Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Bikin Tak percaya Diri , Inilah Ragam Penyebab Wajah Berminyak

Pasti sebel ya dengan wajah berminyak yang gak ada habisnya? Buat kamu yang ditakdirkan memiliki jenis kulit seperti ini, harap sabar. Jangan dibawa stres. Sebenarnya kamu bisa kok mengatasinya tanpa ribet.
0
Bikin Tak Percaya Diri, Ini Dia Ragam Penyebab Wajah Berminyak

Jenis-jenis kulit tentu bukan hal yang asing. Salah satu tipe kulit adalah kulit berminyak, yang bisa mengurangi kepercayaan diri.

Minyak di kulit, atau disebut sebum, dihasilkan oleh kelenjar sebasea (sebaceous glands) yang berukuran sangat kecil, dan jumlahnya paling banyak di kulit wajah dan kepala. Sebum sendiri berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit.

Lantas, kenapa sebagian orang memiliki kulit wajah yang terlalu mengkilap? Apa saja penyebab wajah berminyak?

Ragam penyebab wajah berminyak

Ada berbagai penyebab wajah berminyak. Beberapa di antaranya, memang mustahil untuk dicegah. Namun, kebiasaan yang kurang baik dalam merawat wajah pun, bisa menyebabkan kondisi kulit berminyak.

Apa saja penyebab wajah berminyak yang bikin tak pede? Ini dia.

1. Faktor genetik

Wajah berminyak sering terjadi karena faktor keturunan. Apabila salah satu orangtua memiliki kulit wajah berminyak, anak juga kemungkinan memiliki jenis kulit serupa.

2. Faktor usia

Remaja menjadi kelompok yang paling sering mengeluhkan wajah berminyak. Memang faktanya, produksi sebum akan menjadi titik puncaknya, saat seseorang memasuki usia dewasa. Tak tanggung-tanggung, produksi sebum oleh kelenjar sebasea meningkat menjadi 500%, ketika seseorang memasuki masa pubertas.

Sering pertambahan usia, kulit akan kehilangan protein termasuk kolagen. Produksi sebum pun akan menurun, sehingga kulit akan terlihat lebih kering. Tanda-tanda penuaan, seperti keriput akan mulai bermunculan.

Kulit dan wajah Anda yang terlihat lebih berminyak di usia remaja dan dewasa muda, akan menunjukkan tanda penuaan yang lebih sedikit, dibandingkan sahabat Anda yang kulitnya kering. Namun penting untuk diingat, komposisi kulit orang dewasa, seperti di usia 30an, dapat berbeda dibandingkan saat berumur kepala dua.

3. Pori-pori yang membesar

Pori-pori wajah dapat membesar sering karena usia, perubahan berat badan, maupun ketidakcocokan kulit terhadap produk perawatan tertentu (breakout).Pori-pori besar dapat menjadi penyebab wajah berminyak, karena menghasilkan sebum dan minyak lebih banyak.

4. Mengabaikan pelembap

Pelembap tidak menyebabkan kulit berminyak. Malahan, jika menggunakan obat jerawat seperti asam salisilat dan benzoil peroksida, Anda memerlukan pelembap yang tepat agar kulit wajah tak mengering. Anda dapat memilih pelembap yang bebas minyak.

5. Berlebihan dalam menggunakan produk perawatan kulit

Merawat kulit dengan 7 langkah (atau mungkin 10 langkah) mungkin cocok untuk Anda. Hanya saja, membersihkan maupun mengeksfoliasi kulit secara berlebihan, dapat menjadi pemicu wajah berminyak.

Membasuh muka memang dapat menghilangkan minyak. Namun jika dilakukan terlalu sering, kelenjar sebasea meresponsnya sebagai kondisi darurat, sehingga malah merangsang bagian kulit ini memproduksi sebum lebih banyak.

6. Menggunakan produk perawatan yang tidak cocok untuk wajah

Load Remaining (15)

Comment