24 WIB
syilvi @unknownbitcj

Kalo aku biasanya di goreng kaya ginii. Bisa dicampur sama telur, sayuran beku, jagung, apa aja tergantung selera kalian😁. pic.twitter.com/su6ob5iHBL

29/02/2020 23:23:32 WIB
Expand pic
syilvi @unknownbitcj

Dan ini gak harus sayuran hijau, bisa wortel kalau mau warnanya kuning agak oren, bisa juga brokoli, atau sayuran lain nya yang sekiranya pas di blender itu kita bisa ambil jus nya yaa👌

29/02/2020 23:23:33 WIB
syilvi @unknownbitcj

Udah sih begitu aja temam teman caranyaaa, kalau ada yg bingung atau mau ditanyain bisa drop dibawah yaa, nanti aku bakal jawab kalau bisa. Semoga yg mau bikin berhasil dan suka sama hasilnya hehe jangan lupa recook!!❤👌😆

29/02/2020 23:23:34 WIB
syilvi @unknownbitcj

@milywayyss Kamu bisa rebus dulu mienya yaa 3-5menit tergantung tebel mie kamu. Trus udah deh kamu bisa masak kaya mie telor biasa

01/03/2020 07:17:16 WIB
syilvi @unknownbitcj

@Adindaardiana2 Bisa manual kok sebeneenya, kamu gilingnya bisa pake rol an yg buat kue biasa atau diy pake botol juga bisa. Trus motongnya manual pake pisau juga bisa, yg penting telaten😉

01/03/2020 10:05:07 WIB
syilvi @unknownbitcj

@nurulfdyttt Kamu bisa pake botol minum yg permukaannya alus yaa, gak yg bermotif gitu. Atau bisa pake yg biasa buat kue. Motongnya manual deh ehehe

01/03/2020 10:09:03 WIB
Celine Gledek @anakk_halal

@unknownbitcj Btw, mau nambahin kak Klo ga ad mesin nya, bisa pkek penggiling manual atau ala anak kos pkek botol Marjan isi aer. Trs potong" pkek pisau. Di Ytb banyak

01/03/2020 16:19:29 WIB
syilvi @unknownbitcj

@capztainn Ini bisa 2hr klo kamu simpen nya di tempat yg kedap udara dan di dalam kulkas

01/03/2020 18:18:04 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!