"Gimana rasanya suasana duka keluarga kita direkam & dipertontonkan ke banyak orang?" Etika Jurnalistik Meliput Duka Oleh Media Sekitar Kita, Thread By @pinotski

Bagaimana rasanya?
Ashraf Sinclair Thread Asik THREAD dukacita viral bungacitralestari NOAH
0
Pinot @pinotski

Tweeting in Indonesian, RAW version of @pinot. Cuma pemalas yg kebetulan demen kerajinan tangan dibantu keluarga #SemestaHwarakadah Mahasiswa di @vaynermedia

Instagram.com/pinot
Pinot @pinotski
Jaman SMA, temen sebangku meninggal karena kecelakaan. Dengan temen2, gue langsung ke rumahnya bawa handycam. Gue rekam suasananya, termasuk ayahnya yang menangis histeris. Juga wajah temen gue yang terbaring kaku.
Pinot @pinotski
Sampai rumah, videonya gue edit untuk dipertontonkan di sekolah. Bokap ngelihat apa yang gue edit. Dia cuma komen "Not, seumpama salah satu keluarga kita ada yg wafat terus ada orang yang merekam suasananya, diedit & dipertontonkan ke banyak orang. Gimana rasanya?"
Pinot @pinotski
Gue berkilah bahwa videonya dibuat murni untuk mengenang sang temen yg wafat. Bokap nanya lagi "Gimana rasanya suasana duka keluarga kita direkam & dipertontonkan ke banyak orang?" Gue terdiam.
Pinot @pinotski
Sebagai seseorang yg punya latar belakang jurnalistik, bokap tidak perlu menjelaskan panjang lebar etika jurnalistik pada situasi berduka. Cukup menjelaskan dari sudut pandang empati. Kaset itu akhirnya ngga pernah gue terusin untuk diedit, pun dipertontonkan.
Pinot @pinotski
Dari beliau juga gue belajar bagaimana menceritakan sebuah kisah duka dengan proper. "Jangan diungkap kesedihannya, tapi ungkap harapannya, masa depan keluarga yang ditinggalkannya. Ngga perlu visual nangis untuk membuat orang terharu."
Pinot @pinotski
Prinsip itu yang membawa beliau sebagai pemenang piala Citra 1982, saat membuat dokumentasi tentang pendiri Kompas PK Ojong yg wafat sebelumnya, dengan judul "Setitik Kenangan Segelombang Teladan"
Pinot @pinotski
Prinsip yang masih gue bawa sampai sekarang. Beberapa kali mengangkap kisah duka dari kerabat atau teman. Visualnya tidak ada sama sekali saat mereka sakit, pemakaman, wajah sedih dari kerabat yg ditinggalkan. Tapi senyum dari mereka yg wafat & yg ditinggalkan.
BunCit @aprilia_citra
@pinotski @Gitalicious SETUJU BANGET!!! Udah cukup pedih ditinggal orang tersayang. Jd ga perlu diulang buat liat foto atau gambar ketika berduka. Perlunya dukungan buat semangat menatap hari depan tanpa org kehadiran org tersayang. Terimakasih udah bikin thread ini :") Izin post di IG boleh?

Sementara itu, dukacita publik figure lewat belasungkawa politisi kita

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.