[BREAKING NEWS] Professor Harvard Prediksi Corona Di Indonesia, Ini Dia Wawancara Mahasiswa Asal Indonesia Atas Hasil Penelitiannya

Intinya kita harus tetap hati-hati ya!
2
COLLE | Cek Pinned @collegemenfess

[cm] Klarifikasi prof harvard yang memprediksi Corona ada Indonesia berhasil diwawancara salah satu mahasiswa asal indonesia yg kuliah di harvard. 👍🏻 pic.twitter.com/nxMEMZq7Df

13/02/2020 20:15:26 WIB
Expand pic
πrman Faturrahman @yourchemist16

@collegemenfess Gais, utas ini mungkin relevan. Sebagai tambahan. Agak berkaitan sama hal ini. twitter.com/MethodologistI…

13/02/2020 21:30:42 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Hasil riset yang menggunakan metode regresi linier untuk melihat hubungan antara 1 variabel (volume penerbangan dari dan ke Wuhan) terhadap variabel lainnya (jumlah kasus di suatu negara) itu sifatnya prediktif, bisa jadi benar, bisa jadi salah. Yaudah kalo emang hasilnya begitu. twitter.com/detikcom/statu…

12/02/2020 13:15:05 WIB
detikcom @detikcom

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menanggapi hasil penelitian Harvard, yang menyebut harusnya virus corona sudah masuk ke Indonesia. Apa katanya? #Menkes #VirusCorona news.detik.com/berita/d-48944…

11/02/2020 12:40:25 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Dalam manajemen risiko, akan lebih baik jika kita berpikir bahwa suatu hal yang negatif terjadi sehingga perlu dirancang mitigasinya.

12/02/2020 13:20:10 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Jadi, dalam hal penelitian Universitas Harvard yang menyimpulkan bahwa Indonesia telah terkontaminasi virus Corona, jika dilihat dalam kaca mata manajemen risiko, akan lebih baik jika kita menganggapnya "benar".

12/02/2020 13:20:19 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Kita tidak sedang membicarakan metode penelitiannya, tapi lebih kepada manajemen risiko dan rencana aksi (action plan) dalam menanggulangi virus Corona.

12/02/2020 13:21:35 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Kenapa dalam kaca mata manajemen risiko lebib baik dianggap suatu yang negatif itu terjadi? Karena dengan kita menganggap suatu hal negatif terjadi, maka usaha kita untuk membuat sistem akan menjadi lebih baik.

12/02/2020 13:22:38 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Jadi kita tuh bekerja seolah-olah sedang menghadapi skema terburuk. Kalo kita bekerja dengan skema positif, seandainya skema negatif terjadi, bisa jadi kita kelabakan atau bahkan kita gak bisa berbuat apa-apa. Beda kalo kita bekerja dalam pertimbangan skema negatif.

12/02/2020 13:24:21 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Contoh Dosen kita bilang kalo minggu depan tanggal X akan ada ujian. Tapi beliau dari hari ini hingga minggu depan di luar negeri. Ada kemungkinan bahwa pada tanggal X akan ada ujian. Ada kemungkinan bahwa tanggal X gak jadi ujian karena dosen kita masih di luar negeri.

12/02/2020 13:27:32 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Dalam perspektif manajemen risiko, lebih baik jika kita menganggap bahwa tanggal X benar-benar akan ada ujian daripada menganggap bahwa tanggal X gak jadi ujian (karena dosen kita masih di luar negeri).

12/02/2020 13:28:37 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Misal kita belajar mempersiapkan ujian pada tanggal X karena kita berpikir bahwa tanggal X jadi ujian. Ternyata pada tanggal X gak jadi ujian karena dosen kita masih di luar negeri. Yaudah. Gapapa.

12/02/2020 13:29:55 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Misal kita gak belajar mempersiapkan ujian pada tanggal X karena kita berpikir bahwa tanggal X gak jadi ujian, soalnya kita yakin kalo dosen kita masih di luar negeri Ternyata pada tanggal X jadi ujian soalnya dosen kita sudah balik dari luar negeri. Kita akan kelabakan.

12/02/2020 13:31:09 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Contoh lain Kita menganggap diri kita besok dan seminggu lagi akan hidup. Padahal ada kemungkinan besok kita mati. Ada juga kemungkinan besok kita hidup. Maka akan lebih baik jika kita berpikir bahwa besok kita akan mati, sehingga kita akan lebih mengoptimalkan hari ini.

12/02/2020 13:43:26 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Mungkin cara berpikir dengan mempertimbangkan skema terburuk terjadi itu bisa jadi gak tepat bagi setiap orang/instansi. Tapi emang cara berpikir dengan mempertimbangkan skema terburuk terjadi itu emang sangat umum dilakukan. Pokoknya yang penting tetap bahagia 😀

12/02/2020 13:45:58 WIB
Hafizhurrahman @MethodologistID

Hasil riset yang menggunakan metode regresi linier untuk melihat hubungan antara 1 variabel (volume penerbangan dari dan ke Wuhan) terhadap variabel lainnya (jumlah kasus di suatu negara) itu sifatnya prediktif, bisa jadi benar, bisa jadi salah. Yaudah kalo emang hasilnya begitu. twitter.com/detikcom/statu…

12/02/2020 13:15:05 WIB
. @kugijju

@collegemenfess Apa cuma aku yang bingung baca captionnya si sender?

13/02/2020 22:07:33 WIB
cacaicha @kenapelu

@tmenanku @collegemenfess Jadi profnya diwawancarai sama mahasiswinya sendiri, orang Indo yg kuliah di harvard

13/02/2020 22:43:44 WIB
puput @alututuuu

@collegemenfess Tolong ceritakan apa kata dia,sinyal ku jelee bgt buat aku jadi darah tinggi klo buka yutub

13/02/2020 21:22:40 WIB
Tiramisyuu @Cinnamooon77

@awkayyydee @collegemenfess Profesornya bilang kalo penelitian itu ga spesifik mengarah ke satu negara aja tapi ke beberapa negara, salah satunya Indonesia karena kita nerima wisatawan dari cina. Dari temuan risetnya, Indo diprediksi punya 5 kasus (could be more or less).

14/02/2020 09:22:27 WIB
Tiramisyuu @Cinnamooon77

@awkayyydee @collegemenfess Tapi waktu ditanya tentang respon pemerentah kita, profesornya bilang kalo memang bener ga ada kasus yang ditemuin ya bagus. Mungkin bisa jadi model penelitian dia yang kurang tepat atau ada faktor lain walaupun kemungkinan salahnya itu sangat kecil (kata dia).

14/02/2020 09:24:01 WIB
Tiramisyuu @Cinnamooon77

@awkayyydee @collegemenfess Intinya sih temuannya bisa kita jadiin peringatan buat tetep hati2 :)

14/02/2020 09:25:14 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!