Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.
Created on App

Hanya Berisi Nasi dengan Kangkung, Pihak AICE Diduga Mengklaim Memberikan Jatah Catering Untuk Buruh Outsourcing Sebesar 15 Ribu

Thread by @sherrrinn
3
Sarinah @sherrrinn

Saat ini pabrik es krim AICE, PT Alpen Food Industry mempekerjakan buruh outsourcing dari Jawa Timur setelah memPHK 81 buruh anggota serikat. Dan inilah katering utk buruh outsourcing yg diklaim harga Rp.15 ribu. pic.twitter.com/zRqRhBpdbu

29/02/2020 14:27:50 WIB
Expand pic
Edwin Basuki @edwin_basuki

@sherrrinn Pabrik AICE ini di kab bekasi atau kab karawang ?? Bknnya ada tokoh buruh yg sdh jd wakil rakyat disana?

29/02/2020 18:47:44 WIB
sella @syeillasci

@sherrrinn 15 rebu nasi ama kangkung doang:( Dibude 15, bisa dpt lauk ikan/ayam goreng+sayur itu..

29/02/2020 19:20:21 WIB
Sarinah @sherrrinn

Saya ngga bisa share videonya krn nggak enak kalau muka mereka muncul dan viral, tapi video mereka hidup berjejal di dalam satu rumah, ada.

29/02/2020 19:29:29 WIB
Sarinah @sherrrinn

Buruh OS dari Jawa Timur. Mereka ditaruh di satu rumah yg diisi 40 orang. Ini makanan yg dikasih ke mereka. Sudah ada yg dipulangin krn kritis sama pihak yayasan.

29/02/2020 19:29:59 WIB
Sarinah @sherrrinn

Mereka sebenarnya banyak yg pengen pulang tapi udah kadung, malu krn udah terlanjur merantau. Mereka hampir semua baru lulus SMK/SMA, usia 18-19 tahun. Tadi pengen nangis dengar cerita, kayak berasa adek saya yg diperlakukan seperti itu. Gaji juga dipotong. Oh, Tuhan... ๐Ÿ˜ญ

29/02/2020 19:45:54 WIB
Sarinah @sherrrinn

Mereka jg dilarang pergi ke mana2 dan selalu diawasi. Kami mau membantu, tapi tdk bisa karena mereka takut. Tolong ada yg bantu sidak dari @KemnakerRI, bisa kami tunjukin tempatnya. Pengawas di sini lamban, kami lapor masalah bumil November 2019, pemeriksaan Februari 2020 ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜ญ

29/02/2020 19:50:39 WIB
Sarinah @sherrrinn

Kondisi rumah itu kamar mandi cuma satu, dihuni 40-50 orang, ngga bisa semua dapat giliran mandi. Ke pabrik tdk mandi. Tadi bertemu mereka, wajah lelah dan belum mandi, serta (maaf) bau badannya menguar. ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

29/02/2020 20:08:41 WIB
Sarinah @sherrrinn

Tadi pas ketemu, kebetulan ada jurnalis dari pers mahasiswa juga yg lihat sendiri kondisi 3 orang buruh outsourcing datang ke kami. Jadi bukan saya sendiri yg lihat. Buruh2 yg lain ada di camp (rumah).

29/02/2020 20:11:37 WIB
Sarinah @sherrrinn

Dan maaf kalau tulisan saya belepotan, dada saya masih bergemuruh banget lihat kondisi dan dengar ceritanya ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

29/02/2020 20:13:38 WIB
๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐“๐“ท๐“ช๐“ด ๐“›๐“ช๐“ท๐“ช๐“ท๐“ฐ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @nusantoro_risqi

@sherrrinn @ernestprakasa "dipulangkan pihak yayasan" di bekasi kalo masuk pt lewat yayasan emang suka susah banyak potongan sana sini di tempat aku kerja ada pekerja outsourcing sehari hanya dapat gaji 75rb pdhal dr perusahan ngasih ke yayasan sesuai umr trus kalo lembur perjam hanya di gaji 5rb

29/02/2020 20:15:58 WIB
oktafia falentinasm @_Ofiameliala

@sherrrinn @__azza Sekali aja makan es krim merk aice. Setelah itu tobat. ๐Ÿ˜ฅ maafkanku karyawan2 aice.

