Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Faktor Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Jangan biarkan kulit Anda terus terusan mengalami kekeringan,Kulit kering dapat berakibat fatal jika tak segera ditangani. Oleh sebab itu ketahuilah hal apa saja yang dapat menjadi penyebab kulit kering sebagai langkah awal mengatasi masalah tersebut.
0
Faktor Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Pada sebagian orang, kulit kering bisa dialami sepanjang hidup mereka. Namun kebanyakan, kondisi ini hanya berlangsung sementara atau hanya pada waktu-waktu tertentu saja, tergantung pada kondisi-kondisi yang telah disebutkan sebelumnya.

Kulit kering sering ditandai dengan beberapa gejala, seperti permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar. Selain itu, pemilik kulit kering akan mendapati kulitnya terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi atau saat berenang Kemerahan dan rasa gatal juga biasa muncul.

Gejala lain yang sering muncul adalah terdapat retakan atau garis-garis halus pada kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan mengelupas. Dalam kondisi yang lebih parah, terdapat retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Apa Penyebab Kulit Kering ?

1.Iritasi
Penyebab iritasi sangat beragam, mulai dari sabun hingga parfum.iritasi yang terjadi di kulit bisa juga disebabkan oleh kain atau bahan pakaian, serta bahan yang digunakan untuk mencuci baju, seperti deterjen atau pelembut kain.

2.Menggosok kulit
Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan kulit, namun bisa menyebabkan kulit kering adalah menggosok kulit. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan dengan alat gosok seperti spons. Gesekan yang terjadi antara alat gosok dan kulit inilah yang berpotensi merusak lapisan kelembapan di permukaan kulit, sehingga menyebabkan kekeringan pada kulit.

3.Bertambahnya usia
Makin bertambah usia, makin tipis dan makin kering kondisi kulit seseorang. Perubahan ini wajar terjadi, mengingat makin tua seseorang makin berkurang hormon yang diproduksi tubuh. Penurunan hormon itu meliputi hormon-hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

4.Menggosok badan dengan handuk setelah mandi
Mandi dapat membantu melembapkan kulit. Namun, jika seseorang langsung menggosok badan dengan handuk sampai kering segera sesudah mandi, kelembapan tersebut dapat hilang dan menyebabkan kulit kering.

5.Pemakaian sabun yang salah
Memakai sabun yang tidak diperuntukkan untuk kulit saat mandi, akan membahayakan. Hal tersebut akan membuat pelembap alami pada kulit terkikis, sehingga membuat kulit kering. Sabun dengan formulasi kuat seperti antiseptik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kulit kering.

6.Perubahan cuaca
Perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Kelembapan udara yang terlalu rendah akan menyebabkan kekeringan kulit. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, maka kulit makin terasa kering.

7.Mandi uap
Mandi uap panas mampu memberikan kenikmatan lebih bagi seseorang saat mandi. Namun hal tersebut bisa menyebabkan kulit kering, karena temperatur yang panas membuat minyak alami kulit makin cepat kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering Menggunakan Bahan Alami :

1.Minyak Zaitun

Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Minyak ini memberikan efek tenang bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuhmu.

Cara mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun adalah oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa kamu pakai. Untuk tubuh, pakai minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi. Gosokkan minyak zaitun di tangan dan kaki serta area kulit kering lain kemudian pijat perlahan. Sehabis itu, silakan mandi kemudian pakaikan lagi body lotion yang ringan.

2.Susu

Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit yang bisa membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Ditambah, asam laktat pada susu juga berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu kamu mencerahkan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan susu adalah celupkan kain lap bersih di susu dingin dan usapkan pada kulit kering kamu selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini kulitmu akan mendapat pelembap alami. Lakukanlah setiap hari.

Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke 4 sendok makan susu. Balurkan ramuan ini ke seluruh tubuhmu. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas tubuh dengan air dingin. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari setiap hari.

3.Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit kamu sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Ditambah lagi, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan madu adalah sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.

4.Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak alami yang bagus untuk perawatan mengatasi kulit kering. Kandungan asam lemaknya membuatnya dapat melembapkan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan minyak kelapa adalah balurkan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur. Cucilah di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulitmu halus dan lembut. Gunakan juga minyak kelapa pada kulit kering setelah mandi. Ketika kulit masih hangat dan kenyal setelah mandi, minyak kelapa dapat lebih mudah diserap.

5.Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kuli t kering,gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Cara mengatasi kulit kering dengan lidah buaya atau aloe vera:

Potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya

Oleskan gelnya ke kulit keringmu.

Biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.

Comment

No comments yet. Write yours!