"Habis nge-gym terus keluar keringet dingin, dunia kayak muter2 mata jadi berkabut" Cerita Pemuda Pengidap Sakit Jantung Hingga Dipasang 3 Ring, Berkaca Wafatnya Ashraf Sinclair #BCLSinclair

Hindari segala pemicunya
THREAD Ashraf Sinclair bclsinclair seranganjantung Thread Asik Penyakit jantung
1
uul @auleeeeea
Sekali lagi saya dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya kak Ashraf, semoga kak unge @bclsinclair dan Noah selalu sabar, kuat, dan tabah, salam hangat dari Bandung❤️
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada

The Story Teller | Affiliate Marketer | Angel Investor | STPNHI | Nulis di Bixbux.com | Eat - Sleep - Coffee - Repeat | Indonesia

bixbux.com
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Sedih denger berita tentang Ashraf, meninggal krn jantung. Ini beneran silent killer. Turut berduka. Al fatihah. Umur ga ada yg tau, tp ini gw mau cerita tentang sakit jantung. Gw udh dipasang 3 ring. Semoga bisa diambil hikmahnya. *Sebuah cerita
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Gw di diagnosa kena serangan jantung bulan November 2018. Habis nge-gym trus keluar keringet dingin, dunia kayak muter2 dan mata jadi berkabut. Sempet diem dulu di gym ada kali sejam. Dikasih gula dsb. sampe agak mereda trus gw nyetir pulang.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Pas kejadian, dada gw gak sakit sih. Rasanya agak beda aja. Kalo habis olahraga kan dada kayak keisi penuh tuh, nah ini gak balik lagi. Gak sesek juga, cuma memang berbeda aja. Di rumah gw sempet dibikinin teh anget sm makan batagor. Siapa tau krn belum sempet sarapan jadi gini.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Setengah jam di rumah dada gak balik juga ke normal, akhirnya dibawa ke rs deket rumah. Disitu di diagnosa gw kena serangan jantung. Akhirnya dirujuk ke rumah sakit lain di kota bandung yang akhirnya gw dipasang ring 2 biji.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Hasil obrolan gw sama dokter dan hasil observasi gw selama ini. Penyakit jantung ini memang ribet. Gak keliatan dan gak berasa. Bisa tiba2 aja langsung out. Dan kalo lo nanya kenapa orang bisa kena sakit jantung, penyebabnya banyak.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Yang jelas, tersumbatnya pembuluh jantung itu karena akumulasi dr apa yang lewat di pembuluh. Kalo lo banyak makan lemak, ya ketimbun dah tuh lemak. Kalo lo ngerokok, ya ketimbun juga dah itu nikotin. Semuanya ketimbun di pembuluh darah. Kalo makin banyak ya bisa nutup.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Pengamatan awam gw, usia rawan memang di 40-43. Disini timbunan lemak dll yg di pembuluh darah kayaknya udh nyaris pol. Salah gerak dikit, timbunan lemak itu bisa mengelupas dan nutup pembuluh darah. Makanya yg habis olahraga berat kyk fulsal byk yg out, ya karena ini.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Usia 40-43 ada sodara yg tiba2 meninggal, temen2 juga ada yg tiba2 meninggal pas lagi tidur. Rawan bener dah usia ini mah. Dan jangan salah, karena ini sakit akibat akumulasi, semua orang punya potensi buat kena sakit jantung. Sekali lagi, semua orang. Gak pilih kasih.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Ini penyakit gak bisa dicegah. Bisanya diantisipasi. Kalo yg penasaran banget jantungnya sehat apa kagak ya bisa tes EKG tuh. Disitu akan ketahuan jantung sehat apa nggak. Kl hasil tes EKG bilang jantung ada masalah. Belum tentu jg penyumbatan, bisa karena jantung bengkak dll
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Satu-satunya cara utk memastikan pembuluh jantung kita tersumbat atau nggak ya harus di Cathlab. Pembuluh kita dimasukin selang kecil trus di pembuluh jantung disemprot cairan. Pembuluh yg kesumbat akan keliatan dr lancar nggaknya cairan mengalir tuh.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Sayangnya, cathlab ini mahal dan harus sekaliyan. Maksudnya, kalo di cathlab ketahuan ada penyumbatan, ya harus saat itu juga dipasang ring. Gw pas di cathlab baru ketahuan ada 3 penyumbatan 99%, 90% dan 89%. Yang dua langsung dipasang, yang satu nunggu 6 bulan berikutnya.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Menurut gw, penyakit ini bisa dicegah kalo lo dr kecil udah makan yang sehat2. Tapi mana bisa lah kita nolak gorengan dan semua yang berbau kolesterol hahahah Kalo lo udah gede, penyakit ini cuma bisa diantisipasi.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Lo HARUS checkup kesehatan di umur 38an lah. Cek semuanya, termasuk EKG buat jantung. Dari sini bakal ketahuan lo ada bibit sakit apaan. Jadi bisa diantisipasi dari awal.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
What can i say. Lo musti jaga asupan makanan. Apa yg mengalir di pembuluh darah itu apa yang lo makan. Udah telat sih kalo udah berumur. Tapi paling nggak bisa mengurangi.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
HINDARI MAKAN DAGING TRUS MINUM PAKE ES! Anjis padahal makan bakso trus pake es teh manis itu surga banget. Tapi udah deh hindari aja. Ini bakal bikin lemaknya menggumpal. Cek aja kuah bakso itu trus ceburin es ke dalemnya. Liat sendiri deh lemaknya.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
HINDARI OLAHRAGA YG KOMPETISI. Sudahi olahraga yg bikin lupa diri kayak badminton, tenis, futsal, basket, dll. Olahraga yg paling oke sih ya jalan kaki aja. Atau mungkin catur, halma, monopoli juga oke lah hahahaha
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Selebihnya ya udah banyak berdoa aja. Umur gak pernah ada yang tau, tapi kan kita wajib berusaha utk sehat. Gw berenti ngerokok setelah di ring, checkup dokter tiap bulan, dijaga makan yg lemak2, tapi ya tetep gak tau bgmana nanti.
Wientor Rah Mada⚡ @WRahMada
Semoga kita semua terhindar dari sakit jantung ini. Atau dari semua penyakit deh. Semoga kita semua diberikan kesehatan sampe bisa ngasuh anak cucu. Amin ya Rabb..

Bagaimana kalau melihat seseorang kena serangan jantung?

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.