Berawal Dari Keributan Personal, Merembet Jadi Persoalan Horizontal Keagamaan: Kasus Penodaan Agama Asia Bibi, Wanita Pakistan yang Dapat Vonis Hukuman Mati

Thread by; @KienAnd_
asia bibi Pakistan social penodaan penistaaa agama viral hukummati
2
Kienand Lauw @KeeNand__

Jesus Son’s || 1 Corinthians 1:28 || Asian Value || IG : instagram.com/kienandlauw16

Kienand Lauw @KeeNand__
Pernah tau kasus asia bibi di pakistan gak? Seorang wanita yang terkena pasal “penodaan agama” satu pasal yg juga di adopsi Indonesia, asia bibi mendapat vonis hukuman mati oleh pengadilan pakistan. Sampai obama dan paus fransiskus turun tangan krn kasus ini pic.twitter.com/Aj9l3RFvKB
Expand pic
Kienand Lauw @KeeNand__
Kasus ini bisa dibilang mendapat sorotan internasional karena seorang wanita di vonis mati awlanya atas dasar hukuman “menistakan agama” berawal dari keributan personal tapi merembet jadi persoalan horizontal keagamaan dan mendapat kecaman internasional.
Kienand Lauw @KeeNand__
“Pasal penodaan agama” yg berlaku di pakistan ini juga diadopsi indonesia namun dgn hukuman yang lebih ringan. Pakistan adalah negara yang paling keras menerapkan pasal hukum penodaan agama peninggalan hukum inggris dgn ganjaran hukuman mati.
Kienand Lauw @KeeNand__
Pasal penodaan agama Pakistan ini mengatur larangan merusak tempat ibadah, larangan mengganggu kegiatan keagamaan yang diselenggarakan secara sah, dan larangan ucapan yang sengaja melukai perasaan keagamaan.
Kienand Lauw @KeeNand__
Pasal penodaan agama ini awalnya berlaku bagi semua agama, kemudian “ di islamkan” pada masa jenderal zia ul haq dgn tujuan melanggengkan kekuasaannya sendiri. Isinya menistai Quran, nabi muhammad, keluarga dan sahabtnya diganjar “hukuman mati” pic.twitter.com/0MDfaN1grs
Expand pic
Kienand Lauw @KeeNand__
Tahun 2009 terjadi kasus yg menyorot perhatian dunia dimana seorang wanita katolik pakistan yaitu asia bibi yang berasal dari desa sheikhpura, asia bibi ini adalah wanita miskin pakistan yang bekerja sebagai petani yang memetik buah buahan.
Kienand Lauw @KeeNand__
Karena lelah seharian bekerja, asia bibi ke sumur untuk tujuan mengambil minum dari air sumur yang dia temui, karena menemukan sebuah gelas dipinggir sumur, asia bibi meminum air sumur itu dari gelas yang ia temui dipingggir sumur itu.
Kienand Lauw @KeeNand__
Kemudian buruh yang juga temen asia bibi yang beragama islam melihat asia bibi meminum air dari gelas yang ia temui, buruh muslim itu memarahi asia bibi dengan mengatakan “orang kristen gak boleh meminum gelas yang sama dgn muslim karena najis”
Kienand Lauw @KeeNand__
Buruh buruh yg melihat percekcokan asia bibi yg kristen dgn seorang buruh muslim kemudian terjadi pertengkaran, klaim asia bibi wanita2 itu terus terusan menghina agama asia bibi yg kristen sehingga asia bibi tidak tahan lalu membalasnya.
Kienand Lauw @KeeNand__
Asia bibi mengatakn pada buruh muslim yang lain dgn perkataan “Aku percaya dalam agamaku dan dalam Yesus Kristus, yang mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Apa yang Nabi Muhammad kalian lakukan untuk menyelamatkan manusia?”
Kienand Lauw @KeeNand__
Mendengar perkataan asia bibi ini, buruh buruh tadi melapor ke ulama karena dianggap menistakan nabi muhammad. Masa langsung menyerang rumahnya dan memukuli keluarga asia bibi hingga polisi datang mengamankan.
Kienand Lauw @KeeNand__
Oleh pengadilan negeri pakistan, asia bibi diganjar hukuman mati karena dianggap menistakan agama. Peristiwa asia bibi ini menarik simpati gubernur negara bagian punjab pakistan dan menteri urusan minoritas pakistan shahbaz bati.
Kienand Lauw @KeeNand__
Karena dianggap membela orang yg melakukan penistaan agama gubernur punjab salman taseer mati diberondong peluru oleh pengikutnya, dan menteri minoritas pakistan shahbaz batti mati ditembak juga oleh Taleban.
Kienand Lauw @KeeNand__
Karena banyak orang pakistan yang menganggap pasal penodaan agama itu berasal dr Quran, berarti mendebat pasal penistaan agama tersebut berarti sama dengan menodai agama, bahkan sang penembak mati gubernur punjab dan menteri pakistan dielukan sebagai martir atau syuhada.
Kienand Lauw @KeeNand__
Vonis hukuman mati terhadap asia bibi ini menarik kecaman internasional, asia bibi harus berpindah pindah domisili dan mendapat perlindungan aparat keamanan pakistan selama 24 jam karena menjadi target pembunuhan kelompok garis keras.
Kienand Lauw @KeeNand__
Peristiwa ini mendapat perhatian internasional sehingga presiden US saat itu obama dan paus fransiscus memohon pada pakistan untuk meninjau ulang vonis hukuman mati terhadap asia bibi karena dianggap peradilannya cacat hukum.
Kienand Lauw @KeeNand__
Baru di tahun 2018 kasus asia bibi ini kembali disidangkan, oleh mahkamah agung pakistan, asia bibi dinyatakan bebas dari hukuman mati, dan terbukti tidak bersalah. Vonis bebas asia bibi mengundang kemarahan warga muslim pakistan dan menuntut pemerintah membatalkan vonis bebas pic.twitter.com/XrZzZ97kSo
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Kienand Lauw @KeeNand__
Banyak negara simpati terhadap asia bibi ini, beberapa diantaranya kanada, amerika, jerman dan perancis menawarkan suaka bagi asia bibi ini. Dan Asia bibi terakhir beritanya mendapat undangan dari presiden perancis emanuel macron amp.dw.com/id/macron-siap…
Kienand Lauw @KeeNand__
Aku pas liat kasus ini inget kasus penodaan agama yang dialami pak ahok, karena pasal penodaan agama yg berlaku di pakistan kni mirip dengan pasal penodaan agama yang diadopsi di indonesia tapi dgn hukuman yang lebih ringan.
Antony Riyanto @AntonyRiyanto
@KienAnd_ Dari kronologi kasus penistaan/penodaan agama oleh asia bibi, menunjukan bahwa, Kalau ada umat islam menghina agama lain,itu bukan penghinaan/penistaan. Tapi, kalau ada umat agama lain melakukan seperti hal serupa kepada agama islam, itu baru penghinaan/penistaan agama. Keren.
Ki Ageng Waru wetan @SalahKunci
@AntonyRiyanto @KienAnd_ iya mmg di org2 islam banyak mazab. banyak ttg suatu cerita yg dijadikan hukum.. klo isi quran nya sendiri sesuai alur kehidupan sangat baik tanpa cela. spt pemahaman ttg kekafiran mrk belokan. dll
#DirumahSaja @ISIS_Balik_NO
@KienAnd_ 👍👍👍 Saya sangat setuju kalau pasal Penodaan Agama diHAPUSkan karena pada Prakteknya hanya untuk melindungi Satu agama saja dan tak berpihak pada penganut agama lain selain golongan...Mayoritas.
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.