29/02/2020 21:25:36 WIB
Ragnos @Ragnoswannabe

@sherrrinn @willsarana Berarti yg jadi permasalahannya ini yayasan outsource nya?dan aice menggunakan jasa mereka?karna bisa saja pihak aice ngeles uda sesuai dan yg potong2 si yayasan. Kudu jelas ini, menaker mana ya๐Ÿค”

29/02/2020 21:43:23 WIB
Sarinah @sherrrinn

Baru saja ada 7 orang yang pulang. Mereka dianggap tdk lulus MCU. Padahal mereka sdh kerja seminggu. Lirih mereka bilang trauma, nggak manusiawi sekali dan masih mending kerja di kampung saja. Barusan teman2 buruh F-SEDAR nganter mereka ke terminal bus ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ hatiku patah

29/02/2020 21:43:44 WIB
herlina kadek @dexna

@sherrrinn siap, ga akan beli aice lagi.. sampe ada perbaikan dalam internal perusahaan dalam kesejahteraan pekerja.

29/02/2020 21:54:32 WIB
Sarinah @sherrrinn

Saya juga mau ingatkan kalau Omnibus Law disahkan, maka praktik2 seperti ini akan legal. Pasal 59 dan 65 yg membatasi kontrak dan OS dihapus, misalnya. Saat ada waktu akan saya jelaskan lebih jauh. Makanya, plisss, jangan sahkan Omnibus Law. Makin sulit mengadvokasi hak buruh.

29/02/2020 21:59:39 WIB
A.Petra.M S.H @mudasarjana23

@_Ofiameliala @sherrrinn @__azza Salah satu HRD PT AFI (aice) sampai menyatakan sampah terhadap buruhnya, silahkan publik menilai #MogokSampaiMenang #Salam30Hari #boikotaice pic.twitter.com/VPgFib2EAl

29/02/2020 22:07:28 WIB
Expand pic
Sarinah @sherrrinn

Mereka yang dipulangkan dng alasan MCU ngga lolos adalah buruh yg pernah mengkritik kondisi kerja yg ngga manusiawi tsb.

29/02/2020 22:21:18 WIB
Sarinah @sherrrinn

Ini foto-foto yang saya SS dari video penampungannya. pic.twitter.com/QaEkgHZxxm

29/02/2020 23:35:28 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Sarinah @sherrrinn

Ini tambahan foto-fotonya. pic.twitter.com/ZQEZEZzzFa

29/02/2020 23:41:23 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Sarinah @sherrrinn

Ini foto terakhir dan nama perusahaan outsourcingnya. pic.twitter.com/2TfsQqYHTY

29/02/2020 23:41:52 WIB
Expand pic
Expand pic
๊ฆฉ๊ฆธ๊ฆ‚๊ฆ ๊ฆ @MurtadhaOne1

@sherrrinn Jika benar thread ini, maka yayasan outsourcingnya bisa dipidanakan Putusan MK putusan No 12/PUU-I/2003 mengatakan, sistem outsourcing tidak merupakan modern slavery dalam proses produksi.

29/02/2020 23:45:11 WIB
Sarinah @sherrrinn

Semua foto di atas diambil di spot yang berbeda. Pekerja ini juga masih separuhnya krn ada yg sedang masuk kerja shift saat video diambil.

01/03/2020 00:26:26 WIB
Meow Pejantan @meow_leader

@sherrrinn 15 ribu masih dapet ayam geprek.. itu mah apa? Perbudakan namanya..

01/03/2020 06:11:27 WIB
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!