Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Bantahan Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes vs Dis Informasi by Fahira Idris (Twit Asli Sudah Hilang)

disertai angka data pasien yang seolah itu nyata
0
IG: narkosun @narkosun

Postingan Fahira ini sudah termasuk menyebar HOAX kah? Karena sudah ada bantahan oleh Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes. "Data dari mana sih itu? krn data dari Litbangkes yg pertama kali mengeluarkan itu saya." katanya kepada detikcom, Sabtu (29/2/2020). pic.twitter.com/D0qcVIjK1O

29/02/2020 18:47:54 WIB
Expand pic

Jakarta - Di media sosial viral pesan menyebut 136 pasien dalam pengawasan virus corona. Tertulis juga bahwa pasien pengawasan terbanyak virus corona terbanyak di DKI Jakarta.
"Astagfirullah BIKIN KAGET! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di #Indonesia - DKI Jakarta 35 orang, Bali 21 orang, Jateng 13 Orang, Kepri 11 orang, Jabar 9 orang, Jatim 10 orang, Banten 5 oang, Sulut 6 orang, Jogya 6 orang, Kaltim 3 orang," cuit akun Twitter @fahiraidris yang juga anggota DPD RI.

Menanggapi, Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes menyebut pasien dalam pengawasan bukan pasien positif virus corona. Ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk menentukan seseorang positif Covid-19 atau tidak.

"Data dari mana sih itu? Karena data dari Litbangkes yang pertama kali mengeluarkan itu saya. saya malah bingung sendiri data dari mana," katanya kepada detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Sebelum menjadi pasien dalam pengawasan, seluruh orang yang datang dari negara yang mengonfirmasi adanya kasus positif virus corona di daerahnya kemudian datang ke Indonesia, misalnya pendatang dari Korea Selatan, Jepang, atau Malaysia, baik WNI atau WN asing, disebut orang dalam pemantauan.

Jika orang dalam pemantauan menjadi sakit yang mengarah pada gejala virus corona, maka statusnya menjadi pasien dalam pengawasan. Setelah itu, pasien dalam pengawasan akan menjalani tes spesimen atau pemeriksaan laboratorium untuk menentukan apakah dirinya terjangkit virus atau tidak.

Hingga kini, seluruh pasien dalam pengawasan dipastikan negatif virus corona Covid-19.

"Takutnya, itu data lama sebelum 143 yang dianggap semuanya dicurigai corona. Sekarang 143 semua negatif, spesimen dikirim dari 44 RS di 22 Provinsi," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tidak gampang percaya berita yang tak jelas asal-usulnya. Sejauh ini, Kemenkes menyebut terus melakukan upaya cegah tangkal Covid-19 di seluruh pintu masuk negara yang berjulah 135 baik yang dari darat, laut, maupun udara, termasuk sumber daya manusia dan peralatan.

sumber: health.detik.com

Danz AjaLah @Kawula90s

@narkosun kok orang ini kayak nya kebal hukum sih , apa dekingan nya orang2 penting jg apa gmn sih

29/02/2020 18:53:02 WIB
Naliko Semono @BusroWidodo

@narkosun Sungguh biadab mereka ini... @fahiraidris kayaknya lg "test the water" sama aparat hukum negeri

29/02/2020 19:05:52 WIB
Capt.Kapstock @setiakawan25

@narkosun @DivHumas_Polri @KemenkesRI @fahiraidris DPD RI rasa satpol PP piaraannya gabener nih mesti diciduk. Bikin hoax yg meresahkan 😡🤬

29/02/2020 19:19:05 WIB
angga @AnggaPtx

@narkosun Klo sampai menuliskan jumlah korbannya sedetail itu tanpa data rujukan menurutku sudah termasuk menyebarkan hoax. Tapi kemungkinan besar tidak akan tersentuh alias pasti lolos 😂😂😂

29/02/2020 19:27:43 WIB
Ari3Pras @Ari3Pras

@narkosun Silakan disapa secepatnya pak @CCICPolri @KemenkesRI @PolhukamRI Jangan tebang pilih. Terima kasih.

29/02/2020 19:59:55 WIB
Dewi Tanjung15 @DTanjung15

Helloo Fahira Idris HALU.. Kau dapat informasi dari mana ini nanti aku akan cek ke Kemenkes benar tidak berita yg kau sebar kan ini.. Ngga Usah Norak sebar Hoax murahan deeh.. Kau Anggota DPD di Gaji oleh Negara bukan di Gaji Oleh Pemprov DKI... Paham kau Senator.. pic.twitter.com/YhczdUiQn6

29/02/2020 19:01:15 WIB
Expand pic
KALEDO BASI @u_udy

@DTanjung15 Waspada pengalihan ISSUE dr banjir ke corona 😅😅😷😷

29/02/2020 19:03:44 WIB
okto_djohan @okto_djohan

@DTanjung15 Senator yg jg sekaligus provokator, makan gaji dg uang rakyat, tp suka menyebar hoax, meresahkan rakyat, kaya sensasi, minim prestasi............

29/02/2020 19:16:17 WIB
Erwin @Erwin26968132

@DTanjung15 Menghitung aja dia salah,jumlah pasien 136..dr mulai DKI smpai KalTim hasil nya 119..itu perempuan LOL apa Dungu yaa

29/02/2020 19:06:14 WIB
NungguinKoronaPigi @l3p15

@DTanjung15 @1979_khairul Di negara tetangga bisa di tuntut 5 tahun untuk Hoax yg mengamggu stabilitas n keamanan.. Lumayan tu keluar dr penjara bisa singset bin bahenol..

29/02/2020 19:23:43 WIB
Eko Haris @eko63691

@DTanjung15 Hajar terus mbak... Jgn kasih kendor, tp cuitannya sdh dihapus

29/02/2020 19:08:01 WIB
win kus 🇮🇩 @erwinkuswandi19

@DTanjung15 Harus ada sangsi tegas bagi senator yang suka nebar hoax

29/02/2020 19:17:49 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!